--> Skip to main content

Pengertian Office Button: Menu-menu & Fungsi Office Button

Pengertian Office Button: Menu-menu & Fungsi Office Button - Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata terbaik di dunia memiliki sejumlah kelebihan bagi penggunanya. Selain diperkaya dengan fitur yang sangat lengkap, juga susunan menu-menunya didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna dalam membuat dokumen dan mengaturnya.

Pengertian Office Button: Menu-menu & Fungsi Office Button
Pengertian Office Button: Menu-menu & Fungsi Office Button

Salah satunya melalui menu Office Button yang berisi menu-menu untuk melakukan fungsi-fungsi utama dan dasar dalam Microsoft Word. Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu Office Button dan fungsinya, hari ini Anaktekno.com akan membahasnya secara lengkap.

Pengertian Office Button


Apa itu Office Button?

Office Button adalah salah satu bagian dari Microsoft Word yang terletak di sebelah kiri atas tampilan aplikasi. Jika kamu mencarinya sekarang, mungkin kamu akan kesulitan menemukan letak icon Office Button ini.

Tombol Office Button berupa icon yang menyerupai logo Microsoft berbentuk bulat hanya ditemukan di Microsoft Word 2007.

Di Word 2010, 2016 dan versi terbarunya Office 2019, Office Button digantikan oleh Menu yang juga berisi menu-menu yang memiliki fungsi yang sama dengan Office Button.

Jadi, tidak ada lagi tombol Office Button saat ini karena telah digantikan oleh Menu File, kecuali kamu masih setia menggunakan Ms Word 2007. 

Fungsi Office Button Microsoft Word 2007


Berikut ini menu-menu Office Button dan fungsinya pada Microsoft Word 2007:
  1. New

  2. New berfungsi untuk membuat dokumen baru dengan membuka lembar kerja baru di jendela lain. Untuk melakukan fungsi ini secara cepat, kita bisa menggunakan shortcut CTRL + N pada keyboard laptop atau komputer.

  3. Open

  4. Open berfungsi untuk membuka dokumen Word yang tersimpan di media penyimpanan C, D atau E pada hardisk laptop atau komputer. Pada dasarnya, fungsi Open adalah untuk membuka dokumen yang telah dibuat dan tersimpan, entah dengan tujuan mengedit dokumen atau pun hanya melihat dokumen. Untuk mengakses menu ini secara cepat, bisa menggunakan shortcut CTRL + O pada keyboard.

  5. Save

  6. Save berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sedang dibuat agar tersimpan di media penyimpanan. Sebagai tips, sebaiknya simpan dokumen penting di partisi selain partisi sistem (C) agar ketika bermasalah dengan sistem operasi Windows dan harus instal ulang, file Word tidak hilang.

    Untuk menyimpan dokumen secara cepat, bisa menggunakan shortcut CTRL + S yang nantinya akan menampilkan kotak dialog Save As dimana kita bisa mengatur letak dokumen, nama file dan tipe file.

    Save as type pada 2007 :
    • Word Document
    • Word 97-2003 Document agar format dokumen tidak berubah jika dibuka di Word versi lain.
    • Belum terdapat save as type PDF pada Word 2007. (CMIIW)
    Penting untuk diketahui, untuk dokumen yang telah tersimpan, CTRL + S akan menyimpan setiap perubahan terbaru pada dokumen. Sebaiknya selalu tekan CTRL + S setiap selesai mengedit agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita tidak perlu edit ulang dokumen.

  7. Save As

  8. Fungsi Save As pada tombol Office Button terlihat sama dengan fungsi Save namun sebenarnya tujuannya sangat berbeda. Save ketika itu dokumen baru, maka akan menampilkan jendela untuk Save As. Sedangkan Save As sendiri ketika diklik maka akan menyimpan dokumen dalam file baru.

    Tujuan dari Save As ini dalam menyimpan dokumen lama dalam bentuk file lainnya biasanya dilakukan saat ingin menambahkan sesuatu pada file lama namun tetap ingin mempertahankan file lama. Solusinya adalah dengan membuat file baru dengan fungsi Save As.

    Atau pun ingin membuat file dengan format file yang berbeda, maka Save As adalah solusinya.

  9. Print

  10. Print adalah tombol yang berfungsi untuk mencetak dokumen dalam bentuk hardcopy (kertas) melalui printer. Pastikan Printer telah terhubung dengan laptop dan statusnya ready agar bisa mencetak dokumen.

    Sebelum print, sebaiknya lakukan Print Preview untuk melihat hasil print nantinya. Gunakan Print untuk atur printer yang akan digunakan, jumlah halaman yang akan dicetak, memilih halaman yang akan diprint dan lainnya. Jika hanya terdapat beberapa lembar saja, bisa gunakan Quick Print. 

    Untuk melakukan print dengan cepat, bisa menggunakan tombol cepat CTRL + P pada keyboard.

  11. Prepare

  12. Prepare pada Office Button berfungsi untuk menyiapkan dokumen sebelum dibagikan. Di sini kita bisa mengatur properti dokumen seperti inspect author, mengunci dokumen, cek kompabilitas versi Ms Word.

    Berikut ini beberapa properties yang bisa diatur pada menu Prepare:
    • Encrypt Document untuk mengunci dokumen dengan kata sandi atau password.
    • Mark as Final untuk membuat dokumen hanya bisa read-only document dan tidak bisa diedit.
    • Restrict Permission membatasi pengeditan pada dokumen.
    • Add a Digital Signature untuk menambahkan tanda tangan digital.
    • Run Compatibility Checker untuk cek format yang tidak didukung oleh versi Microsoft Word lainnya.
  13. Send

  14. Send berfungsi untuk mengirim dokumen yang telah dibuat lewat email email atau internet fax.

  15. Publish

  16. Publish berfungsi untuk mempublikasikan dokumen seperti ke blog. Untuk menampilkan dokumen Word sendiri di blog, biasanya blogger menggunakan fitur embed dan dokumen sudah disimpan di Google Drive.

  17. Close

  18. Close berfungsi untuk menutup jendela lembar kerja aktif pada Microsoft Word.

  19. Recent Documents

  20. Recent Documents berfungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen terbaru yang baru dibuat atau edit dengan daftar atas yang paling terakhir dibuka. Tujuan dari recent documents adalah memudahkan kita dalam menemukan dokumen yang terakhir dibuka.

  21. Word Options

  22. Word Options adalah setting aplikasi Microsoft Word secara umum yang meliputi menu General, Display, Proofing, Save, Language, Customize Ribbon, Quick Access Toolbar, dan lain sebagainya.

  23. Exit Word

  24. Exit Word berfungsi untuk menutup aplikasi Microsoft Word. Perbedaan Exit dan Close pada aplikasi Microsoft Word adalah Close untuk menutup lembar kerja sedangkan Exit untuk menutup aplikasi.

Fungsi Office Button Pada Microsoft Word 2010


Berikut ini fungsi Office Button pada Microsoft Word 2010 yang mana tampilannya tidak jauh berbeda dari versi Word 2007 maupun versi terbaru 2016 dan 2019.

Khusus pada menu Office Button, tidak terdapat lagi di Microsoft Word 2010 ke atas karena digantikan oleh menu File. Office Button hanya terdapat pada Word 2007 yang meskipun demikian, memiliki fungsi yang hampir sama. Hanya saja, fitur menu File lebih lengkap.

Fungsi Office Button Microsoft Word:

  1. Save

  2. Save berfungsi untuk menyimpan dokumen ke media penyimpanan. Pastikan untuk selalu save dokumen terlebih dahulu agar file lebih aman. 

  3. Save As

  4. Save As berfungsi untuk menyimpan dokumen lama menjadi file baru. Nantinya akan terdapat 2 file dokumen. 

  5. Open

  6. Open berfungsi untuk membuka dokumen lama yang sudah tersimpan di media penyimpanan.

  7. Close

  8. Close berfungsi untuk menutup lembar kerja Microsoft Word yang aktif.

  9. Info

  10. Pada Office Button Word 2007, Info ini merupakan Prepare di Word 2010.

    Beberapa properties yang bisa diatur dalam menu Info ini adalah sebagai berikut:

    Protect Document untuk mengatur Permissions atau izin untuk open, copy, mengubah bagian dalam dokumen yang meliputi:
    1. Mark as Final untuk menjadikan dokumen hanya bisa dibaca atau read only.
    2. Encrypt with Password untuk mengunci dokumen Word dengan kata sandi atau password saat akan dibuka.
    3. Restrict Editing untuk mengontrol tipe perubahan yang bisa dilakukan terhadap dokumen.
    4. Restrict Permission by People.
    5. Add a Digital Signature untuk menambahkan tanda pengenal digital untuk memastikan integritas dokumen.
    - Check for Issues untuk mengatur properti dokumen dan author's name sebelum file dibagikan (Prepare for Sharing) yang meliputi: 
    1. Inspect Documment untuk cek dokumen untuk sembunyikan properti atau informasi pribadi.
    2. Check Accessbility.
    3. Check Compatibility untuk cek fitur yang tidak didukung versi Word sebelumnya.
  11. Recent

  12. Rencen berfungsi untuk menampilkan daftar dokumen-dokumen Word yang terakhir diakses. Pada Microsoft Word 2010 lebih lengkap karena menampilkan Recent Documents dan Recent Places.

  13. New

  14. Fungsi New untuk membuat dokumen baru di Microsoft Word di jendela baru.

  15. Print

  16. Untuk menampilkan menu Print dokumen dimana kita bisa mengatur jumlah dan halaman yang akan dicetak. 

    Pengaturan cetak dokumen Word 2010:
    1. Copies menunjukkan berapa kali dokumen dicopy (rangkap)
    2. Printer untuk melihat printer yang ready.
    3. Settings 
    • Print All Pages untuk cetak semua halaman dokumen.
    • Print Current Page untuk cetak hanya halaman dokumen yang dipilih.
    • Print Custom Range untuk cetak halaman dokumen custom halaman sesuai dengan yang diinput. Misalnya 1-3 maka akan cetak dokumen halaman 1 sampai 3. Jika 3-1 maka akan cetak dokumen 3 sampai halaman 1. Trik ini bisa digunakan agar ketika cetak dokumen, kita tidak perlu menyusun halaman dari akhir ke awal lagi karena secara otomatis akan tersusun.
    • Letter untuk mengatur jenis kertas.
    • Margins untuk atur tepi baris lembar kerja.
    • Page per sheet untuk atur berapa halaman dalam 1 kertas.
  17. Save & Send

  18. Save & Send berfungsi untuk mempublikasikan atau mendistribusikan dokumen yang telah dibuat lewat Email, simpan ke web, save to sharepoint, publis ke blog.

    Di sini juga kita bisa ubah file types dokumen seperti simpan dalam document word default, word 97-2003, OpenDocument Text, Template, Plain Text, Create PDF/XPS Document, dan lain-lain.

  19. Help

  20. Untuk melihat menu bantuan dan options untuk customize bahasa, tampilan dan pengaturan lainnya. Pada menu ini, kita juga bisa check for updates aplikasi untuk mendapatkan versi Microsoft Office terbaru dan juga melihat lisensi Microsoft Word.

  21. Options

  22. Options merupakan menu untuk atur Word yang meliputi General, Display, Proofing, Save, Language, Advanced, Customize Ribbon, Quick Access Toolbar, Add-Ins dan Trust Center.

  23. Exit

  24. Exit untuk menutup aplikasi Microsoft Word 2010.
Kesimpulan

Tombol Office Button hanya terdapat pada Microsoft Word 2007. Untuk Word 2010 dan di atasnya, Office Button telah digantikan oleh menu File yang mana terdapat beberapa perubahan, baik susunan menu maupun fitur-fiturnya. Walaupun demikian, fungsi Office Button dan menu File secara umum sama saja. 

Ke depannya Anaktekno.com akan berbagi tutorial-tutorial dasar Microsoft Word yang cocok menjadi panduan bagi kamu yang baru belajar Microsoft Word.


Demikianlah pengertian Office Button lengkap dengan menu-menu dan fungsi Office Button pada Microsoft Word 2007 dan Word 2010. Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close