Skip to main content

Panduan Setting Cloudflare DNS Hosting dengan Mudah

ANAKTEKNO.COM - Penggunaan website tentu tidak luput dari berbagai masalah termasuk serangan DDos sehingga perlu menggunakan Cloudflare. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara setting Cloudflare DNS hosting sebelum menggunakannya.

Panduan Setting Cloudflare DNS Hosting dengan Mudah

Mungkin masih banyak yang belum menggunakan Cloudflare atau bahkan menggunakannya untuk melindungi website. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengenal dan mengetahui cara setting Cloudflare pada hosting.

Tentang Cloudflare


Apa itu Cloudflare? Pasti Anda sudah penasaran tentang pengertian serta hal-hal terkait dengan Cloudflare ini. Cloudflare sendiri merupakan penyedia CDN atau Content Delivery Network secara gratis untuk para pengelola website.

Pengertian lain dari Cloudflare adalah sebuah layanan perlindungan bagi website dari serangan DDoS. Dengan menggunakan layanan satu ini berguna untuk membuat kecepatan loading website menjadi lebih kencang dan ada banyak fitur menarik lainnya.

5 Langkah Setting Cloudflare DNS Hosting


Anda bisa menggunakan Cloudflare secara gratis untuk melindungi serta mempercepat proses akses website nantinya. Untuk menggunakan layanan CDN ini, Anda perlu melakukan beberapa setting Cloudflare DNS hosting pada domain utama maupun sub domain dengan langkah berikut:

1. Login Cloudflare

Langkah pertama, pastikan Anda sudah memiliki akun Cloudflare terlebih dahulu dengan masuk ke website resmi penyedia layanan. Masukkan email dan password lalu klik “Login" jika sudah memiliki akun terdaftar.

Jika belum memiliki akun Cloudflare, Anda bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan klik “Sign Up”. Isi semua kolom pendaftaran dengan lengkap dan benar agar lebih mudah untuk melakukan setting nantinya.

2. Sinkronisasi Hosting


Cara setting Cloudflare hosting sebenarnya mudah, hanya saja perlu melakukan beberapa langkah pengaturan terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, langkah kedua yang perlu dilakukan adalah sinkronisasi domain dengan menambahkan domain serta memilih paket Cloudflare.

Untuk menambahkan domain pada layanan Cloudflare DNS hosting, Anda bisa klik menu “Add Site" lalu masukkan nama domain. Setelah itu, Anda harus memilih paket Cloudflare dengan pilih “Paket Free" kemudian klik “Continue".

3. Tambah A Record


Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum menggunakan Cloudflare adalah menambahkan A Record atau Address Record. A record ini nantinya bertugas untuk mengarahkan DNS domain pada IP server.

Cara setting A record Cloudflare bisa menggunakan langkah klik menu “DNS", kemudian pilih menu “Add Record". Pada kolom tipe isi dengan huruf “A" dan kolom nama isi dengan simbol “@”, masukkan alamat IP hosting kemudian “Save".

4. Tambah AAAA Record dan CNAME


Tidak hanya mengatur A record saja, Anda juga harus mengatur fitur lainnya seperti AAAA record yang biasanya menggunakan IPv6. Cara settingnya adalah klik “DNS" dan pilih “Add record", lalu masukkan tipe “AAAA" serta masukkan IPv6 hosting.

Selanjutnya atur CNAME Cloudflare yang berfungsi mengarahkan DNS domain ke IP server dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Dengan kolom tipe isi “CNAME"  serta kolom nama isi “www", lalu klik beralih dan “Save".

5. Tambah TXT dan MX Record


Dan langkah terakhir, Anda juga harus mengatur TXT record dan MX record sebelum mengaktifkan layanan Cloudflare pada website. MX record ini berfungsi untuk memprioritaskan dari mail server, namun cara settingnya sama seperti record lainnya.

Pertama Anda harus klik menu “DNS" lalu pilih menu “Add record", kemudian kolom tipe isi “TXT" untuk TXT record dan “MX “ untuk MX record. Masukkan nama server hosting masing-masing record, klik tombol beralih, dan klik “Save".


Demikian ulasan singkat tentang Cloudfare dan cara setting Cloudflare DNS hosting dengan mudah dan tepat. Layanan Cloudflare termasuk rekomended dalam melindungi website dari serangan DDoS karena memiliki fitur lengkap.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close