Skip to main content

Fungsi Title Bar Pada Microsoft Word, Excel dan PowerPoint

Fungsi Title Bar Pada Microsoft Word, Excel dan PowerPoint - Untuk kamu yang baru belajar Microsoft Word, salah satu hal penting yang harus diketahui adalah bagian-bagian aplikasi Microsoft Word.

Fungsi Title Bar Pada Microsoft Word, Excel dan PowerPoint
Fungsi Title Bar Pada Microsoft Word, Excel dan PowerPoint

Mulai dari menu-menu yang ada di Microsoft Word seperti Ribbon, area lembar kerja, Window Management, Ruler, Quick Access Toolbar, Help, Title Bar dan lain sebagainya.

Salah satu bagian yang akan kita bahas khusus hari ini adalah bagian Title Bar. Untuk kamu yang belum tahu pengertian dan fungsi Title Bar, silahkan ikuti penjelasan singkat berikut ini.

Pengertian dan Fungsi Title Bar di Microsoft Word


Apa itu Title Bar?

Title Bar adalah bagian dari Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan informasi nama file dokumen yang sedang dibuka. Sesuai dengan namanya, Title Bar (judul) terletak di bagian tengah atas aplikasi Microsoft Word.

Sederhananya, Title Bar bisa dikatakan sebagai identitas dari suatu file dokumen Microsoft Word karena tidak satu pun file yang memiliki nama yang sama. Jika kamu menginstal aplikasi Microsoft Word 2010 dan 2013 dalam satu laptop, maka ketika membuka Word 2010, maka Title Bar akan bernama Document1 dan pada Word 2013 akan bernama Document2.

Document1, Document2 dan seterusnya pada Microsoft Word menandakan bahwa file belum tersimpan. Untuk mencegah kehilangan dokumen, sebaiknya sebelum mengetik pada Microsoft Word, sebaiknya Save terlebih dahulu file.


Fungsi Title Bar



1. Menampilkan Nama Dokumen

Jika kamu membuka file Word yang tersimpan, maka secara otomatis nama file akan ditampilkan pada Title Bar. Jika membuat dokumen baru, maka secara otomatis Title Bar akan menampilkan Document1 pada Microsoft Word. 

Berbeda dengan Title Bar pada Microsoft Excel dan Powerpoint.
  • Document1 - Microsoft Word
  • Book1 - Microsoft Excel
  • Presentation1 - Microsoft PowerPoint
2. Maximize Window

Area sekitar Title Bar bisa digunakan untuk Maximize Window atau menampilkan ukuran jendela aplikasi Microsoft Word secara penuh. Caranya hanya dengan klik 2 kali pada area sekitar Title Bar. 

Sebaliknya, jika jendela aplikasi dalam keadaan layar penuh, maka dengan klik 2 kali area sekitar Title Bar akan mengembalikan ukuran jendela seperti sebelumnya.

3. Memindahkan Window

Area sekitar Title Bar juga bisa digunakan untuk memindahkan posisi aplikasi aktif ke kiri atau kanan sesuai kebutuhan. Cara menggesernya cukup dengan klik kiri dan tahan pada area sekitar Title Bar kemudian pindahkan ke posisi yang diinginkan.

Kesimpulan

Pada dasarnya Title Bar pada Microsoft Word memiiki fungsi yang sama pada aplikasi Microsoft Excel dan Powerpoint. Sama-sama untuk menampilkan informasi nama dokumen yang sedang dibuka.


Demikianlah pengertian dan fungsi Title Bar pada Microsoft Word, Excel dan PowerPoint. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close