Skip to main content

Cara Merubah Tulisan Jelek Menjadi Bagus, Rapi, & Indah

Cara Merubah Tulisan Jelek Menjadi Bagus, Rapi, Indah Dan Cepat - Kenapa tulisan orang pintar itu jelek? Meskipun ada stigma tulisan orang pintar jelek, namun memiliki tulisan yang rapi menjadi kelebihan tersendiri. Terlebih untuk anak sekolah maupun beberapa profesi.

Cara Merubah Tulisan Jelek Menjadi Bagus

Ya, meskipun zaman sudah berubah di mana kita lebih sering menulis di hp, namun memiliki tulisan tangan yang bagus tidak ada salahnya. Karena itulah, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi cara memperbagus tulisan tangan.

Sekedar informasi, ini adalah tutorial dari teman saya yang tulisannya dicap rapi saat masih sekolah. Kalau tulisan tangan saya sendiri, kurang lebih seperti tulisan dokter. Bedanya, saya tidak termasuk orang pintar. Hhe.. hhe..

Langsung saja, berikut ini beberapa tips menulis dengan bagus, rapi dan cepat untuk kamu yang ingin mengubah tulisan berantakan menjadi lebih mudah dibaca.

1. Ketahui cara memegang pulpen yang benar


Cara memegang pena yang baik dan benar menjadi salah satu faktor yang membuat tulisan menjadi bagus. Ada beberapa hal yang menarik terkait memegang pena.

Orang yang memegang pena terlalu dekat dengan mata tinta seringkali tulisannya tidak terlalu rapi. Sama halnya dengan mereka yang mencengkram pena terlalu keras. 

Sedangkan mereka yang memegang pena dengan rileks dan santai, cenderung memiliki tulisan tangan yang lebih rapi. Mereka termasuk orang yang tidak memegang pena terlalu dekat dengan mata tinta.

Ini hanya penelitian dari beberapa sample di ruang kelas dulu. Tapi kamu bisa coba belajar memegang pulpen sendiri yang sesuai dengan kenyamanan kamu.

2. Atur posisi menulis yang nyaman


Selanjutnya adalah mengatur posisi menulis yang nyaman. Tentu menulis saat tidur dan duduk berbeda hasilnya. 

Posisi menulis yang disarankan adalah duduk tegak dan santai. Dan posisi menulis terbaik adalah posisi yang membuat kamu senyaman mungkin.

Namun disarankan untuk menghindari posisi seperti bungkuk saat menulis karena tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, setelah tahu cara pegang pulpen yang benar, atur posisi menulis yang nyaman.

3. Mulai dari abjad A-Z


Untuk memperbagus tulisan tangan, hal teknis lainnya yang harus dilakukan adalah mendefinisikan gaya tulisan berdasarkan abjad A-Z, baik huruf kecil maupun kapital.

Kamu bisa melihat berbagai contoh font di hp ataupun meniru tulisan teman kamu yang rapi. Dengan mengetahui bagaimana harus menulis huruf dan angka yang keren, tentu kamu hanya perlu konsisten menulis huruf demi huruf.

4. Gaya tulisan tegak atau miring


Beberapa orang saat ingin menulis rapi, maka tulisan mereka lebih tegak. Namun saat ingin menulis cepat, tulisan mereka lebih miring ke kanan. 

Hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari. Pilih satu jenis tulisan agar terbiasa dengan itu. Jika ingin tulisan tegak, berlatih menulis dengan model seperti itu. Jika ingin tulisan miring, berlatih menulis dengan model seperti itu juga.

Mungkin karena hal ini jugalah yang membuat tulisan saya tidak terlalu bagus, bahkan cenderung berantakan. Memiliki 2 jenis model tulisan, tegak jika ingin rapi dan miring jika ingin cepat.

Karena itu, untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk memiliki gaya tulisan sendiri, entah tegak atau miring ke kanan dan berlatih dengan itu sampai bisa menulis dengan rapi, bagus dan cepat.

4. Berlatih dengan kertas bergaris


Agar tulisan lebih rapi, disarankan menggunakan kertas bergaris. Entah itu buku catatan atau kertas polio yang memiliki garis. 

Dengan batas garis, tulisan kita menjadi lebih rapi tidak lari ke atas atau ke bawah. Setelah terbiasa, nantinya tulisan kamu juga akan lebih rapi saat menulis di kertas tanpa garis. 

5. Tidak terburu-buru


Salah satu penyebab tulisan tangan tidak bagus adalah karena terburu-buru. Padahal kamu bisa menulis cepat dengan rapi.

Caranya dengan menghilangkan setiap gangguan agar lebih nyaman dalam menulis. Tidak perlu terburu-buru. Jika sudah terbiasa, nantinya kita akan bisa menulis lebih cepat dan tetap bagus.

6. Meniru tulisan teman yang lebih bagus


Dalam belajar menulis tangan dengan rapi, juga tidak apa-apa menggunakan metode ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi.

Bisa dipastikan selalu ada teman dalam satu kelas yang memiliki tulisan tangan yang rapi. Minimal lebih bagus dari tulisan kita sendiri.

Kamu bisa melihat bagaimana cara mereka duduk, memegang pulpen dan lainnya sehingga membuat tulisan mereka lebih bagus. 

7. Belajar dari Youtube dan TikTok


Di zaman teknologi yang begitu maju, belajar menjadi lebih mudah. Kamu bisa cari di Youtube atau TikTok tutorial cara agar tulisan tangan rapi, bagus dan cepat. 

Di sana akan dijelaskan tentang cara memegang pulpen yang benar, posisi duduk yang tepat saat menulis, jenis pulpen dan tinta yang sebaiknya digunakan dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa belajar dari blog atau situs yang membahas tentang memperbaiki tulisan tangan yang berantakan. Salah satu yang menarik adalah jawaban dari pertanyaan di Quora tentang bagaimana caranya agar tulisan tangan kita bisa menjadi lebih rapi. 

Selengkapnya bisa lihat di Quora.

8. Berlatih setiap hari


Terakhir apa pun itu, berlatih akan membuatmu menjadi lebih baik. Karena itu, berlatih, berlatih dan berlatih.

Mulai konsisten setiap hari menulis di buku catatan dan rasakan bagaimana tulisanmu akan menjadi lebih rapi dan bagus dari sebelumnya. 

Hal-hal kecil seperti menulis tangan setiap hari selama 10 menit dalam 30 hari pasti akan ada manfaatnya terhadap tulisan tangan.

Jadi, berlatih adalah salah satu kunci penting. Namun sering dilupakan. Kamu mau belajar bahasa Inggris, belajar Microsoft Excel, bermain gitar, dan lainnya harus sering berlatih. 

Penutup


Membuat tulisan tangan menjadi lebih bagus memang memiliki sejumlah manfaat. Selain lebih enak dibaca, paling tidak tulisan rapi bisa menjadi nilai plus saat mengumpulkan tugas menulis.

Harus diingat ya, akan selalu ada orang yang lebih, lebih dan lebih darimu. Dalam beberapa hal, kamu tidak perlu bersaing dengan mereka. Kamu hanya perlu bersaing dengan diri sendiri yang kemarin dan memastikan bahwa kamu yang hari ini lebih baik. 

Setiap orang punya gaya tulisan sendiri dan cara menulis sendiri. Jika kamu ingin mengubah tulisan cakar ayam menjadi tulisan indah, berlatihlah setiap hari.

Lihat juga cara daftar BKSDA

Demikianlah tips cara merubah tulisan jelek menjadi bagus, rapi, indah dan cepat. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close