Skip to main content

Kode Remot TV Akari Tabung/LCD/LED + Cara Setting Remot TV

Kode Remot TV Akari Tabung, LCD, & LED - Apa jadinya kalau remot tv tidak berfungsi? Tentu bagi kamu yang hobi nonton, remot tidak bisa digunakan harus dicarikan solusi secepatnya. Solusi cepat dan praktis yang sering dipilih adalah membeli remot tv universal.

Kode Remot TV Akari Tabung/LCD/LED + Cara Mengatasi Remot Rusak
Kode Remot TV Akari Tabung/LCD/LED + Cara Mengatasi Remot Rusak

Sesuai dengan namanya, remot tv universal bisa digunakan untuk berbagai merk tv China, Jepang, Eropa, Indonesia atau lainnya. Jadi, cara kerja remot tv universal adalah satu remot bisa untuk meremot beberapa tv. Karena hal ini jugalah, satu tv bisa saja memiliki 2 atau lebih remot yang memiliki fungsi yang sama.

Namun remot tv universal harus disetting terlebih dahulu agar bisa terhubung dengan tv. Adapun cara setting remot tv universal bisa secara manual dengan memasukkan kode maupun secara otomatis tanpa kode.

Untuk langkah-langkahnya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

Kode Remot TV Akari Tabung, LCD dan LED


Bagi kamu yang penggemar tv tabung, tentu tidak akan asing dengan merk tv jadul Akari ini. Meskipun menjadi salah satu merk tv lama di Indonesia, Akari juga masih laris di pasaran. Selain tv tabung Akari, juga ada tv Akari LED, mesin cuci, AC, DVD Player, dan produk elektronik lainnya.

Akari (PT Akari Indonesia) adalah salah satu produsen barang elektronik di Indonesia yang cukup populer. Namun di antara produk tersebut, tv Akari adalah yang paling laris di zamannya.

Tapi hari ini kita tidak akan membahas tentang tv Akari. Melainkan tentang kode remot tv Akari dan cara setting remot Joker agar terkoneksi dengan tv.

Kode remot tv Akari adalah kode remot universal yang digunakan pada saat akan menghubungkan remot dengan tv. Remot universal adalah remot yang dapat digunakan untuk berbagai merk tv, seperti Sharp, Polytron, Panasonic, LG, dan tentu saja tv Akari tabung/LED.

Remot Joker adalah salah satu merk remot universal yang cukup populer di pasaran. Selain harganya yang murah, juga kualitasnya sangat bagus serta mudah dalam disetting.

Berapa kode remot tv Akari?

Berikut ini daftar kode remot tv Akari tabung, LCD, dan LED lengkap:
  1. 013
  2. 015
  3. 073
  4. 102
  5. 103
  6. 104
  7. 140
  8. 181
  9. 213
  10. 224
Silahkan coba kode remot tv Akari di atas untuk semua tipe, baik yang old maupun new, seperti Akari Sakura, dan lain-lain, baik tv akari tabung maupun LED.


Cara Memasukkan Kode Remot TV Akari


Bagaimana cara setting remot tv universal di tv Akari?

Berikut ini langkah-langkah memasukkan kode remot tv Akari agar terhubung dengan remot tv universal:
  1. Beli remot tv universal secara offline di toko elektronik atau online di toko online.
  2. Remot tv universal yang sudah dibeli diisi baterai baru.
  3. Nyalakan tv Akari dengan menekan tombol Power.
  4. Arahkan remot tv universal ke receiver digital/tv.
  5. Tekan dan tahan tombol SET pada remot tv universal. 
  6. Tekan juga tombol Power pada remot tv.
  7. Setelah lampu indikator mati, kedua tombol tersebut bisa dilepas.
  8. Masukkan kode remot tv Akari di atas. Misalnya kode 213, maka tekan tombol 2, 1 dan 3 pada remot tv universal satu per satu secara berurutan.
  9. Setelah lampu indikator remot mati, seharusnya remot sudah terhubung dengan tv Akari sehingga bisa digunakan.

Kenapa remot tidak berfungsi?


Setelah mengikuti tutorial di atas namun remot tetap tidak berfungsi, bisa jadi karena kode remot tv Akari yang dimasukkan di atas tidak sesuai dengan tipe tv Akari. Untuk itu, silahkan gunakan kode remot tv Akari lainnya.

Namun untuk langkah yang lebih praktis, kita bisa menggunakan cara yang kedua, yaitu setting remot tv universal tanpa kode. Nanti secara otomatis remot tv universal bisa terhubung dengan tv Akari.


Pengaturan Remote TV Universal Tanpa Kode


Berikut ini cara setting remot tv universal tanpa kode lengkap:
  1. Beli remot tv universal Joker, Multisonic, Chunghop, Chungsin, atau merk lainnya.
  2. Beli baterai remot baru untuk dimasukkan ke remot tv universal.
  3. Tekan tombol Power remot tv Akari untuk menyalakan tv.
  4. Arahkan remot tv universal ke sensor receiver tv atau digital untuk tv parabola.
  5. Tekan dan tahan tombol SET (Setting) pada remot tv universal.
  6. Tunggu proses scanning otomatis berjalan sampai siaran tv berpindah.
  7. Sampai tahap ini, seharusnya remot tv universal sudah siap digunakan untuk tv Akari tersebut.

Cara Mengatasi Remot Rusak Tidak Berfungsi


Seperti yang kita bahas pada bagian awal tadi, solusi remot rusak yang paling umum adalah menggantinya dengan remot tv universal. Namun sebenarnya, sebelum mengganti remot tv, ada baiknya kita mengecek beberapa hal yang bisa menjadi penyebab remot tidak berfungsi.

Berikut ini beberapa solusi mengatasi remot rusak tidak berfungsi:

1. Mengecek baterai remot tv


Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek remot tv yang tidak berfungsi pada bagian baterai. Perhatikan lampu indikator remot, jika cahaya sudah redup, kemungkinan baterai sudah lemah sehingga harus diganti dengan yang baru.

Adapun jika lampu indikator remot tidak menyala sama sekali, maka penyebabnya bisa jadi tidak ada daya pada remot. Silahkan cek besi tempat baterai remot. Biasanya tempat baterai longgar atau berkarat.

2. Cek tombol remot tv


Remot tidak berfungsi bisa jadi hanya sebagian tombol saja. Karena itu, saat remot tidak berfungsi, coba menekan tombol lainnya untuk memastikan kalau semua tombol memang tidak berfungsi. Jika setelah menekan semua tombol dan tidak ada respon, jadi kemungkinan besar kerusakan pada remot bukan pada bagian tombol.

3. Cek sensor transmitter dan receiver


Cara kerja remot tv adalah mengirimkan gelombang infra merah untuk diterima oleh tv. Remot tv berfungsi sebagai pemancar atau transmitter, sementara tv atau digital berfungsi sebagai receiver yang menerima gelombang yang dipancarkan oleh remot tv.

Jadi, saat remot tv tidak berfungsi, silahkan cek sensor transmitter dan receiver. Untuk cara cek remot tv masih dapat memancarkan sinyal atau tidak adalah dengan memanfaatkan kamera smartphone. Nyalakan kamera smartphone dan lihat lewat kamera smartphone saat tekan tombol remot tv apakah terdapat kilatan cahaya dari lampu remot. 

Jika masih ada cahaya, bisa jadi penyebab remot tidak berfungsi ada pada sensor receiver digital atau tv. Namun hal ini jarang terjadi. Untuk itu, coba gunakan remot tv universal untuk mengeceknya apakah remot tv universal yang lain juga tidak bisa disetting di tv tersebut.

Kesimpulan

Kita telah membahas kode remot tv Akari tabung/LCD/LED dan cara memasukkan kode remot tv universal untuk menghubungkannya dengan tv Akari. Selain itu, kita juga telah membahas cara mengatasi remot tv rusak yang tidak berfungsi dan solusinya.

Demikianlah kode remot tv Akari tabung, LCD dan LED lengkap dengan cara memasukkan kode remot tv universal. Selamat mencoba dan semoga sukses. Terima kasih atas kunjungannya.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close