--> Skip to main content

Cara Daftar BKSDA Online & Bikin Sertifikat Burung

Cara Daftar BKSDA Online Jawa Timur & Bikin Sertifikat Burung - Pelihara satwa yang dilindungi wajib memiliki izin dari BKSDA. Tanpa izin tersebut, memelihara tumbuhan dan satwa liar bisa mengakibatkan seseorang berurusan dengan hukum.

Cara bikin sertifikat burung

Namun bagaimana cara membuat surat perijinan BKSDA? Saat ini ada 2 pilihan untuk kamu yang tertarik untuk membuat penangkaran atau lembaga konservasi, yaitu daftar BKSDA online atau datang langsung ke Balai KSDA masing-masing daerah.

Jadi saat ini tidak sulit untuk buat surat izin BKSDA. Jika dibandingkan dengan mengurus tumbuhan atau satwa, itu akan jauh lebih sulit, bahkan bisa lebih menyusahkan di masa depan jika tidak memenuhi persyaratan awal.

Untuk itu, kamu diwajibkan mengurus surat izin BKSDA sendiri sebelum melakukan penangkaran, konservasi, dan peredaran. Jika kamu tidak siap mengurus surat izin ke BKSDA, sebaiknya serahkan satwa ke BKSDA untuk dimasukkan ke penangkaran yang resmi.

Sedangkan untuk kamu yang mau mengurus perijinan penangkaran, boleh ikuti panduan berikut ini.

Apa itu Penangkaran?


Berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor: P.19/Menhut-II/2005 tanggal 19 Juli 2005 tentang Penangkaran Tumbuhan dan Satwa Liar, pengertian penangkaran adalah upaya perbanyakan melalui pengembangbiakan dan pembesaran tumbuhan dan satwa liar dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya.

Izin penangkaran hanya merupakan salah satu bentuk perijinan BKSDA. Contoh lainnya seperti izin lembaga konservasi, peredaran tumbuhan dan satwa liar, termasuk juga akta buru. Adapun perijinan penggunaan kawasan hutan meliputi SIMAKSI dan IPPA.

Dikutip dari Cakfath.com, sejatinya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bagian dari Pemerintah yang menangani penangkaran dan konservasi sangat mendukung upaya dalam melestarikan satwa liar langka dan dilindungi. Tentu sesuai dengan prosedur dan perundang-undangan yang berlaku. 

Adapun bentuk-bentuk penangkaran meliputi pengembangbiakan satwa, pembesaran satwa, dan perbanyakan tumbuhan secara terkontrol.

Manfaat Pentingnya Penangkaran 


Walaupun kegiatan penangkaran dan konservasi merupakan tugas utama BKSDA, tetap diperlukan bantuan dari semua pihak untuk bisa mendukung upaya pelestarian tanaman dan hewan yang terancam punah.

Karena itulah, BKSDA mendorong masyarakat yang memiliki satwa dilindungi untuk melaporkan dan membuat perizinan jika tetap ingin memelihara satwa tersebut. Sejatinya diperlukan kesadaran diri sendiri untuk tetap mengikuti prosedur mengurus surat izin BKSDA sesuai dengan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Salah satu jenis satwa yang banyak dipelihara adalah burung. Beberapa di antaranya mungkin saja merupakan burung yang dilindungi sehingga kamu harus mengurus izin di kantor BKSDA. Seperti misalnya cucak ijo, murai batu, kakak tua, nuri, pleci, beberapa jenis burung hantu, jalak bali, dan lain sebagainya

Memelihara burung dilindungi pada dasarnya tidak masalah jika telah memenuhi syarat dari BKSDA setempat. Saat ini kamu bisa daftar sertifikat burung online maupun langsung ke kantor BKSDA.

Dengan memperoleh izin dari BKSDA, kita akan lebih tahu terkait penangkaran dan konservasi. Termasuk kesempatan bekerjasama dengan pihak-pihak lain menjadi lebih terbuka.

Cara Daftar Online BKSDA


Berikut ini langkah-langkah daftar online BKSDA:
  • Kunjungi website BBKSDA Jawa Timur di https://perizinan-bbksdajatim.org
  • Klik Layanan Perizinan untuk membuat surat izin dan rekomendasi KSDA. Cara Daftar BKSDA Online
  • Di halaman Login, klik Daftar disini jika belum punya akun. Cara Daftar BKSDA Online Jawa Timur
  • Pada halaman Register, masukkan Username, Email dan Password. Kemudian lakukan verifikasi captcha. 
  • Selanjutnya klik tombol Register untuk daftar akn BKSDA Jawa Timur.
  • Masukkan nama KTP, NIK, upload foto KTP (Jpg), masukkan nomor hp aktif.
  • Pilih kegiatan saat ini, Penangkar, Pedagang, Hobi, penangkar dan pedagang atau lainnya sesuai dengan kegiatan.
  • Masukkan kabupaten dan kecamatan lengkap dengan alamat domisili.
  • Pilih TSL yang akan dilaporkan ke BKSDA. Contohnya burung.
  • Masukkan jumlah burung yang dimiliki.
  • Pilih jenis burung yang dilindungi.
  • Masukkan tahun kepemilikan.
  • Cara mendapatkan TSL atau burung, dari tangkap alam, pembelian bebas, penangkar, pasar atau lainnya.
  • Klik tombol tambah data TSL.
  • Proses pembuatan surat izin BKSDA untuk memelihara burung dilindungi sudah siap.
  • Silahkan cetak untuk keperluan administrasi di masa depan.
  • Selesai, kurang lebih seperti itu cara buat KTP burung. 
Jadi bukan manusia saja yang butuh KTP atau sertifikat, tapi TSL juga melalui BKSDA.

Sebagai catatan, saat ini masih sedikit BKSDA yang membuka pendaftaran online untuk urus izin penangkaran. Contohnya daftar BKSDA online Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Langkah-langkah Mengurus Surat Izin BKSDA


Sayangnya tidak semua BKSDA menyediakan layanan online untuk membuat perijinan. Karena itu, kamu disarankan mengunjungi BKSDA langsung untuk mengajukan proposal penangkaran.
  • Buat proposal surat izin penangkaran untuk diajukan ke BKSDA.
  • Siapkan fotocopy KTP untuk perseorangan dan akta notaris untuk badan usaha.
  • Siapkan NPWP.
  • Surat keterangan tempat usaha.
  • Bukti tertulis asal-usul indukan.
  • Pastikan sarana teknis siap dengan baik untuk melancarkan proses BAP oleh tim BKSDA.
Untuk kamu yang masih ragu terkait dengan biaya membuat sertifikat burung, surat izin BKSDA cucak ijo dan pertanyaan lainnya, sebaiknya langsung hubungi BKSDA setempat untuk memperoleh informasi lebih lengkap.

Selain mendapatkan informasi tentang syarat mengajukan permohonan izin penangkaran, kita juga bisa lebih siap untuk persiapan sarana dan prasarana penangkaran agar mendapat rekomendasi dari Kepala BKSDA.

Penutup

Memelihara burung dilindungi atau satwa liar lainnya bisa berakibat pada penyitaan bahkan tuntutan hukum. Dengan memiliki izin penangkaran, kita menjadi lebih aman dalam memelihara dan mengembangkan satwa yang dilindungi dengan tetap berpatokan pada syarat dan ketetapan yang berlaku.

Perlu diketahui, izin penangkaran belum bisa untuk kegiatan komersial atau perdagangan. Diperlukan badan usaha untuk membuat surat izin peredaran satwa liar secara sah dan legal.

Terakhir, dengan mengurus izin penangkaran di BKSDA, kamu telah menjadi agen yang membantu dalam melestarikan tumbuhan dan satwa liar yang terancam punah dan dilindungi.

Demikianlah langkah-langkah membuat surat izin BKSDA lengkap dengan cara daftar online BKSDA untuk bikin sertifikat burung dan hewat peliharaan lainnya. Semoga bermanfaat!

#Support
#Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
#Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem
#Balai Konservasi Sumber Daya Alam

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close