--> Skip to main content

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Semua Merk Work 100%

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Semua Merk Work 100% - Hari ini hampir semua rumah memiliki tv, baik tv digital maupun tv tabung. Namun saat ini banyak tv yang siarannya terbatas karena beberapa hal, termasuk channel tv yang tiba-tiba tidak ada sinyal atau no signal, siaran yang dilacak, atau memang daftar saluran tv yang memang terbatas sejak awal dipasang.

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Semua Merk Work 100%
Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Semua Merk Work 100%

Tentu hal ini sangat menyebalkan. Walaupun bagi sebagian besar orang, tv bukanlah media hiburan utama, namun menonton tv tetap saja salah satu hiburan yang tidak boleh ketinggalan. Terlebih saat ada siaran-siaran khusus seperti pertandingan olahraga.

Karena itulah, ada baiknya kita belajar mencari channel tv yang hilang sendiri, termasuk cara menambah siaran tv tertentu secara manual dengan memasukkan kode frekuensi siaran tv. 

Namun harus diakui memprogram tv sendiri butuh waktu. Terlebih tv parabola jika harus setting antena agar bisa menangkap sinyal satelit. Tapi tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan membahas cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola atau tv kabel yang bisa diterapkan untuk semua merk tv dan receiver. 

Penyebab Channel TV Hilang


Kenapa channel tv menghilang?


Ada banyak penyebab channel tv tiba-tiba hilang. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah siaran tv yang hilang hanya satu, sebagian atau semua siaran tv.

Dengan mengetahui kondisi awal ini, mengembalikan siaran tv hilang menjadi lebih mudah.

Adapun beberapa penyebab channel tv hilang adalah sebagai berikut:

1. Channel TV Terhapus

Jika siaran yang hilang hanya 1, maka kemungkinan besar disebabkan oleh kesalahan pengguna yang tidak sengaja menghapus siaran. Cara mengembalikannya adalah dengan menambah siaran tv secara manual atau pun scan otomatis. Scan otomatis dapat digunakan saat remot tv bermasalah dan tidak bisa digunakan.

2. Perubahan Frekuensi Saluran TV

Perubahan frekuensi siaran tv adalah hal yang biasa terjadi yang menyebabkan siaran tv tiba-tiba hilang. Biasanya perubahan frekuensi ini telah diberitahukan kepada penonton dengan menampilkan running teks agar mencatat frekuensi siaran tv yang baru.

Namun kadang karena jarang nonton atau tidak memperhatikan running teks dan peringatan yang muncul pada layar tv, kita jadi bingung saat siaran tv tersebut telah hilang. 

Cara mengembalikan siaran tv yang hilang karena terhapus adalah dengan menambah siaran secara manual dengan mencari terlebih dahulu frekuensi terbaru channel tv tersebut. 

3. Perubahan Status Siaran FTA menjadi FTV

Penyebab siaran tv tiba-tiba hilang bisa disebabkan oleh perubahan status siaran tv dari FTA menjadi FTV. Siaran Free To Air atau disingkat FTA merupakan siaran gratis yang tersedia di semua receiver lama atau pun baru. Sedangkan FTV atau Free To View merupakan siaran premium ekslusif yang dapat disaksikan secara gratis melalui receiver digital yang direkomendasikan. 

Contoh siaran FTA yang berubah menjadi FTV adalah siaran dari MNC Grup yang meliputi MNC TV, RCTI, dan Global TV yang mana di tv parabola biasa sudah tidak ada. Untuk menyaksikan kembali tayangan-tayangan dari channel MNC Grup harus membeli receiver yang direkomendasikan seperti MNC Vision, K-Vision, Nex Parabola, Nusantara HD, dan sejenisnya.

Lihat juga kode remot tv Faws

4. Siaran Berpindah Satelit

Siaran tiba-tiba hilang juga bisa disebabkan oleh karena siaran tv berpindah satelit. Contohnya saat hampir semua siaran dari Palapa D yang tiba-tiba hilang karena telah berpindah ke satelit Telkom 4 beberapa tahun yang lalu.

Untuk kembalikan channel yang hilang karena perpindahan siaran ke satelit lain, scan otomatis disarankan agar lebih cepat mengembaikan channel yang hilang. 

5. Kabel Parabola Longgar

Kabel parabola longgar juga bisa menyebabkan hilangnya siaran tv. Karena itu, saat semua channel tv hilang atau tv tidak bisa menyala, silahkan cek kabel parabola di belakang tv dan pastikan terhubung dengan baik.

6. Perubahan Posisi Antena Parabola

Pada tv parabola, perubahan posisi parabola bisa menyebabkan sebagian sinyal atau semua sinyal siaran tv hilang. Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara lain selain dengan mengembalikan posisi antena ke arah yang benar. 

Pastikan mengunci parabola pada posisi yang benar-benar tepat agar sinyal kuat dan channel tidak mudah hilang. Namun sebaiknya instalasi parabola tv dilakukan oleh teknisi yang telah berpengalaman. 

7. Faktor Cuaca

Channel tv hilang karena faktor cuaca bukan hal yang baru lagi. Beberapa siaran tetap normal selama hujan, namun lebih banyak siaran tv yang hilang selama hujan. 

Kalau sekarang, saya tidak tahu apakah masih sama karena sudah jarang nonton tv saat hujan. Salah satu alasannya karena sudah beberapa kali kejadian tv rusak akibat dinyalakan saat sedang hujan dan ada petir. 


8. Kerusakan TV Tuner

Jika sudah memastikan semua penyebab di atas bukan penyebab siaran tv hilang, maka coba cek komponen tv tunner. Bisa jadi siaran hilang karena tv tuner yang rusak, terlebih pada tv yang sudah berumur. Hal ini ditandai dengan channel tv hilang semua.

Pada dasarnya tv tuner merupakan perangkat yang bertugas sebagai penghubung antena dengan tv dengan cara kerja memproses sinyal dari antena kemudian mengubahnya menjadi gambar dan suara yang ditampilkan di layar televisi dan di dengar melalui speaker tv.

Untuk mengatasi kerusakan tv tuner, maka satu-satunya cara adalah dengan memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak tersebut.

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang


Cara mencari channel tv yang hilang sesuai dengan penyebab channel tv hilang. Jika yang hilang hanya siaran tv dalam grup perusahaan yang sama, maka biasanya disebabkan oleh penyedia siaran itu sendiri. 

Seperti saat RCTI, MNC TV, dan Global TV hilang di tv parabola, maka tidak ada cara lain selain mengikuti syarat yang ditentukan, yaitu dengan menggunakan receiver yang direkomendasikan.

Jika Trans 7 mengalami gangguan, bisa jadi Trans TV juga mengalami gangguan. Sama seperti Indosiar dan SCTV yang berada di bawah induk perusahaan yang sama. Jika di tv ada siaran Indosiar, maka otomatis SCTV juga bisa ditayangkan karena memiliki frekuensi yang sama.

Terkait dengan chanel tv yang hilang, cara mengatasinya adalah dengan menambah channel tv secara otomatis maupun manual dengan memasukkan frekuensi terbaru channel.

Pengaturan menambah channel di setiap tv atau receiver digital berbeda satu sama lain. Namun pada dasarnya perbedaan itu hanya terletak pada letak dan penamaan menu. Selengkapnya silahkan ikuti panduan mencari channel tv hilang di semua merk tv di bawah ini.

Cara Mencari Channel TV Sharp Dengan Remote 


Pertama adalah mencari channel tv yang hilang di tv Sharp. Seperti diketahui, Sharp merupakan salah satu merk tv populer di Indonesia. Selain tv, produk elektronik lainnya dari Sharp adalah AC, kulkas, dan mesin cuci.

Untuk mencari channel tv Sharp yang hilang bisa dilakukan secara otomatis tanpa remot maupun secara manual dengan remot.

Pencarian Otomatis
  1. Tekan tombol Menu pada remot tv atau receiver.
  2. Akan tampil pilihan Auto Search dan Manual Search.
  3. Pilih Pencarian Otomatis atau Auto Search.
  4. Tunggu proses pencarian sampai selesai.
  5. Hasil pencarian siaran akan tersimpan otomatis.
Pencarian Manual 
  1. Tekan tombol Menu pada remot tv Sharp.
  2. TV akan menampilkan menu Auto Search dan Manual Search.
  3. Pilih Manual Search atau Pencarian Manual.
  4. Masukkan frekuensi channel tv yang ingin ditambahkan.
  5. Lakukan pencarian.
  6. Simpan channel tv yang ditemukan.

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Di Polytron


Berikut ini cara mencari channel tv yang hilang di Polytron:
  1. Siapkan remot tv Polytron atau receiver digital untuk tv parabola.
  2. Pastikan TV tidak dalam mode AV.
  3. Tekan tombol Menu pada remot tv.
  4. Pilih Pengaturan Kanal.
  5. Pilih Pencarian Otomatis.
  6. Tunggu proses pencarian sampai selesai.
  7. Channel yang ditemukan akan tersimpan otomatis.

Cara Mencari Siaran TV Yang Hilang LG


Berikut ini adalah cara mencari siaran tv LG yang hilang tabung, LCD dan LED:

Pencarian Manual
  1. Tekan tombol Menu pada remot tv.
  2. Pilih salah satu channel.
  3. Pilih Pencarian Manual.
  4. Atur sistem menjadi BG.
  5. Pilih Lacak/Search.
  6. Tunggu sampai siaran tv ditemukan dan status sinyalnya kuat.
  7. Simpan hasil pencarian agar tidak hilang.
Pencarian Otomatis
  1. Siapkan remot tv LG.
  2. Tekan tombol Menu pada remot tv.
  3. Pilih Siaran TV.
  4. Pilih Pencarian Otomatis atau Auto Search.
  5. Pilih Turbo.
  6. Tunggu proses pencarian sampai selesai.
  7. Siaran yang ditemukan akan tersimpan otomatis.
Lihat juga kode remot tv LG

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Panasonic


Berikutnya adalah cara mencari channel tv yang hilang Panasonic:
  1. Siapkan remot tv.
  2. Tekan tombol Menu pada remot tv.
  3. Pilih Setup > OK
  4. Pilih Menu Saluran > OK
  5. Tampil Pencarian Otomatis atau Manual.
  6. Pilih Pencarian Otomatis atau Manual
  7. Ikuti petunjuk yang muncul sampai pada tahap chanel tv berhasil ditambahkan.

Cara Mencari Siaran TV Parabola Yang Hilang


Bagaimana cara mengembalikan channel tv yang hilang pada parabola?

Caranya silahkan disesuaikan dengan penyebab channel tv hilang seperti yang dijelaskan di atas. Jika harus menambah channel, bisa ikuti tutorial di bawah ini.

Receiver lama
  1. Siapkan remot receiver.
  2. Nyalakan TV dan receiver parabola.
  3. Tekan tombol Menu pada remot atau receiver.
  4. Pilih Pengaturan Program > Scan Otomatis.
  5. Pilih Satelit sesuai dengan program yang akan dicari, entah Telkom atau Palapa.
  6. Pada menu Mencari, pilih Bebas dan Semua.
  7. Klik OK untuk melakukan proses pencarian.
Receiver baru Matrix dan K-Vision:
  1. Tekan tombol Menu pada remote tv.
  2. Pilih menu Instalasi dan tekan OK pada remot tv.
  3. Cari Satelit.
  4. Pada Mode Pencarian pilih Cari Semua.
  5. Pilih Cari dan tekan OK.
  6. Siaran yang hilang akan muncul kembali.

Cara Mencari Siaran TV Yang Hilang K-Vision


Berikutnya adalah mencari channel tv yang hilang K-Vision:
  1. Siapkan remot original TV K-Vision.
  2. Tekan tombol Biru pada remot untuk mengakses menu Pencarian.
  3. Setting Hanya FTA ke Tidak.
  4. Pilih Cari.
  5. Tunggu proses sampai selesai. 

Cara Mencari Siaran TV Kabel Yang Hilang


Langkah-langkah setting tv kabel:
  1. Siapkan remot tv kabel.
  2. Tekan tombol Menu pada remote tv.
  3. Pilih Siaran TV. 
  4. Pilih Pengaturan Auto Search.
  5. Tunggu sampai proses selesai dan chanel yang ditemukan tersimpan otomatis.
Kesimpulan

Penyebab chanel tv hilang tiba-tiba sangat beragam. Mulai dari ketentuan dari penyedia layanan, perubahan posisi parabola sampai cuaca buruk.

Jika channel tv yang hilang hanya 1, bisa diatasi dengan menambah channel tv baru dengan memasukkan frekuensi channel di menu tambah channel/siaran.

Jika semua channel tv hilang, maka bisa melakukan scan otomatis untuk kembalikan semua channel dengan cepat. Namun jika penyebab siaran tv hilang karena perubahan ketentuan penyedia siaran, seperti dari FTA ke FTV, maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti receiver lama dengan yang baru.


Demikianlah cara mencari channel tv yang hilang semua merk tv mulai dari Sharp, LG, Polytron, Panasonic, termasuk K-Vision, tv kabel dan tv parabola. Selamat mencoba dan semoga channel tv penting dan favoritmu kembali lagi.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close