Skip to main content

11 Usaha Pendamping Konter Pulsa untuk Meningkatkan Omset

ANAKTEKNO.COM - Banyak yang bertanya tentang ide usaha pendamping konter pulsa yang dapat meningkatkan omset. Seperti diketahui, jualan pulsa saja tidak cukup. Terlebih jika di desa kamu sudah banyak kompetitor yang juga jualan pulsa.

11 Usaha Pendamping Konter Pulsa untuk Meningkatkan Omset

Bisa jadi jika produknya hanya isi ulang pulsa dan kuota, maka kamu tidak akan mendapat banyak pelanggan. Karena itulah, kita butuh usaha pendamping konter pulsa yang selain untuk meningkatkan omset penjualan, juga diharapkan dapat menarik pelanggan.

Karena itulah, penting untuk mempertimbangkan usaha sampingan konter pulsa ini dengan hati-hati. Tentu ada risiko dari setiap ekspansi bisnis. Namun hanya dengan jalan ini usaha kamu akan berkembang.

Jangan salah, usaha sampingan di rumah ini yang awalnya kamu pikir sebagai usaha pelengkap saja, tidak menutup kemungkinan besok akan menjadi usaha utama yang memiliki cabang di mana-mana. 

11 Contoh Usaha Pendamping Konter Pulsa di Desa


Berikut ini usaha sampingan pendamping konter pulsa yang bisa kamu coba:

1. Usaha fotocopy dan print


Usaha fotocopy dan print adalah salah satu usaha laris manis yang bisa kamu pertimbangkan sebagai usaha sampingan, entah di desa atau pun di kota. 

Terlebih untuk kamu yang tinggal di daerah yang strategis seperti dekat dengan sekolah, kampus, kantor pemerintahan, dan lembaga lainnya yang membutuhkan jasa ini.

Bisa jadi usaha pulsa kamu yang menjadi sampingan nantinya. Selain fotocopy dan print, jangan ragu buka usaha percetakan yang lebih luas agar semakin banyak sumber penghasilan. Contohnya percetakan undangan, jasa edit foto, jasa ketik dan lain sebagainya.

2. Jual ATK untuk menarik lebih banyak pelanggan


Usaha percetakan tidak lengkap tanpa menyediakan ATK (Alat Tulis Kantor) untuk dijual. Bisa dikatakan usaha percetakan fotocopy dan print harus sepaket dengan jual produk yang satu ini.

Tapi tetap perhatikan lokasi usaha kamu ya. Pastikan berada di lokasi yang strategis agar bisa meningkatkan omset penjualan tiap bulannya. 

3. Jasa tarik tunai dan transfer


Meskipun usaha yang satu ini cukup menjamur saat ini, namun menjadi mitra bank seperti BRIlink masih sangat menguntungkan.

Kamu bisa menyediakan jasa tarik tunai, transfer maupun top up saldo. Dengan kombinasi ini, bisa dipastikan usaha konter pulsa kamu akan lebih berkembang.

Namun jasa tarik tunai dan transfer ini butuh modal yang cukup besar untuk bisa memulai. 

4. Jual token listrik


Selain jual pulsa, usaha sampingan di desa yang bisa kamu pertimbangkan adalah jual token listrik. Sama seperti pulsa, token listrik juga menjadi salah satu kebutuhan utama setiap bulannya yang harus dibeli.

Menariknya, jika kamu mendapat pembeli, kemungkinan besar mereka akan jadi pelanggan kamu terus menerus. Tentu hal ini harus didukung oleh strategi marketing yang baik.

5. Bayar tagihan PLN bulanan, PDAM, dan lainnya


Agar lebih sukses buka konter pulsa, kamu juga sebaiknya menyediakan layanan pembayaran tagihan bulanan. Seperti tagihan PLN pascabayar bulanan, air, dan kredit lainnya.

Saat ini banyak aplikasi yang all in one dalam hal ini atau biasa disebut PPOB (Payment Point Online Bank). Selain jual pulsa dan paket data, juga tersedia layanan pembayaran lainnya seperti PLN pascabayar, PDAM, BPJS maupun kredit lainnya.

6. Jasa top up game


Game adalah industri yang tidak ada matinya. Mulai dari anak-anak sampai dewasa banyak yang gemar bermain game.

Umumnya, untuk upgrade level akun atau buka fitur premium, pelanggan diwajibkan untuk top up game. Dengan menyediakan jasa ini di konter kamu, bisa dipastikan omset kamu akan lebih tinggi karena toko yang semakin menarik dan bervariasi. 

7. Buka konter hp


Masih relevan dengan konter pulsa, buka konter hp juga bisa memberikan lebih banyak keuntungan. Hanya saja, dibutuhkan modal yang cukup beasr untuk membuka konter hp.

Selain voucher dan kartu perdana all operator, kamu bisa menjual aksesoris hp
charger, headset, casing, anti gores, kabel data, power bank dan sejenisnya.

Akhirnya, konter pulsa yang kami rintis berubah menjadi konter hp yang lebih besar dengan omset dan profit yang lebih besar.

8. Jasa service hp dan laptop


Selain konter hp, kamu juga bisa menyediakan jasa service hp dan laptop. Seperti barang elektronik lainnya, tentu ada saja kerusakan dan masalah yang sering membuat orang awam bingung.

Namun untuk membuka jasa service hp dan laptop sebaiknya pelajari hal-hal dasar terkait cara memperbaiki hp dan laptop yang rusak.

9. Jual bensin eceran


Bensin eceran merupakan salah satu produk paling laris di toko sembako. Jika kamu jualan pulsa, ada baiknya mempertimbangkan untuk jual bensin eceran ini.

Hanya saja lokasi strategis menjadi syarat mutlak agar bisnis ini sukses. Oh ya, ide bisnis rumahan yang satu ini juga menjadi kegemaran banyak orang. Meskipun keuntungannya kecil, tapi pasarnya selalu terbuka.

10. Usaha depot air minum


Selain kendaraan, manusia juga butuh bahan bakar. Karena itulah, banyak yang membuka usaha depot air minum ini. Sebagian ada yang berhasil dan sebagian juga ada yang gagal.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa usaha isi ulang air galon ini memiliki keuntungan yang besar. Bisa dikatakan usaha ini termasuk jenis usaha yang potensial dan menjanjikan. 

11. Warung sembako


Meskipun minimarket modern mendominasi, namun warung sembako tetap berdiri sampai saat ini. Menjalankan usaha ini juga efektif untuk meningkatkan omset penjualan pulsa. 

Kamu bisa mulai dari jualan snack/makanan ringan, minuman, bahan makanan, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Sampai di sini, mana jenis usaha pendamping konter pulsa yang layak kamu coba?


Cara Membuka Usaha Sampingan Konter Pulsa


Banyak sekali daftar contoh usaha sampingan konter pulsa yang cukup menarik untuk dibuka. Namun agar bisa sukses dibutuhkan strategi dalam menjalankan bisnis. 

Membuka usaha konter pulsa memang bisa menjadi awal dari bisnis lainnya. Tapi tanpa strategi yang jelas, usaha sampingan konter pulsa bisa ditutup.

Karena itulah, berikut ini beberapa hal penting terkait usaha sampingan konter pulsa:

1. Susun strategi dengan baik


Membuka usaha konter pulsa tentu butuh strategi yang matang. Terlebih usaha sampingan saat usaha utama sudah berjalan. Jangan sampai usaha sampingan justru malah mengganggu proses usaha utama.

Karena itulah, ide usaha sampingan konter pulsa di atas perlu dipikirkan dengan matang. Tidak semua orang bisa menerapkan dan tidak semua lokasi cocok untuk itu.

2. Mulai dari bisnis PPOB


Usaha sampingan konter pulsa yang paling direkomendasikan adalah menyediakan layanan PPOB atau Payment Point Online Bank. Kamu bisa jualan pulsa lengkap dengan dengan paket data, token listrik, tagihan PLN, BPJS, PDAM, dan sejenisnya.

Setelah bisnis PPOB ini berhasil kamu jalankan, kamu bisa juga membuka jasa tarik tunai dan transfer antar bank dengan menjadi agen BRIlink.

3. Modal yang cukup


Jika merintis usaha konter pulsa bisa modal kecil, tidak dengan beberapa usaha di atas. Percaya diri boleh saja, namun dalam bisnis segala sesuatu harus dimulai dengan logika.

Salah satunya tentang kesiapan modal. Jika kamu memulai usaha tanpa modal yang cukup, tentu kamu sedang dalam masalah. Jangankan untuk berkembang, bisnis kamu bisa jadi gulung tikar saat modal semakin menipis.

Ya, dari pada mengalami kerugian terus menerus tanpa ada solusi, kadang cut lost menjadi solusi terbaik.

4. Lokasi konter pulsa


Seperti pada poin nomor 1 di atas, tidak semua bisnis bisa berhasil dengan cara yang sama. Karena ada segudang faktor yang turut mengambil bagian dalam memberikan dampak terhadap sebuah usaha. 

Sama halnya usaha sampingan konter pulsa di atas, kamu harus tahu apakah lokasi kamu mudah dijangkau oleh market atau tidak.

Jika tidak ada cara untuk mendekatkan calon pembeli, sebaiknya riset usaha tersebut lebih dalam lagi dari berbagai sudut pandang untuk memastikan apakah usaha tersebut layak atau tidak dijadikan usaha pendaming konter pulsa.

5. Punya cukup keahlian


Keahlian atau skill adalah kunci utama dalam berbisnis. Kesuksesan sebuah usaha sangat tergantung kepada keahlian orang-orang yang tergabung di dalamnya.

Keahlian tersebut bukan hanya terkait masalah teknis namun juga soft skill.  Seperti contohnya masalah negosiasi, memahami pelanggan, dan sejenisnya. Itu merupakan skill utama dalam pelanggan.

Penutup

Setiap usaha tentu memiliki resiko, tak terkecuali usaha konter pulsa. Keuntungan konter pulsa dan kuota yang kecil bisa diatasi dengan membuka usaha sampingan lainnya.

Banyak sekali contoh yang berhasil mengembangkan bisnis pulsa dengan membuka usaha-usaha lainnya yang masih sejenis. Meskipun tidak mudah namun selalu ada peluang di dalamnya.


Demikianlah contoh usaha pendamping konter pulsa untuk meningkatkan omset penjualan harian dan bulanan. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close