Skip to main content

7 Resiko Usaha Konter Pulsa Berdasarkan Pengalaman

ANAKTEKNO.COM - Apa saja resiko usaha konter pulsa? Setelah kemarin membahas kelebihan dan kekurangan usaha konter pulsa, hari ini kita akan membahas lagi lebih rinci resiko usaha konter pulsa. Walaupun terbilang usaha konter pulsa mudah dijalankan dan minim resiko, namun faktanya banyak penjual pulsa dan konter yang gulung tikar lebih cepat.

7 Resiko Usaha Konter Pulsa Berdasarkan Pengalaman

Jika dilihat sekilas, seharusnya bisnis pulsa ini memiliki peluang yang besar. Kita bisa mulai merintis usaha konter pulsa dengan modal kecil. Selanjutnya biaya operasional murah dan sangat mudah dijalankan.

Memang benar namun saat dijalankan, pengalaman di lapangan cukup berbeda. Ada resiko yang memang harus dihadapi. Jika tidak dikelola dengan baik, resiko tersebut dapat mengancam keberlangsungan usaha konter pulsa.

Namun sayangnya banyak yang lebih memilih menghindari resiko ini dari pada mencari solusi cara mengatasinya. Karena itulah, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi resiko usaha konter pulsa yang harus kamu ketahui.

1. Banyak kompetitor


Usaha konter pulsa merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Setiap hp memiliki sim card yang wajib diisi pulsa setiap bulannya agar tetap aktif.

Namun karena bisnis ini bisa dijalankan oleh hampir semua orang, maka kompetitor adalah hal yang tidak bisa dihindari untuk pemula. Pesaing bisa dikatakan menjadi tantangan utama dalam menjalankan usaha konter pulsa.

Tapi meskipun ini termasuk ancaman, namun setiap orang punya peluang sukses menjalankannya. Dengan strategi yang matang, kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan setia dari semua kompetitor.

2. Susah meningkatkan omset konter pulsa


Pelanggan yang terbatas dan keuntungan yang kecil membuat konter pulsa sulit berkembang. Omset konter pulsa ya bisa dibilang begitu-begitu saja, sering membuat konter banyak yang jenuh.

Padahal usaha konter pulsa sebenarnya cukup menjanjikan. Ada banyak ide bisnis rumahan usaha pendamping konter pulsa yang bisa kamu kembangkan.

Kamu hanya perlu melihat kebutuhan pelanggan lebih dalam untuk bisa mulai menjual produk lainnya. Salah satu yang paling mudah adalah menjual produk PPOB seperti token listrik, voucher game, top up e-wallet dan lain sebagainya.

3. Tidak konsisten


Salah satu masalah utama bagi pemula belajar bisnis adalah tidak konsisten. Karena merasa ada banyak tantangan dalam bisnis yang sedang dijalankan, mereka menyerah dan mencoba mencari peluang usaha lain. 

Atau karena melihat ada usaha lain yang sukses, langsung pindah haluan. Padahal usaha tersebut juga memiliki tantangan yang umumnya baru dirasakan ketika sudah terjun ke dalamnya.

Karena itulah, setiap kali memulai usaha, pastikan melakukan analisis usaha secara dalam dan mendetail. Jangan hanya melihat keuntungan usaha konter pulsa yang besar tanpa melihat kerugian dan tantangan yang akan dihadapi. 

Konsisten adalah salah satu kunci sukses dalam dunia usaha. Tidak ada jalan instan yang mudah. Semua butuh usaha dan kerja keras, terlebih kerja cerdas.

4. Pengisian pulsa yang lambat


Salah memilih distributor pulsa juga dapat mengakibatkan bisnis usaha konter pulsa gagal. Hal ini diperparah dengan usaha yang dilakukan di desa di mana jaringan internet tidak terlalu bagus.

Alhasil, pengisian pulsa yang lambat menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Jangankan berlangsung terus menerus, pelanggan pertama kamu bisa jadi tidak kembali karena masalah ini.

Karena itu, mencari distributor agen pulsa yang lebih utama sebenarnya bukan harga murah tapi kecepatan transaksi. 


5. Kesalahan transaksi yang tidak bisa dibatalkan


Meskipun ini jarang terjadi namun merupakan resiko usaha konter pulsa yang harus diwaspadai. Trasaksi yang sudah berhasil tidak bisa dibatalkan.

Jika nomor yang dimasukkan aktif dan pulsa terkirim, kita tidak bisa mendapatkan pulsa tersebut kembali. Kecuali orang yang mendapat kiriman pulsa itu baik hati untuk mengembalikannya kepada kamu saat dihubungi.

Beruntung aja jika nomor yang dimasukkan tidak aktif, artinya saldo aplikasi kamu akan kembali (otomatis refund).

6. Kurang manajemen modal


Kesalahan utama saat memulai bisnis adalah tidak memiliki kemampuan manajemen modal. Jika meleset sedikit saja, kamu bisa-bisa tidak dapat membayar sewa kios konter pulsa.

Jadi, pastikan kamu belajar manajemen modal usaha. Salah satunya bisa dimulai dari memisahkan modal usaha dan keuangan pribadi.

7. Pelanggan banyak yang berhutang


Banyak yang bilang kalau usaha konter pulsa terutama di desa tidak mungkin bisa menghindari pelanggan yang berhutang. Faktanya memang demikian. Namun jika menerapkan strategi yang baik, sebenarnya bon ini bisa menjadi kekuatan usaha.

Namun satu hal yang harus dipastikan adalah modal usaha harus kuat. Kalau perlu, kamu bisa menambah modal usaha untuk menerapkan strategi ini.

Bagaimana? Berani memulai usaha konter pulsa?

Resiko dalam dunia usaha itu adalah hal yang pasti. Pemula sering gagal bertahan karena tidak melihat ancaman dan resiko ini sejak awal.

Karena itu, pentingnya melakukan analisis setiap kali akan memulai sebuah usaha. Bukan hanya rincian modal usaha konter pulsa yang perlu kamu hitung dengan baik, namun juga resiko usaha yang akan kamu hadapi dan bagaimana cara mengatasinya.

Semakin banyak pengalaman, semakin besar peluang kamu menjadi pengusaha sukses di kemudian hari. Jadi, jangan takut menghadapi resiko tersebut.

Ada resiko yang harus dihindari, ada resiko yang harus dihadapi. Pastikan mengambil keputusan yang tepat dan jangan menunda waktu tanpa melakukan apa-apa.

Banyak yang bilang masalah utama usaha konter pulsa adalah sulitnya mengembangkan usaha. Tapi tidak sedikit juga yang bilang mempertahankan bisnis konter pulsa itu jauh lebih sulit. 
Intinya masing-masing ada tantangan dan resiko yang harus dihadapi. Tidak ada jalan yang mudah namun selalu ada solusi bagi mereka yang tetap berjalan.


Demikianlah resiko usaha konter pulsa berdasarkan pengalaman yang kemungkinan besar akan kamu hadapi juga. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close