Skip to main content

Cara Membuat Hosting di Google Drive Secara Gratis

Google drive merupakan salah satu produk populer milik Google yang berguna untuk menyimpan file-file pada mesin penyimpanan virtual. Selain itu, layanan tersebut juga bisa menjadi solusi hosting website dengan mengikuti beberapa cara membuat hosting di Google Drive.

Cara Membuat Hosting di Google Drive Secara Gratis

Untuk bisa membuat situs website menjadi online sehingga para pengguna internet dapat mengakses situs tersebut, Anda akan membutuhkan layanan web hosting. Layanan ini umumnya berbayar dan akan meminjamkan media penyimpanan untuk semua data dan file situs yang Anda kelola.

Sementara itu, Google Drive juga merupakan media penyimpanan online sehingga bisa Anda manfaatkan sebagai web hosting secara gratis. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah akun Gmail, akun Google Drive, dan juga sebuah domain aktif.

Cara Membuat Hosting di Google Drive dengan Domain


Langkah-langkah untuk membuat web hosting secara gratis dengan memanfaatkan Google Drive tidak begitu rumit. Jika sudah memiliki nama domain yang aktif, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Buat Folder Baru di Google Drive


Langkah pertama untuk bisa run site google drive adalah membuat sebuah folder di Google Drive dan menamainya sesuai dengan nama domain. 

2. Ubah Folder menjadi Publik


Ketika membuat suatu folder, maka otomatis folder tersebut akan memiliki akses private yang mana hanya Anda saja yang dapat mengakses folder tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah akses folder tersebut menjadi publik sehingga nantinya siapa pun dapat mengakses isi folder tersebut.

Untuk mengubah aksesnya, cukup klik kanan pada folder tersebut lalu pilih “Dapatkan link”. Kemudian akan muncul kotak teks bagikan. Pada “Akses umum” klik bagian “Dibatasi” dan akan muncul dua pilihan. Disana Anda bisa memilih “Siapa saja yang memiliki link”. Lalu tekan selesai.

3. Unggah File dan Data Website


Cara membuat hosting di Google Drive selanjutnya adalah dengan mengunggah file dan data untuk website yang Anda kelola ke dalam folder. Pastikan untuk mengunggah semua file yang Anda perlukan dan jangan sampai terlewat.

4. Konfigurasikan menjadi Online


Untuk membuat file dan data yang telah di unggah menjadi online di internet, maka Anda perlu melakukan konfigurasi di DriveToWeb. Anda bisa mengunjunginya di alamat www.drv.tw. 
Jika sudah berhasil masuk maka pilih Host on Google Drive. 

Pada langkah host website on onedrive ini biasanya Anda akan diarahkan untuk memilih email. Anda bisa memilih email yang sebelumnya sudah Anda gunakan untuk membuat Google Drive. Lalu berikan izin akses masuk ke Google Drive.

5. Link Akses Website


Langkah terakhir pada cara membuat hosting di Google Drive Anda akan menuju ke halaman Admin Panel. Di sana terdapat sebuah link menuju website yang kemudian bisa Anda akses dan bagikan.


Membuat Hosting Website di Google Drive Tanpa Domain


Jika langkah-langkah memanfaatkan Google Drive menjadi web hosting menggunakan domain, berikut ini ada beberapa langkah mudah membuat hosting tanpa memerlukan domain.

  • Buat sebuah folder di Google Drive dengan nama apa saja.
  • Unggah file dan data website ke dalam folder.
  • Ubah Akses Folder menjadi publik.
  • Copy link folder tersebut.
  • Buka website dengan menggunakan alamat link yang sudah di copy.

Seperti itulah langkah-langkah untuk memanfaatkan Google Drive sebagai web hosting secara gratis. Jika Anda tertarik untuk membuat website baru, Anda bisa mengikuti langkah demi langkah cara membuat hosting di Google Drive tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close