--> Skip to main content

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Paypal

Keuntungan dan kerugian menggunakan Paypal - Tidak bisa dipungkiri kalau Paypal memiliki banyak kelebihan dan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Namun dibalik itu, ada risiko dan kerugian menggunakan Paypal yang harus kamu ketahui. 

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Paypal

Paypal pada dasarnya aman dalam melakukan transaksi. Namun dalam beberapa kasus, saldo ataupun transaksi di Paypal bisa berbahaya. Entah karena kesalahan sendiri, transaksi dengan orang yang tidak bertanggung jawab atau sistem Paypal itu sendiri.

Tapi sejauh ini, menggunakan Paypal bisa dikatakan wajib bagi freelancer karena sebagian besar website penghasil uang di internet menggunakan Paypal sebagai media pembayaran. 

Untuk lebih mengetahui tentang keuntungan dan kerugian Paypal dan cara aman menggunakannya, kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Paypal?


Paypal merupakan rekening virtual yang menyediakan jasa pengiriman uang dan pembayaran secara online. Paypal telah membantu ratusan juta penggunanya dalam melakukan transaksi online secara aman.

Pada dasarnya fungsi Paypal sama saja dengan rekening atau e-wallet lainnya di Indonesia. Namun bedanya, Paypal bisa digunakan transaksi antar negara.

Adapun sejarah Paypal bermula dari Confinity, sebuah perusahaan keuangan yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada tahun 1998. Tidak butuh lama bagi Paypal untuk menjadi raksasa. 

Diluncurkan pada tahun 1999 kemudian bergabung dengan X.com milik Elon Musk tahun 2000 sampai akhirnya bekerjasama dengan Ebay pada pertengahan tahun 2002.

Singkat cerita, perusahaan yang bermarkas di San Jose, California, Amerika ini masih menjadi alat pembayaran digital paling banyak digunakan di dunia. 

Keuntungan Menggunakan Paypal


Ada banyak alasan menggunakan Paypal, bahkan bagi sebagian orang, memiliki akun Paypal adalah sebuah kebutuhan. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Paypal:

Mudah Digunakan


Kelebihan pertama Paypal adalah menawarkan kemudahan. Mulai dari buat akun sampai transaksi, tidak ada yang terlalu sulit. Kita bisa mengakses Paypal lewat web browser maupun aplikasi Paypal yang bisa di download di Playstore maupun Appstore di smartphone yang digunakan.

Media Pembayaran Online


Dengan menggunakan Paypal, kita lebih mudah saat ingin belanja online mancanegara, baik produk maupun jasa. Paypal menjadi salah satu media pembayaran online terpopuler yang digunakan oleh beberapa e-commerce terbesar di dunia dan lebih dari 200 negara dan dalam 25 mata uang.

Menerima Pembayaran Dari Luar Negeri


Untuk kamu yang bekerja online sebagai freelancer, Paypal merupakan suatu kebutuhan. Ada banyak website penghasil uang yang hanya bisa dicairkan lewat Paypal.

Selain itu, kamu yang memulai bisnis dan memiliki client luar negeri, Paypal merupakan media untuk menerima pembayaran dari luar negeri paling mudah dan cepat. 

Biaya Transfer Gratis Ke Sesama Paypal


Di Paypal, kita bisa melakukan transaksi pengiriman uang secara gratis dengan memilih opsi pembayaran pribadi, orang yang dipercaya, teman atau keluarga. Namun itu hanya berlaku saat mengirim ke Paypal teman secara langsung. 

Untuk belanja online di website besar, umumnya akan dikenakan potongan sesuai dengan yang berlaku di Paypal karena secara otomatis opsi payment hanya good or service (barang atau jasa). 


Bebas Biaya Administrasi


Berbeda dengan bank yang memberlakukan biaya administrasi rekening, di Paypal tidak ada biaya administrasi sama sekali. Jika saldo di Paypal $10, maka akan tetap $10 sampai kapan pun. 

Perubahan hanya ada pada kurs atau nilai tukar yang selalu berubah dan tentu saja, adanya inflasi jika menabung uang.

Perlindungan Konsumen


Keamanan transaksi lewat Paypal sangat terjamin. Pembeli bisa melakukan gugatan jika penjual tidak mengirimkan barang dalam waktu 45 hari setelah pembayaran. Tentu ini bisa menghindari pembeli dari penipuan.

Withdraw Paypal ke Rekening Bank


Untuk pengguna Paypal di Indonesia sendiri, kita bisa menarik saldo Paypal dalam USD ke rupiah langsung ke bank lokal. Syaratnya hanya menghubungkan bank lokal ke Paypal untuk bisa menerima pembayaran.

Biaya penarikan Paypal ke bank lokal sebesar Rp16.000 jika penarikan di bawah $100. Sedangkan gratis jika penarikan di atas $100. Adapun minimal penarikan ke bank lokal adalah $10.


Kerugian Menggunakan Paypal


Adapun kerugian menggunakan Paypal adalah sebagai berikut:

Sistem Keamanan Yang Cukup Lemah


Keamanan akun Paypal cukup rentan. Seperti diketahui, authentication user oleh Paypal hanya menggunakan username dan password. Jika akun sampai jatuh ke tangan yang jahat, saldo akan sangat mudah lenyap. Lebih berbahaya lagi jika akun Paypal dihubungkan dengan kartu kredit (credit card).

Jika tidak hati-hati, kita bisa jatuh ke dalam perangkat hacker dengan mengisi username dan password Paypal di halaman login palsu (phising) yang bisa merekam informasi yang diketik dan disubmit di website tersebut.

Paypal Harus Verifikasi


Kekurangan Paypal selanjutnya adalah harus verifikasi dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini wajib jika ingin berbelanja di situs yang mengharuskan Paypal. Namun untuk transfer ke rekening sendiri, kita hanya perlu menambahkan rekening bank lokal di Paypal tanpa perlu verifikasi.

Limit Transaksi


Akun Paypal yang tidak diverifikasi memiliki limit transaksi atau batasan. Namun untuk menarik ke bank lokal dengan jumlah saldo sekitar $100, limit ini bukanlah masalah yang besar.

Saldo Tertunda (Pending / On Hold)

Salah satu risiko menggunakan Paypal adalah saldo tertunda atau ditahan. Ada yang 24 jam, 21 hari, 45 hari sampai 6 bulan. Sejauh ini, saya hanya pernah mengalami saldo ditahan selama 24 jam dan 21 hari karena transaksi dengan akun baru yang memilih metode pembayaran barang atau jasa. 

Setelah waktu tersebut, saldo akan langsung muncul di Paypal. Hal yang sama saat melakukan penarikan ke rekening bank. Kadang juga penarikan ke bank lokal untuk pertama kali jika akun masih tergolong baru akan mengalami saldo tertunda.

Limited Access Akun Paypal


Masalah lainnya yang kerap membuat pemilik rekening Paypal resah adalah rekening paypal Anda dibatasi atau your access account has been limited. Jika sampai ini terjadi, saldo di Paypal tidak akan bisa ditarik maupun dikirim.

Untuk memperbaiki masalah ini, Paypal akan meminta sejumlah dokumen untuk verifikasi. Karena itu, penting menggunakan nama asli di Paypal agar proses verifikasi ini berjalan lancar.

Risiko Fitur Refund Paypal


Ada juga sebagian orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan fitur perlindungan konsumen di Paypal. Setelah pengiriman barang atau jasa, pembeli melakukan klaim pembayaran sehingga dilakukan refund ke Paypal pengirim.

Namun jika akun kamu sudah terbiasa melakukan transaksi yang aman selama ini, besar kemungkinan Paypal akan memenangkan kamu. Terlebih jika tidak ada bukti yang bisa dilampirkan oleh pembeli yang ingin menipu Paypal.

Pemblokiran Akun Paypal


Jangan sekali-kali mengkakses Paypal dengan menggunakan VPN. Risiko akun Paypal diblokir atau tidak bisa login karena pembatasan akses oleh IP yang tidak dikenal, terlebih dari negara berbeda sangat tinggi.

Proses Penarikan Butuh Waktu


Proses withdraw atau penarikan saldo Paypal ke bank lokal membutuhkan waktu 2-4 hari kerja. Bagi sebagian orang, waktu tersebut cukup lama. 

Saya sendiri selalu menarik di hari Senin sampai Jumat di pagi hari agar prosesnya lebih cepat. Sebaiknya hindari penarikan di hari Sabtu dan Minggu.

Fee Paypal Cukup Mahal


Penarikan ke bank lokal mulai dari $10 sampai $100 dikenakan biaya Rp16.000. Untuk itu, jika kamu mau menarik ke rekening Paypal, pastikan di atas nominal $50 agar tidak banyak potongan. Atau kalau mau bebas, bisa tarik saldo di atas $100.

Lebih mahal lagi saat menerima pembayaran dengan opsi barang atau jasa (good or service). Saldo yang dikirim akan mengalami potongan sekitar 2,4% + $0,30 sampai dengan 3,4% + $0,30.

Cara Aman Menggunakan Paypal


Agar akun Paypal terhindar dari hal-hal yang merugikan, pastikan selalu mengikuti TOS Paypal dan hindari yang dilarang. 

Berikut ini beberapa cara aman saat transaksi menggunakan Paypal.
  • Ketahui dengan jelas tujuan kamu menggunakan Paypal, apakah untuk jasa pembayaran online (belanja) atau untuk menerima pembayaran.
  • Hati-hati jika ada link (URL) yang meminta username dan password. Pastikan hanya login di website paypal.com atau aplikasi Paypal resmi yang terdaftar di Google Playstore.
  • Saat membuat akun Paypal, pastikan memberikan informasi data dengan benar untuk keperluan di masa mendatang jika sampai akun diblokir atau ada masalah lainnya.
  • Agar penarikan ke bank lokal BRI, BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Pertama dan lainnya lancar, pastikan nama di akun Paypal sama dengan nama pemilik rekening. 
  • Jangan login ke akun Paypal menggunakan VPN.
  • Pastikan hanya menerima dana yang legal dari pengguna Paypal lain.
  • Jika menggunakan Paypal untuk bisnis, sebaiknya verifikasi akun Paypal menggunakan kartu kredit asli. Jika tidak punya, bisa menggunakan VCC (virtual credit card) dengan risiko ditanggung sendiri. Untuk hal ini, silahkan gunakan jasa VCC Paypal terpercaya dari pada meminjam kartu kredit orang lain untuk verifikasi Paypal yang jelas dilarang.
  • Jika terjadi transaksi mencurigakan atau yang tidak dilakukan, kita bisa refund kembali dengan mengajukan gugatan ke Paypal. Tentu dengan menyertakan bukti yang dapat dipercaya.

Apakah Paypal aman?


Paypal dipercaya oleh ratusan juta pengguna di dunia untuk melakukan transaksi online, baik pembayaran maupun menerima pembayaran. Paypal bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar di dunia sebagai metode pembayaran produk mereka.

Apa kekurangan Papyal?


Kerugian menggunakan Paypal yang paling umum adalah saldo yang ditahan. Walaupun akhirnya dilepaskan, hal ini sering mengganggu proses bisnis.

Apakah uang di Paypal bisa dicairkan?


Paypal bisa dicairkan ke bank lokal seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan lainnya dengan menghubungkan Bank dengan Paypal. Sekali lagi, pastikan nama Paypal sama dengan nama pemilik rekening yang ditambahkan.

Apakah saldo Paypal bisa hangus?


Kelebihan dari Paypal adalah tidak ada biaya administrasi. Artinya, selama saldo tidak digunakan, besarnya akan tetap sama. Namun menabung di Paypal bukanlah ide yang baik karena rekening online ini lebih ditujukan untuk memudahkan transaksi.

Bisakah membuat akun Paypal tanpa kartu kredit?


Kita bisa membuat akun Paypal tanpa perlu verifikasi kartu kredit. Untuk akun Paypal pribadi, bisa hanya menambahkan rekening bank lokal untuk mencairkan saldo Paypal.


Penutup


Berbeda beberapa tahun silam, penggunaan Paypal sangat rentan karena banyaknya penipuan lewat Paypal. Saat ini, Paypal lebih aman digunakan, salah satunya karena pengguna yang semakin melek teknologi. 

Yang jelas, risiko menggunakan Paypal tidak jauh-jauh dari penangguhan pembayaran dan access limited akun Paypal. Karena itu, sangat disarankan untuk tetap mengikuti kebijakan yang berlaku di Paypal.

Harus diakui Paypal merupakan rekening online wajib bagi sebagian besar orang. Meskipun demikian, kita tidak bisa mengesampingkan risiko menggunakan Paypal seperti yang dijelaskan di atas. 

Ya, sama seperti layanan lain, asal tunduk pada aturan yang berlaku, seharusnya tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi. Sejauh ini Paypal sudah digunakan di ratusan negara dan dipercaya oleh sebagian besar orang di dunia untuk melakukan dan menerima pembayaran secara aman dan terpercaya.

Terakhir, jika kamu ingin mencairkan saldo Paypal di bawah $10, bisa gunakan jasa convert Paypal terpercaya.

Demikianlah keuntungan dan kerugian menggunakan Paypal. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close