Skip to main content

10 Cara Memperbaiki Remot TV Universal Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Remot TV Universal Tidak Berfungsi - Remot tv tiba-tiba tidak berfungsi tentu pernah dialami oleh hampir semua pemilik tv. Penyebabnya beragam mulai dari yang bisa diperbaiki hanya dengan ganti baterai sampai yang harus ganti remot tv.

10 Cara Memperbaiki Remot TV Universal Tidak Berfungsi
10 Cara Memperbaiki Remot TV Universal Tidak Berfungsi

Hal yang sama juga pernah dialami Anaktekno.com. Banyak yang masih bisa diperbaiki namun beberapa harus mengganti remot tv dengan yang baru menggunakan remot tv universal.

Seperti diketahui, remote tv universal adalah solusi paling praktis saat remot tv tidak berfungsi. Selain mudah ditemukan karena dapat digunakan untuk hampir semua merk tv (multi tv), remote tv universal juga harganya sangat terjangkau.

Berkaitan dengan remot tv rusak, berikut ini pembahasan penyebab dan cara mengatasi remot tv tidak berfungsi.

Penyebab Remot TV Tidak Berfungsi


Remot tv yang rusak secara fisik seperti terjatuh dan pecah tentu tidak akan menimbulkan pertanyaan kenapa remot tv rusak. Namun remot tv yang tiba-tiba tidak berfungsi akan menimbulkan pertanyaan penyebab remot tv tidak bisa digunakan.

Nah, berikut ini beberapa penyebab remot tv tidak berfungsi?
  1. Daya baterai remot tv habis.
  2. Besi penghubung baterai berkarat.
  3. Masalah pada sensor remot tv.
  4. Kode remot tv universal salah.
  5. Komponen remot tv rusak.

Cara Memperbaiki Remot TV Universal Tidak Berfungsi


Berikut ini beberapa cara memperbaiki remot tv tidak berfungsi:

1. Ganti baterai remot

Setiap kali remot tv tidak berfungsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti baterai remot tv dengan yang baru. Umumnya masalah remot tv tidak bisa digunakan akan teratasi dengan mengganti baterai remot.

Sedikit informasi, cara cek baterai remot tv masih bagus atau tidak adalah dengan memperhatikan lampu LED indikator. Walaupun masih menyala, jika sudah lemah maka tidak akan mampu mengirimkan sinyal sehingga baterai harus diganti.

2. Besi penghubung baterai berkarat

Besi penghubung baterai pada remot tv adalah hal kedua yang harus dicek saat remot tv tidak berfungsi. Pada beberapa kasus, remot tv tidak berfungsi disebabkan oleh besi penghubung baterai yang berkarat.

Penyebab karat pada besi penghubung ini yang paling umum adalah baterai remot mengalami kebocoron. Bisa jadi karena menggunakan baterai yang memiliki kualitas rendah.

3. Masalah pada sensor remot

Remot tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh sensor remot yang bermasalah. Mulai cek dengan menggunakan remot lebih dekat dengan receiver tv dan memastikan tidak ada benda yang menghalangi.

4. Setting remot tv

Khusus remote tv universal, memang tidak bisa langsung digunakan begitu saja layaknya remot tv original. Untuk menggunakan remot tv universal, harus dilakukan repairing terlebih dahulu.

Caranya bisa dengan memasukkan kode remot tv sesuai dengan merk tv atau juga dengan cara setting otomatis. 

Selengkapnya bisa dilihat di cara setting remote tv universal Polytron

5. Remot tv basah

Remot tv termasuk benda elektronik sehingga jika kemasukan air tentu tidak akan berfungsi dengan baik. Karena itu, jika remot tidak sengaja kemasukan air, segera keringkan agar dapat berfungsi dengan baik kembali.

6. Komponen remot rusak

Remot tv merupakan benda yang sering digunakan sehingga memiliki resiko kerusakan. Jika remot tidak berfungsi, buka bodi remot dan cek beberapa komponen utama yang mungkin mengalami kerusakan. 

Jika terdapat solder yang renggang atau lepas, lakukan solder ulang agar remot berfungsi kembali. Jika yang tidak berfungsi hanya tombol-tombol tertentu, bersihkan jalur PCB pada remot.

7. Solder lampu LED infrared remot yang lepas

Jika penyebab kecil di atas tidak membuat remot tv berfungsi, silahkan cek lampu LED infrared. Biasanya remot tidak berfungsi karena solder lampu LED infrared remot yang lepas. 

8. Bawa ke tempat service

Seperti pada umumnya jika tidak ingin repot, sebaiknya segera bawa remot tv ke tempat service yang terpercaya. Minimal bawa ke teman yang memiliki pengetahuan teknisi televisi. Kenapa? Karena alasan di bawah ini :)

9. Ganti remot tv baru

Jika remot tv tidak rusak, umumnya orang akan langsung ganti dengan remot tv universal. Selain mudah ditemukan, harga remot multi tv juga sangat terjangkau. Adapun merk remote tv universal yang banyak digunakan adalah Joker, Chunghop, Chunshin, Aukey, dan lainnya.

10. Gunakan aplikasi remot tv

Selain mengganti remot tv rusak dengan remot tv universal, saat ini terdapat banyak aplikasi android pengganti remot tv seperti:
  • Google Home
  • Universal TV Remote
  • ASmart Remote IR
  • Smart IR Remote Anymote
  • Mi Remote Xiaomi
  • SURE Universal Smart TV Remote Control
  • Anymote Universal Remote + Wifi Smart Home Control
Kesimpulan

Banyak penyebab remot tv rusak. Namun umumnya mengganti baterai bisa membuat remot tv berfungsi kembali. Pada remote tv universal, jangan ragu setting ulang remot yang tidak berfungsi.


Demikianlah penyebab dan cara memperbaiki remot tv universal tidak berfungsi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close