Skip to main content

Google Image Hosting, Penyimpan Koleksi Foto Gratis

ANAKTEKNO.COM - Anda memiliki banyak koleksi foto tetapi bingung mau menyimpannya di mana? Sementara memori ponsel yang penuh membuat kinerjanya kurang maksimal. Nah, Google Image Hosting bisa menjadi solusi jitu untuk permasalahan ini.

Google Image Hosting, Penyimpan Koleksi Foto Gratis

Dengan menggunakan aplikasi Google Image Hosting, Google Foto, Anda bisa menyimpan koleksi foto yang berharga. Dengan aplikasi ini, koleksi foto aman dan ponsel tetap bisa lancar untuk menunjang komunikasi dan pekerjaan.

Apa Itu Google Image Hosting?


Sebelum mulai menggunakannya, lebih baik Anda memahami dahulu Google Image Hosting. Image hosting adalah penyedia layanan penyimpanan foto. Jadi foto-foto yang Anda unggah ke aplikasi ini akan disimpan server Google.

Google Foto


Google menyediakan aplikasi image hosting dengan nama Google Photos atau Google Foto untuk versi Indonesianya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Di samping itu terdapat juga versi premiumnya.

Untuk versi gratisnya, Google Foto menyediakan tempat penyimpanan sebesar 15GB. Jadi jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, tinggal upgrade ke versi premiumnya.


Kelebihan Google Foto


Google Photos atau Google Foto memiliki banyak keunggulan yang membuatnya layak menjadi image hosting pilihan. Apa saja kelebihannya? Berikut sembilan keunggulan Google Foto:
  1. Dapat diakses melalui semua perangkat yang Anda miliki
  2. Bisa mengunggah foto dengan resolusi aslinya
  3. Ada pilihan untuk mengunggah secara otomatis foto-foto dari memori card kamera dan My Picture di laptop atau PC
  4. Tampilan aplikasi bersih, minimalis, dan menyenangkan. Foto-foto diatur berdasarkan tanggal. Penggunaannya juga mudah sebagaimana aplikasi Google lainnya
  5. Memudahkan pengorganisasian dan pencarian foto
  6. Dapat mengenali wajah
  7. Terdapat fasilitas edit foto, membuat video dari kumpulan foto, kolase foto, dan animasi GIF
  8. Bisa berbagi foto dengan pengguna Google Foto lainnya
  9. Menyediakan layanan pencetakan

Kekurangan Google Foto


Berikut ini beberapa kekurangan Google Foto yang perlu kamu ketahui:

1. Privasi


Kelemahan terbesar Google Foto adalah privasi. Adanya fitur pengenalan wajah mengancam privasi pengguna dan orang-orang dekatnya.

2. Ruang simpan yang terbatas

Tempat penyimpanan yang Google sediakan untuk versi gratis memang hanya 15GB saja. Untuk menambahnya harus upgrade ke versi premium.


Optimasi Penggunaan Google Foto


Berikut ini cara mengoptimasi Google Foto:

1. Menampilkan Slide Foto


Anda dapat membuat tampilan slide foto dari album dari Google Foto. Tampilan slide ini akan sangat menarik saat menontonnya melalui layar TV. Caranya mudah saja, cukup dengan menekan menu titik tiga di pojok kanan atas aplikasi dan pilih Slideshow.

2. Menonton dengan Tombol Search


Coba cari dalam koleksi foto berdasarkan suatu kata, misalnya “kucing”. Maka semua foto yang menampilkan kucing atau sesuatu yang berkaitan dengan bentuk kucing akan tampil, termasuk boneka kucing dan foto cakarnya.

Pencarian berdasarkan lokasi sangat membantu menemukan koleksi foto perjalanan ke suatu tempat dengan sekali klik.

3. Tandai Foto Seseorang dan Buat Album


Sekali Anda menandai wajah seseorang atau seekor binatang maka Google akan merekamnya. Selanjutnya, amat mudah menemukan hampir semua foto orang atau binatang tersebut. Bahkan foto-foto yang dibagikan oleh orang tersebut di Google Foto akan otomatis muncul.

4. Berbagi Koleksi Foto Secara Ajaib


Membagi seluruh koleksi foto pada rekan sangat mudah dengan Google Foto. Saat menggunakan PC, pilih menu Sharing pada navigasi menu di bagian kanan, lalu klik Partner Sharing. (Jika menggunakan ponsel, menu terletak di bawah avatar > Google Photo Settings > Partner Sharing.)

Selanjutnya pilih kontak rekan pengguna Google Foto, lalu pilih bagi All photos atau Photos of Specific People.

Namun, pembagian ini hanya bersifat satu arah. Rekan tersebut dapat melihat foto-foto yang Anda bagikan, tetapi tidak bisa sebaliknya. Anda hanya bisa melihatnya jika mereka membaginya juga untuk Anda. Minta mereka untuk klik Share Back di pojok kanan atas, barulah Anda bisa melihat koleksi foto mereka.


Itulah sedikit gambaran mengenai Google Image Hosting. Banyak fitur yang ada pada aplikasi ini yang bisa membantu aktivitas keseharian Anda.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close