Skip to main content

9 Cara Membuka Usaha Konter Pulsa untuk Pemula Laku Keras

ANAKTEKNO.COM - Membuka usaha konter pulsa adalah salah satu ide bisnis rumahan modal kecil yang cocok untuk pemula. Ya, walaupun keuntungannya tidak terlalu besar, terlebih jika dimulai di desa, tapi setidaknya ini bisa menutupi pemakaian pulsa sendiri.

9 Cara Membuka Usaha Konter Pulsa untuk Pemula Laku Keras

Membuka usaha konter pulsa bisa dimulai dengan modal 1 jutaan saja. Bahkan banyak teman saya yang memulai usaha jual pulsa dengan modal 500 ribuan saja. 

Namun meskipun modal kecil, sebagaimana layaknya usaha pada umumnya, dibutuhkan strategi usaha jual pulsa agar bisa bertahan dan berkembang. 

Tidak bisa dipungkiri resiko usaha konter pulsa juga cukup besar. Dengan keuntungan yang tidak terlalu besar namun transaksi yang cepat, jika tidak dilakukan dengan perhitungan, usaha konter pulsa bisa gulung tikar kurang dari 1 bulan juga.

9 Cara Membuka Usaha Konter Pulsa untuk Pemula Laku Keras


Karena itulah, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi cara memulai bisnis jual pulsa untuk pemula sukses.

1. Mulai dengan riset pasar


Apa pun usahamu, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Tak terkecuali saat ingin memulai usaha konter pulsa.

Riset ini bertujuan untuk melihat peluang pasar, persaingan dan ancaman bisnis. Salah satu cara riset pasar yang ampuh adalah dengan menggunakan metode analisis SWOT.

SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (ancaman). 
  • Seberapa besar kekuatanmu memulai usaha jual pulsa?
  • Apa saja kelemahanmu dalam melakukan jual pulsa?
  • Bagaimana peluang usaha konter pulsa di daerahmu?
  • Apa saja tantangan dan risiko usaha jual pulsa?
Lihat juga kompetitormu dan analisis ke diri sendiri. Jika kamu mampu dan memiliki strategi usaha yang lebih matang, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi penjual pulsa paling laris di daerahmu.

2. Pilih distributor pulsa terbaik


Agar bisnis usaha konter pulsa berjalan dengan baik, kita butuh distributor terbaik. Selain menyediakan aplikasi jual beli pulsa all operator, sebaiknya pilih juga yang menyediakan layanan pembelian paket data, tagihan listrik PLN, BPJS, PDAM, voucher game dan tagihan-tagihan lainnya.

Dalam memilih aplikasi jualan pulsa, jangan tertarik pada mereka yang menawarkan harga termurah ke agen. Karena umumnya distributor pulsa juga menerapkan sistem cross selling, yaitu ada nominal pulsa yang murah namun ada juga nominal yang mahal untuk menutupi perbedaan tersebut.

Berdasarkan pengalaman pribadi, kecepatan transaksi adalah kunci pertama sukses jualan pulsa. Karena itu, carilah distributor pulsa terbaik yang dilihat dari faktor kecepatannya, baik itu saat isi ulang pulsa maupun deposit (top up saldo).

3. Usaha pendamping konter pulsa


Untuk mendapatkan keuntungan usaha konter pulsa secara maksimal, perlu adanya usaha pendamping konter pulsa. Mulai dari toko kelontong, jasa transfer dan tarik tunai, konter hp, jual beli bensin eceran dan lain sebagainya.

Namun pastikan kamu memiliki modal yang cukup jika ingin mendirikan usaha pendamping konter pulsa seperti itu. Sebagai pemula dengan modal kecil, usaha pendamping yang cocok adalah jual paket nelpon dan internet, pembayaran tagihan listrik bulanan, pembelian token PLN, pembayaran BPJS, PDAM, toko online, top up e-money, dan sejenisnya yang tidak terlalu jauh dari usaha konter pulsa.

4. Pilih lokasi yang strategis


Jika kamu jualan di tempat yang strategis, tentu lebih murah dalam hal promosi dan juga lebih mudah ditemui pelanggan.

Karena itu, memilih lokasi yang strategis untuk membangun konter pulsa akan memberikan keuntungan yang lebih besar karena kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dan memperbanyak transaksi lebih tinggi.

Namun lokasi yang strategis juga bukan jaminan kesuksesan usaha konter pulsa. Di era modern saat ini, kita tetap harus promosi jual pulsa online agar lebih dikenal, khususnya di WhatsApp dan Facebook.

5. Pasang atribut jualan pulsa menarik


Agar usaha kamu lebih terlihat, buatlah atribut yang menarik. Etalase kamu sebaiknya punya spanduk konter pulsa yang bisa menarik pelanggan. 

Lengkapi kontermu dengan alat-alat pendukung lainnya seperti tempat duduk untuk pelanggan. Ya, selain fokus pada penjualan pulsa, pelayanan memuaskan adalah kunci sukses setiap usaha.

Oh iya, pasang juga nomor WhatsApp sehingga pelanggan bisa membeli pulsa kamu secara online. Ini merupakan salah satu strategi usaha konter pulsa yang benar-benar bekerja dengan baik.

6. Lihat harga kompetitor


Seperti diketahui, bisnis pulsa adalah bisnis yang ramai peminatnya. Di desa saya sendiri, ada sekitar 5 usaha konter pulsa.

Kompetitor adalah hal yang nyata yang harus diperhatikan dalam membangun konter pulsa. Jika hari ini kamu tidak punya kompetitor, percayalah jika usaha pulsa kamu ramai, besok akan ada kompetitor. Dan itu adalah hal yang umum di setiap usaha. 

Intinya adalah jangan bermain api dengan harga walaupun punya kekuatan. Terlebih untuk kamu pendatang baru. Jangan mengubah harga pasaran pulsa yang telah ditetapkan selama ini kecuali memang hal itu tidak wajar.

Gunakan strategi yang menarik, terapkan cross selling jika perlu, berikan pelayanan yang lebih baik adalah cara-cara terbaik untuk menghadapi persaingan.


7. Jangan takut dengan yang bon


Berapa banyak yang takut memulai usaha konter pulsa karena takut dengan pelanggan yang bon?

Banyak sekali, bahkan tidak sedikit yang gulung tikar akibat pelanggan yang berhutang lebih banyak. 

Karena itu, banyak tips di luar sana yang bilang kalau jualan pulsa harus hindari yang ingin ngutang. Berbeda dengan tips tersebut, saya menekankan agar penjual pulsa tidak perlu terlalu takut dengan bon.

Namun ada strategi khusus yang harus dilakukan agar hal ini tidak terus menerus berlanjut. Seperti menaikkan harga jika pembayaran dilakukan setiap gajian. Jangan memberikan bon yang besar ke hanya satu pelanggan karena ini sangat berisiko.

Berilah bon kepada pelanggan yang terbukti pembayarannya lancar. Dan yang pasti jangan menjadi orang yang tidak enakan saat ingin menagih bon. 

8. Pelayanan yang ramah


Apa yang paling penting dari sebuah usaha? 

Pelayanan yang maksimal, ramah pelanggan, kecepatan transaksi merupakan faktor utama kesuksesan usaha. Sambut setiap calon pelanggan dengan baik.

Berapa kali kamu ke penjual barang atau jasa dan kamu tidak tahu harus ngapain? Tidak ada sambutan sama sekali. 

Cobalah belajar dari pelayanan Bank, Grapari, BPJS, dan sejenisnya yang benar-benar ramah dan welcome ke setiap pelanggan yang datang.

Jadikan pelanggan raja dan mereka akan memberikan uangnya kepadamu. 

9. Pelajari arus kas


Untuk kamu yang baru merintis usaha konter pulsa, pelajari arus kas. Modal yang kecil asal terus berputar dengan lancar juga memberikan keuntungan yang besar.

Dalam bisnis jual pulsa, bukan seberapa besar yang kamu peroleh dari setiap transaksi. Namun seberapa banyak transaksi yang bisa kamu proses setiap harinya.

Pisahkan uang pribadi dan modal bisnis agar keuangan menjadi transparan. Jangan sampai modal kamu habis karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Okelah, untuk profit, kamu bisa gunakan. Tapi modal, jangan digunakan untuk keperluan pribadi jika kamu ingin berkembang. 

Terlebih jika masih banyak yang bon, bisa jadi kamu gulung tikar lebih cepat jika tidak punya kemampuan manajemen keuangan yang baik.

Penutup

Membuka konter pulsa untuk pemula bisa dengan modal kecil. Namun jika tidak memiliki strategi yang hebat, usaha bisa stagnan bahkan mengalami kemerosotan.

Agar bisa bertahan bahkan berkembang, pelayanan yang maksimal ke pelanggan adalah kunci yang utama. Jika ada peluang usaha pendamping konter pulsa, jangan ragu untuk ekspansi jika memiliki modal yang cukup.


Demikianlah tips cara membuka usaha konter pulsa untuk pemula modal kecil. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close