Skip to main content

Cara Membuat Hosting di Google Cloud dan Keuntungannya

Cara membuat hosting di Google cloud saat ini menjadi solusi yang tepat bagi para pemilik website dengan memanfaatkan Google Cloud Platform. Platform ini menyediakan berbagai macam layanan meliputi media penyimpanan, komputasi, serta kebutuhan untuk pengembangan aplikasi pada hardware Google.

Cara Membuat Hosting di Google Cloud dan Keuntungannya

Memilih layanan hosting untuk website menjadi salah satu prioritas penting dalam mengelola website bisnis. Sebab, penyedia layanan hosting bukan hanya menyediakan file website kepada para visitor. Tapi layanan hosting juga dapat memberikan kontrol bagaimana website bekerja, seberapa cepat aksesnya, serta keamanannya.

Keuntungan Membuat Hosting di Google Cloud


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tata cara membuat hosting dengan memanfaatkan Google cloud, berikut beberapa keuntungan memilih Google Cloud hosting yang perlu Anda tahu.

1. Ketersediaan dan waktu aktif yang lebih baik


Pernahkah Anda menjumpai status website sedang down ketika mengunjungi sebuah situs? Salah satu usaha untuk mengurangi downtime situs Anda dapat dilakukan dengan cara membuat hosting di Google cloud. 

2. Live Migration


Keuntungan lain dari Google Cloud hosting adalah Anda dapat melakukan migrasi mesin virtual secara langsung di antara mesin hosting.

3. Infrastruktur global terkemuka


Salah satu hal yang membedakan Google cloud hosting dengan provider lain adalah jaringan Google yang merupakan salah satu terbesar di dunia. Jaringan Google saat ini bersaing dengan Amazon Web Service dan Microsoft Azure.

4. Kemudahan pengaturan dengan click-to-deploy


Keunggulan utama menggunakan layanan hosting Google Cloud adalah kemudahannya membuat web hosting baru dengan click-to-deploy. Fitur ini mampu menyederhanakan proses penyiapan dan peluncuran situs yang customizable.


Langkah dan Cara Membuat Hosting di Google Cloud


Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari Google Cloud hosting tersebut, mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kemudian memutuskan membuat hosting di platform tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai membuat hosting pada Google Cloud yang wajib Anda ketahui.

1. Membuat Instance Virtual Machine


Anda bisa membuat mesin virtual instan ini dengan cara masuk ke Google Cloud Console. Kemudian pilih project, pilih menu navigasi, buka compute engine, dan klik create instance. 
Cloud console merupakan admin pusat yang berguna untuk mengelola layanan Google Cloud yang meliputi pendaftaran nama domain ketika Anda membeli melalui platform Google.

Setelah itu Anda bisa mengatur spesifikasi instance mulai dari RAM, CPU, serta jenis disk. Jangan lupa untuk mengkonfigurasikan jaringan dan firewall, lalu setelah itu klik create. Jika sudah menekan tombol create maka instance siap untuk Anda gunakan.

2. Instalasi Web Server

Langkah selanjutnya adalah menginstall web server, Anda bisa menggunakan baik Apache atau Nginx. Keduanya merupakan web server open-source yang sama-sama populer untuk hosting website atau aplikasi di internet.

3. Mengunggah Konten Website


Jika Anda sudah berhasil menginstall salah satu web server, berikutnya Anda bisa mulai mengunggah konten website ke dalam instance. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat dua cara mengunggah konten website yaitu melalui SSH shell dan menggunakan Google Cloud Storage.

4. Melakukan Konfigurasi DNS


Cara membuat hosting di Google Cloud berikutnya adalah mengkonfigurasikan DNS yang bertujuan untuk mengarahkan domain ke instance. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Buka Google console
  • Pilih navigasi lalu buka Cloud DNS
  • Buat zona DNS yang baru
  • Tambahkan record A yang akan menunjukkan alamat IP untuk instance

Itulah penjelasan mengenai keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih platform Google untuk hosting website. Jika Anda tertarik dengan beberapa keuntungan menggunakan platform Google untuk memulai website, Anda bisa mengikuti cara membuat hosting di Google cloud tersebut dan menunjang kinerja situs Anda. Selamat mencoba.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close