Skip to main content

7 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Di Hp Android

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Di Hp Android - Bluetooth tidak berfungsi memang bukan masalah yang serius. Transfer file saat ini bisa menggunakan kabel data maupun aplikasi lainnya seperti ShareIt atau lewat Wifi.

7 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Di Hp Android
7 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Di Hp Android

Namun tentu Bluetooth tidak bisa connect  sangat mengganggu. Terlebih pada headset dan speaker Bluetooth yang mana memang koneksinya lewat Bluetooth. 

Kenapa Bluetooth tidak bisa menyambung?


Ada banyak penyebab Bluetooth tidak bisa terhubung di hp android. Namun pada dasarnya kerusakan atau masalah Bluetooth tidak berfungsi umumnya ada 2, yaitu tidak terdeteksi dan tidak bisa tersambung. 

Untuk masalah Bluetooth laptop, headset, dan speaker tidak terdeteksi di hp android umumnya disebabkan oleh kesalahan teknis sambungan. Solusinya bisa dengan merestart Bluetooth atau reset sambungan Bluetooth di kedua perangkat yang akan dihubungkan. 


Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Tersambung Di Hp Android


Terkait dengan Bluetooth tidak bisa terhubung, akan kita bahas berikut ini. 

1. Hubungkan ulang kedua perangkat

Cara paling mudah mengatasi Bluetooth tidak connect adalah dengan mematikan Bluetooth kedua perangkat dan mengaktifkannya kembali. Jika belum berhasil, bisa restart keua perangkat dan sambungkan ulang Bluetooth.

2. Pastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung

Penyebab Bluetooth tidak tersambung berikutnya adalah adanya perangkat lain yang telah terhubung dengan salah satu perangkat. Masalah seperti ini banyak ditemukan pada saat akan menghubungkan hp android dengan speaker atau headset Bluetooth. Untuk mengatasi masalah ini cukup matikan Bluetooth perangkat yang tidak digunakan.


3. Hapus perangkat yang dikenal

Merubah nama Bluetooth perangkat juga dapat membuat koneksi tidak bisa tersambung. Karena itu, jika Bluetooth tidak connect, sebaiknya hapus perangkat yang dikenal untuk memutuskan sambungan Bluetooth kemudian lakukan pemasangan ulang.

4. Bersihkan cache Bluetooth dan hapus data Bluetooth

Pada hp android, jika ada bug atau kesalahan pada aplikasi yang sebelumnya berjalan, dapat diperbaiki dengan menghapus data aplikasi, termasuk aplikasi bawaan seperti Bluetooth.

Berikut ini cara menghapus cache Bluetooth:
  1. Buka Pengaturan pada hp android > pilih Aplikasi & Izin.
  2. Pilih Pengelola Aplikasi > Klik tanda titik 3 (...) di pojok kanan atas kemudian pilih Tampilkan Sistem.
  3. Cari Bluetooth > Pilih Penyimpanan Internal > Hapus Cache.
Adapun cara hapus data Bluetooth adalah sebagai berikut:
  1. Buka Pengaturan (Settings) > Aplikasi & Izin.
  2. Pilih Pengelola Aplikasi klik tanda ... di pojok kanan atas kemudian pilih Tampilkan Sistem.
  3. Geser ke bawah sampai Bluetooth > Penyimpanan Internal > Hapus Data.
Catatan

Setiap hp android memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Di atas menggunakan hp Vivo Y20. Untuk hp Oppo, Xiaomi, Realme, Samsung, Honor, Huawei, dan lainnya, silahkan disesuaikan sendiri.

5. Perhatikan jarak kedua perangkat

Bluetooth tidak connect juga bisa disebabkan oleh jarak kedua perangkat yang terlalu jauh. Seperti diketahui, jarang maksimal Bluetooth hanya sekitar 10 meter. Di luar jarak tersebut, otomatis koneksi akan terputus.


6. Pastikan baterai tidak dalam keadaan lemah

Jika daya baterai hp android lemah, maka beberapa aplikasi tidak akan bisa dijalankan. Termasuk blits kamera, senter, dan mungkin juga Bluetooth. Karena itu, sebaiknya jangan biarkan baterai dalam keadaan lemah dan segera charger hp saat daya berada di 20%.

7. Reset Bluetooth Speaker

Jika masalah ada pada Bluetooth speaker atau headset, maka cara mengatasinya adalah dengan mematikan dan menyalakan ulang perangkat speaker atau headset. Jika belum bisa disambungkan, maka bisa melakukan reset speaker dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Pertama pastikan headset atau speaker Bluetooth dalam keadaan nonaktif.
  2. Tekan dan tahan tombol Power selama 5 detik.
  3. Lepas tombol Power dan nyalakan ulang seperti biasanya.
Cara menyambungkan Bluetooth ke mobil yang tidak bisa connect bisa dengan restart tape mobil dan hubungkan ulang. Jika Bluetooth mobil tidak terdeteksi, pastikan pengaturan sambungan tape mobil mode Bluetooth. Namun umumnya koneksi audio mobil bisa lewat Wifi atau pun flashdisk. 


Demikianlah cara mengatasi Bluetooth tidak bisa tersambung di hp android. Saya harap tutorial di atas dapat menjadi solusi memperbaiki Bluetooth yang tidak bisa terhubung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close