--> Skip to main content

Menu-menu Pada Microsoft Word Dan Fungsinya

Menu-menu Pada Microsoft Word Dan Fungsinya - Bagi kamu pengguna laptop Windows, tentu tidak asing dengan software dari Microsoft yang satu ini, yakni Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata yang satu ini sangat penting untuk anak sekolah, kuliah bahkan sampai dunia kerja.

Menu-menu Pada Microsoft Word Dan Fungsinya
Gambar Menu-menu Pada Microsoft Word Dan Fungsinya

Tidak heran jika belajar Microsoft Word adalah hal wajib bagi semua orang saat ini. Bagi kamu yang sudah terbiasa, tentu tidak memiliki kendala berarti dalam mengoperasikan lembar kerja Microsoft Word. 

Namun bagi kita yang baru mulai, tentu Microsoft Word terlihat cukup rumit karena memiliki sangat banyak menu yang beragam. Itu hanya tampilannya aja, setelah belajar sekitar 10 menit bersama Anaktekno.com, kami pastikan kamu kamu akan menguasai dan mahir Microsoft Word paling tidak untuk hal-hal yang dasar dan sering digunakan saat membuat dokumen di Word. 

Pada kesempatan ini, mengawali pembahasan tentang Microsoft Office Word, kita akan membahas menu-menu Microsofot Word dan fungsinya lengkap dengan gambar.

Apa itu Microsofot Word?


Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang sangat populer. Bisa dikatakan aplikasi ini menjadi standar pembuatan dokumen yang wajib bagi hampir semua instansi.

Aplikasi pengolah kata Microsoft Word dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa dunia, Microsoft. Microsoft Word tergabung dalam paket aplikasi Microsoft Office yang terdiri dari beberapa aplikasi lainnya seperti:
  • Microsoft Excel (Pengolah Kata)
  • Microsoft Powerpoint (Untuk presentase)
  • Microsoft Access (database)
  • Microsoft Outlook
  • Microsoft Publisher, dan lainnya.
Microsoft Word atau biasa disingkat Ms Word adalah aplikasi terpisah dari sistem operasi Windows. Windows sendiri memiliki aplikasi pengolah kata bawaan bernama Wordpad. Namun fungsi Microsoft Word jauh lebih lengkap walaupun juga memakan memori yang banyak.

Beberapa tahun yang lalu Microsoft Word 2007 merupakan yang paling populer. Saat ini, banyak yang menggunakan Microsoft Word 2010, 2013 atau pun 2016. Meskipun demikian, Ms Word 2007 juga belum ditinggalkan. 

Kembali ke topik, kita akan membahas cara belajar Ms Office yang mudah dan paling dasar terlebih dahulu.

Bagian-bagian Microsoft Word


Untuk memudahkan kita belajar Microsoft Word, kita harus mengenal bagian-bagian utama Ms Word terlebih dahulu. Berikut ini bagian-bagian penting untuk diketahui saat pertama kali belajar Microsoft Word. 
  1. Quick Access Toolbar

  2. Quick Access Toolbar adalah kumpulan icon yang terletak di sebelah kiri atas. Sesuai dengan namanya, Quick Access Toolbar bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses menu yang sering digunakan. 

    Contohnya Save, Undo, Redo, New, Open, dll. Icon yang terletak paling kanan merupakan Customize Quick Access Toolbar yang berfungsi untuk mengubah susunan atau menu pada Quick Access Toolbar. 

    Letak : Sebelah kiri atas
    Fungsi : Mengakses tool tertentu secara cepat.

  3. Menu Bar

  4. Menu Bar adalah sekumpulan menu-menu yang setiap menunya terdiri dari submenu (Toolbar) dengan berbagai elemen untuk keperluan edit dokumen. Menu Bar terletak di bawah Quick Access Toolbar dan Title Bar yang berjejer rapi. 

    Menu Bar ini adalah yang paling penting dan harus dikuasai saat ingin mahir menggunakan Microsoft Word. Untuk pemula, Menu Home dan Insert adalah hal pertama yang harus dipelajari. 

    Contoh yang paling sering dilakukan pada Menu Home pada elemen Font berfungsi untuk mengubah jenis huruf dan ukurannya sedangkan pada elemen Paragraph berfungsi untuk mengatur perataan paragraf dan jarak antar baris. 

    Menu Bar Ms Word terdiri dari beberapa tab:
    • Home
    • Insert
    • Page Layout
    • References
    • Mailings
    • Review
    • View
    Pada Microsoft Word 2007, terdapat menu Office Button yang fungsinya sama dengan Menu File pada Microsoft Word 2010 dan 2016. 

    Baik Office Button maupun File, sama-sama berfungsi untuk manajemen file. 

    Berikut ini menu-menu dalam Office Button atau Menu File:
    • Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen word.
    • Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen word dalam file yang berbeda.
    • Open : berfungsi untuk membuka media penyimpanan untuk mencari file dokumen word yang akan diedit.
    • Close : berfungsi untuk menutup lembar kerja Ms Word tempat mengetik dokumen.
    • Recent : berfungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen baru dibuka.
    • New : berfungsi untuk membuat dokumen baru.
    • Print : berfungsi untuk mencetak dokumen melalui printer.
    • Save & Send : berfungsi untuk menyimpan dokumen ke dalam web, blog, atau pun mengirim lewat email.
    • Help : berfungsi untuk mengakses menu bantuan menggunakan Microsoft word, termasuk menampilkan informasi tentang Ms word seperti versi dan product ID.
    • Options : berfungsi untuk menampilkan Word Options untuk mengatur Ms word. Menu ini sering digunakan juga untuk setting Ms word agar tersimpan otomatis supaya dokumen jangan hilang jika laptop atau komputer tiba-tiba mati. 
    • Exit : berfungsi untuk menutup aplikasi Microsoft Word.
  5. Title Bar

  6. Title Bar adalah judul file dokumen yang sekarang terbuka. Letak Title Bar berada di sebelah paling atas dan pada posisi tengah.

    Pada gambar bagian-bagian Microsoft Word di atas, judul dokumennya adalah Document1 - Microsoft Word yang menandakan kalau dokumen belum disimpan. Silahkan save dengan menekan tombol CTRL + S pada keyboard agar dokumen tidak hilang.
    • Letak : Sebelah atas posisi tengah
    • Fungsi : Menampilkan judul dokumen yang terbuka.
  7. Ribbon Tool

  8. Ribbon Tool adalah submenu dari setiap menu bar Microsoft Word yang berisi berbagai elemen. Pengelompokkan elemen-elemen ini disesuaikan dengan menu bar agar memudahkan pengguna menggunakan Ms Office Word. 

    Tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan dalam ribbon tool Microsoft Word 2007 dan 2010 sehingga kamu yang sudah terbiasa menggunakan Word 2007 tidak akan kesulitan dalam menggunakan Ms Word versi terbaru.

  9. Control Window

  10. Pada Windows setiap software memiliki control window ini dan terletak di sebelah kanan atas setiap membuka aplikasi. Tak terkecuali pada Microsoft Word. Control window ini berfungsi sebagai pengontrol jendela aplikasi yang sedang dibuka. 

    Terdapat 3 fungsi tombol Control Windows Microsoft Word:
    1. Minimize berfungsi untuk meminimalkan tampilan jendela dengan menutup sementara aplikasi yang sedang aktif namun tetap berjalan di background. Untuk menampilkan kembali Microsoft Word yang di-minimize klik icon Ms Word di Menu Bar.
    2. Maximize berfungsi untuk menampilkan tampilan Microsoft Word dalam layar penuh atau sebaliknya.
    3. Close berfungsi untuk menutup Microsoft Word.
  11. Navigation

  12. Navigation adalah menu yang terletak di sebelah kiri lembar kerja Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan tab of contents atau daftar isi dokumen. Selain itu, fungsi navigation yang paling penting adalah untuk mencari kata tertentu dalam dokumen. 

    Cara menampilkan menu navigation Microsoft Word:
    1. Masuk ke tab View pada elemen Show.
    2. Centang Navigation Pane.
    3. Pada tampilan Ms Word, akan terdapat menu baru Navigation yang terletak di sebelah kiri lembar kerja.
  13. Ruler

  14. Ruler adalah dalam bahasa Indonesia penggaris atau mistar berfungsi sebagai pembatas untuk mengatur garis tepi (margin) halaman lembar kerja Microsoft Word.

    Pada Ruler atas terdapat left margin, right margin, First Line Indent, Left Indent, Hanging Indent dan Right Indent. Sedangkan pada Ruler bawah terdapat Top Margin dan Bottom Margin.

    Namun untuk atur Margin, sebaiknya dilakukan secara otomatis untuk seluruh halaman. 

    Cara Setting Margin Otomatis Semua Halaman:
    1. Masuk ke tab Page Layout
    2. Pada element Page Setup, klik Margins
    3. Pilih Custom Margins
    4. Pada jendela Page Setup yang muncul, atur Margins
    5. Misalnya Margin 4333, maka pada Top isi 3 cm, Left 4 cm, Bottom 3 cm, dan Right 3 cm.
    Cara Menampilkan Ruler yang hilang di Microsoft Word:
    1. Masuk ke tab View > elemen Show
    2. Aktifkan Ruler dengan cara centang.
    3. Maka secara otomatis Ruler akan tampil kembali.
    4. Jika belum tampil, lihat icon di atas Scroll Bar, klik untuk View Ruler.
  15. Workspace

  16. Workspace adalah halaman kerja tempat untuk mengetik di Word yang terletak di tengah aplikasi dan berwarna putih layaknya kertas. Di halaman kerja ini kita akan menulis dan edit dokumen seperti atur huruf, paragraf,  memasukkan gambar dan lain sebagainya.

  17. Scroll Bar

  18. Scroll Bar terletak pada sisi workspace yang berfungsi untuk menggulung halaman aktif ke atas atau ke bawah. Scroll Bar kanan untuk menggeser tampilan lembar kerja secara vertikal dan Scroll Bar bawah untuk menggeser tampilan lembar kerja secara horizontal.

  19. Page Info

  20. Page Info terletak di sebelah kiri bawah Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan informasi lembar kerja seperti jumlah halaman dan halaman aktif, jumlah kata, koreksi kata, serta atur bahasa teks. 

  21. Page View

  22. Page View terletak di sebelah kanan bawah lembar kerja Ms Word dan berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja. Zoom out untuk memperkecil tampilan lembar kerja dan zoom in untuk memperbesar tampilan lembar kerja.

Menu Bar Microsoft Word Dan Fungsinya


Secara garis besar, Anaktekno.com membagi 2 bagian utama Microsoft Word, yaitu Menu Bar dan Submenu Bar atau disebut juga Toolbar atau Ribbon Tool. Kedua bagian ini menjadi dasar yang harus dipelajari saat baru mengenal Ms Word.

Menu Bar terdiri dari :
  1. Home
  2. Insert
  3. Page Layout
  4. References
  5. Mailings
  6. Review
  7. View
  8. Format
  9. Design
  10. Layout
Catatan:
  • Menu Bar lainnya adalah Format yang akan tampil saat insert Picture.
  • Menu bar Design akan tampil saat insert Table.
  • Menu bar Layout akan tampil saat insert Table.
  • Menu Bar Design juga tampil saat insert Header dan Footer.

Ribbon Tool terdiri dari:

  1. Home
    • Clipboard
    • Font
    • Paragraph
    • Styles
    • Editing
  2. Insert
    • Pages
    • Tables
    • Illustrations
    • Links
    • Header & Footer
    • Text
    • Symbols
  3. Page Layout
    • Themes 
    • Page Setup
    • Page Background
    • Paragraph
    • Arrange
  4. References
    • Table of Contents
    • Footnotes
    • Citation & Bibliography
    • Captions
    • Index
    • Table of Authorities
  5. Mailings
    • Create
    • Start Mail Merge
    • Write & Insert Fields
    • Preview Results
    • Finish
  6. Review
    • Proofing
    • Language
    • Comments
    • Tracking
    • Changes
    • Compare
    • Protect
  7. View
    • Document Views
    • Show
    • Zoom
    • Window
    • Macros
  8. Format

  9. Tab Format muncul pada Menu Bar saat memasukkan gambar ke dalam lembar kerja Word.
    • Adjust
    • Picture Styles
    • Arrange
    • Size
  10. Design

  11. Tab Design muncul pada Menu Bar saat Insert Table ke workspace atau lembar kerja.
    • Table Style Options
    • Table Styles
    • Draw Borders
  12. Layout

  13. Tab Layout muncul pada Menu Bar saat Insert Table.
    • Table
    • Rows & Columns
    • Merge
    • Cell Size
    • Alignment
    • Data

Fungsi Menu Bar Microsoft Word


Berikut ini fungsi menu Bar Ms Office Word singkat:
  1. Menu Home
    • Berfungsi untuk mengatur jenis dan ukuran huruf.
    • Untuk mewarnai huruf dan latar belakang huruf.
    • Untuk mencetak huruf tebal, miring dan garis bawah.
    • Untuk mengatur rata kiri, rata tengah, rata kanan, rata kanan dan kiri paragraf.
    • Untuk mengatur spasi antar baris dan lain sebagainya.
  2. Menu Insert
    • Berfungsi untuk memasukkan gambar ke Word.
    • Memasukkan Tabel, Shape, Grafik, 
    • Untuk memasukkan hyperlink ke dokumen.
    • Untuk memasukkan header, footer dan page number.
    • Untuk memasukkan WordArt pada text.
    • Untuk memasukkan rumus dan simbol Matematika, dan lain sebagainya.
  3. Menu Page Layout
    • Berfungsi untuk mengatur margins halaman kerja.
    • Untuk mengatur tampilan halaman potrait atau landscape.
    • Untuk mengatur ukuran kertas.
    • Untuk membagi halaman menjadi 2 kolom.
    • Untuk memasang watermark, mengganti warna halaman, dan page borders.
  4. Menu References
    • Berfungsi untuk membuat Table of Contents
    • Untuk insert Footnote, citation dan daftar pustaka otomatis.
    • Kita juga bisa menambahkan Mendeley ke dalam Ms Word yang nantinya akan tampil di tab References ini.
    Mendeley adalah salah satu software gratis untuk membuat daftar pustaka otomatis yang banyak direkomendasikan.

  5. Menu Mailings
    • Berfungsi untuk Start Mail Merge untuk membuat undangan, sertifikat atau sejenisnya menjadi lebih mudah dan cepat.
  6. Menu Review
    • Berfungsi untuk spelling dan grammar, translate dokumen.
    • Untuk melindungi dokumen dengan membatasi editing (Restrict Editing).
  7. Menu View
  • Berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen yang meliputi Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline dan Draft.
  • Untuk menampilkan Ruler, Grindlines dan Navigation Pane pada lembar kerja.
  • Untuk mengatur tampilan lembar kerja seperti zoom in dan zoom out, tampilan 1 halaman, 2 halaman.
  • Untuk split halaman dengan membagi dua tampilan lembar kerja.
Kesimpulan

Penjelasan di atas menggunakan tampilan Microsoft Word 2010. Untuk versi lainnya tidak jauh berbeda. Jadi silahkan improvisasi.

Belajar Microsoft Word pun harus mengenal sedikit teori agar bisa lebih cepat. Namun apapun itu, praktik dan terbiasa menggunakan Microsoft Word akan sangat membantu seberapa cepat kita bisa membuat dokumen dengan Microsoft Word. Entah itu laporan, makalah, skripsi, tesis, disertasi, atau pun lainnya. 

Menghafal nama-nama tool di Microsoft Word tidak akan banyak membantu jika tidak dilakukan secara langsung. Karena intinya adalah bagaimana kita bisa mengetahui letak tool tersebut saat edit dokumen dengan cepat.

Dan yang paling penting saat ini adalah bagaimana kita bisa belajar memanfaatkan internet. Misalnya saat kita belum tahu cara membuat daftar pustaka otomatis di Word, maka tulis saja kata kunci tersebut di Word. Nanti akan muncul panduan cara buat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word.

Selanjutnya Anaktekno.com akan membahas lebih banyak tutorial Microsoft Word dari yang paling dasar hingga bisa membuat dokumen dalam berbagai format dan bentuk. Silahkan hubungi kontak kami untuk request tutorial seputar teknologi.


Demikianlah menu-menu Microsofot Word dan fungsinya lengkap dari bagian-bagian Ms Word, menu bar dan ribbon tool, termasuk Office Button. Selamat belajar dan perbanyak latihan. Terima kasih atas kunjungannya!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close