Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konter Pulsa

ANAKTEKNO.COM - Setiap usaha tentu memiliki risiko tersendiri, tak terkecuali usaha konter pulsa. Dibalik kelebihan konter pulsa, tentu ada kekurangan konter pulsa yang harus kamu waspadai.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konter Pulsa

Ya, meskipun usaha pulsa sangat mudah dimulai, namun menjalankan tidaklah semudah itu. Karena itu, dibutuhkan strategi jualan pulsa yang bisa meningkatkan omset. 

Bahkan mereka yang melakukan analisis SWOT proposal usaha pulsa saja bisa gagal. Apalagi mereka yang hanya mulai tanpa perhitungan yang matang.

Berdasarkan hal ini jugalah, Anaktekno.com akan berbagi kelebihan dan kekurangan konter pulsa dari pengalaman pribadi. 

Kelebihan Jual Pulsa


Bukan hanya menguntungkan, berikut ini beberapa kelebihan membuka usaha konter pulsa untuk pemula:

1. Modal kecil


Buka usaha konter pulsa adalah ide bisnis rumahan modal kecil yang praktis. Tidak membutuhkan tempat khusus, kamu bisa mulai jualan pulsa secara online atau mulai dari teras rumah.

Mulai top up saldo aplikasi jualan pulsa sekitar Rp500.000, kamu sudah bisa memutar modal tersebut untuk jual pulsa. Jadi, untuk kamu yang baru mau belajar berbisnis, jualan pulsa adalah salah satu jenis usaha yang banyak direkomendasikan.


2. Target pasar yang luas


Jualan pulsa tidak memandang usia. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua, minimal membutuhkan pulsa setiap bulannya. 

Dengan target pasar yang luas, tentu kesempatan untuk sukses jualan pulsa juga sangat terbuka lebar. 

3. Mudah dipromosikan


Hanya bermodalkan promosi lewat WhatsApp dan Facebook pribadi, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Ditambah dengan membuat konter pulsa sederhana, tentu ini akan menarik lebih banyak pelanggan.

Seharusnya tidak ada alasan bagi keluarga dan teman-temanmu tidak mengisi pulsa di konter kamu. Kecuali mereka memang isi pulsa sendiri dengan aplikasi, DANA, ShopeePay, atau BRIMO.

4. Risiko Kecil


Berbeda dengan jenis usaha rumahan lainnya seperti bisnis makanan atau minuman, risiko kerugian jualan pulsa jauh lebih kecil. 

Berbeda dengan voucher pulsa zaman dulu, saat ini banyak aplikasi jual pulsa yang tidak hangus walaupun tidak dijual selama berbulan-bulan.

5. Awal bisnis sampingan lainnya


Jangan salah, banyak sekali usaha di desa yang dimulai dari jualan pulsa hingga bisa menjual berbagai jenis produk dan layanan lainnya. Jadi bisa dikatakan peluang usaha konter pulsa sangat besar.

Kamu bisa meningkatkan omset konter pulsa dengan membuka berbagai layanan lainnya, baik offline maupun online. Contoh kecil seperti jasa pembayaran tagihan listrik, pembelian token PLN, top up saldo DANA, dan lain-lain. 

Untuk modal yang lebih besar, bisa menyediakan layanan tarik tunai dan transfer.


Kekurangan Jual Pulsa


Jangan hanya melihat keuntungan jualan pulsa, tapi lihat juga beberapa risiko yang bisa mengakibatkan kerugian sehingga harus kamu waspadai:

1. Distributor yang tidak mendukung


Banyak sekali distributor pulsa yang memberikan layanan kepada agen untuk daftar sebagai penjual pulsa gratis. Namun sayang, hanya sedikit yang benar-benar disertai dengan dukungan yang bagus.

Contohnya saja transaksi yang lambat diproses karena server yang buruk sehingga pengisian pulsa juga menjadi lambat yang akhirnya membuat pelanggan lari. Tak jarang juga voucher nominal tertentu yang sering habis. 

2. Pelanggan yang berhutang


Ini adalah momok menakutkan setiap usaha konter pulsa. Tidak sedikit konter pulsa yang bangkrut karena masalah hutang. 

Karena pelanggan lebih banyak bon, akhirnya modal yang digunakan untuk top up saldo kurang. Terlebih untuk modal kecil. Namun sebenarnya, jika konsisten menambah modal di awal usaha, semua ini bisa diatasi.

Tentu dengan strategi yang matang dan serius. Termasuk belajar cara manajemen pelanggan yang berhutang.

3. Keuntungan yang kecil


Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kekurangan jual pulsa yang juga sangat terasa adalah keuntungan yang kecil. Jika keuntungan jualan pulsa tidak dikelola dengan baik dan benar, tentu hasilnya akan minus.

Ya, itu adalah fakta yang banyak ditemui di lapangan. Hampir semua penjual pulsa yang baru mulai mengalami hal yang sama. Keuntungan yang tidak seberapa tetap menguntungkan. Semakin banyak transaksi, tentu keuntungan akan semakin besar juga. Namun karena kelalaian dalam mengelola keuangan, keuntungan tersebut tidak ada apa-apanya.

4. Kompetitor yang banyak


Semakin mudah sebuah usaha dimulai dan semakin luas target pasarnya, tentu akan semakin banyak kompetitor yang masuk. Meskipun ini bisa menjadi kekurangan, namun setidaknya ini juga menunjukkan bahwa pasar sangat membutuhkan agen penjual pulsa. 

Tapi yang menarik di sini, jarang sekali penjual pulsa yang bersaing harga. Umumnya mereka bersaing secara sehat dengan membuka usaha pendamping konter pulsa maupun memberikan pelayanan yang memuaskan.

5. Butuh kreativitas yang tinggi


Di tengah kompetitor yang menjamur, agar keuntungan konter pulsa dan kuota bisa meningkat, dibutuhkan kreativitas dalam menjalankan bisnis ini.

Entah dengan usaha pendamping konter pulsa yang menarik atau pun dengan menyediakan pelayanan yang lebih cepat dari yang lainnya. 

Termasuk menerapkan strategi bon pulsa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omset konter pulsa. Namun untuk menerapkan strategi ini, dibutuhkan perhitungan modal yang matang.


Penutup


Untuk meningkatkan omset konter pulsa, memang tidak mudah. Agar bisnis yang dijalankan tidak stagnan, kita harus jeli melihat setiap peluang yang ada. 

Jangan ragu mengembangkan usaha pendamping konter pulsa jika melihat ada peluang di dalamnya. Lebih baik gagal dari pada tidak mulai sama sekali. Setidaknya pengalaman seperti ini akan berguna di masa depan. 

Berikut ini beberapa pertanyaan terkait usaha pulsa:

Berapa keuntungan buka konter pulsa?


Keuntungan buka konter pulsa pada dasarnya hitung dari jumlah transaksi. Keuntungan berkisar antara Rp2000 sampai Rp7000, tergantung lokasi. Jadi, semakin banyak transaksi, tentu semakin banyak keuntungannya.

Apakah bisnis pulsa menguntungkan?


Pada dasarnya bisnis pulsa menguntungkan jika dijalankan dengan baik dan penuh prinsip kehati-hatian. Sebagai langkah awal, sebaiknya tentukan modal bisnis dan pisahkan dari keuangan pribadi.

Berapa modal untuk buka konter pulsa?


Modal awal buka konter pulsa bisa mulai dari Rp500.000 aja. Uang tersebut untuk top up saldo untuk dijual dalam bentuk pulsa all operator. Pilihlah distributor pulsa yang murah, transaksi cepat, dan gratis biaya top up.

Bagaimana cara mengembangkan bisnis pulsa?


Untuk mengembangkan bisnis pulsa, bisa dengan membuat usaha pendamping konter pulsa seperti jualan voucher game, jasa top up saldo e-wallet, tarik tunai, transfer, dan lain sebagainya.


Demikianlah kelebihan dan kekurangan usaha konter pulsa berdasarkan pengalaman Anaktekno.com. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close