Skip to main content

Kenapa Bluetooth Hp Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker?

Kenapa Bluetooth Hp Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker? Pertanyaan ini diajukan oleh tetangga saya yang baru beli hp Vivo dan tidak bisa tersambung dengan speaker Bluetooth yang biasa digunakan. Selengkapnya, ikuti panduan di bawah ini. 

Kenapa Bluetooth Hp Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker?
Kenapa Bluetooth Hp Tidak Bisa Tersambung Ke Speaker?

Bleutooth umumnya digunakan untuk transfer file dari hp ke hp atau dari hp ke laptop. Namun hari ini Bluetooth hp atau laptop lebih sering digunakan untuk memutar audio di speaker Bluetooth atau headset Bluetooth.

Seperti diketahui, saat ini lagi populer speaker Bluetooth tanpa kabel. Khususnya speaker Bluetooth dengan suara full bass banyak dicari. Mulai dari harga murah sampai dengan yang cukup mahal.

Namun banyak juga yang bingung dengan cara menyambungkan hp dengan speaker Bluetooth. Beberapa kendalanya adalah Bluetooth tidak bisa menyambung atau tidak terdeteksi di hp.

Kenapa Bluetooth tidak bisa tersambung ke Speaker?


Ada 2 penyebab umum kenapa Bluetooth hp atau laptop tidak tersambung ke Speaker Bluetooth. Yang pertama adalah Bluetooth hp dan speaker Bluetooth belum pernah dipasangkan sebelumnya. Seperti kasus tetangga saya dimana menggunakan hp baru yang mana belum pernah dipasangkan terlebih dahulu.

Yang kedua adalah ada perangkat lain yang terhubung dengan spekaer Bluetooth. Hal ini bisa terjadi jika ada beberapa perangkat yang pernah terhubung dan Bluetoothnya sedang aktif. 

Bisa juga ada teman yang iseng mengaktifkan Bluetooth hp-nya untuk dihubungkan dengan speaker Bluetooth tersebut terlebih dulu. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat semua perangkat aktif di sekitar kita. 

Kenapa Bluetooth Speaker Tidak Terdeteksi?


Masalah Bluetooth Speaker tidak terdeteksi umumnya karena jarak antar hp dan speaker yang terlalu jauh. Pada dasarnya, area jangkauan Bluetooth hanya sekitar 10 meter saja. Lewat dari itu, Bluetooth tidak akan terhubung. 

Selain jarak, speaker Bluetooth tidak terdeteksi bisa disebabkan oleh tidak aktifnya mode Bluetooth pada speaker. Beberapa speaker Bluetooth dilengkapi dengan beberapa mode sambungan seperti Bluetooth, Wifi, flashdisk, kabel data, dan sebagainya. 

Cara Mengatasi Bluetooth Hp Tidak Tersambung Ke Speaker


Berikut ini langkah-langkah mengatasi Bluetooth hp tidak terhubung ke speaker:
  1. Aktifkan Bluetooth hp dan speaker Bluetooth.
  2. Pada hp, lakukan pencarian perangkat yang tersedia.
  3. Temukan nama perangkat speaker Bluetooth dan hubungkan. 
  4. Setelah terhubung, silahkan putar musik atau audio di hp.
  5. Selesai.
Catatan:

Cara di atas merupakan solusi untuk kamu yang belum pernah menghubungkan hp dan speaker Bluetooth tersebut sebelumnya. Jika pernah terhubung sebelumnya, saat kita menyalakan Bleutooth hp dan speaker lagi, secara otomatis perangkat akan terhubung.


Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Terhubung Ke Speaker Bluetooth


Berikutnya adalah cara mengatasi tidak bisa terhubung ke Speaker Bluetooth:
  1. Matikan speaker Bluetooth terlebih dahulu.
  2. Aktifkan Bluetooth hp dan speaker Bluetooth kembali.
  3. Hubungkan dengan cepat agar tidak ada perangkat lain yang terhubung lebih dulu.
  4. Dipastikan hp dan speaker Bluetooth akan terhubung kembali.
Catatan:

Jika masih belum bisa terhubung, minta teman-temanmu untuk mematikan Bluetooth perangkat mereka. Biasanya ada yang memang sengaja iseng atau pun tidak sengaja menyalakan Bluetooth di hp-nya. Lakukan reset speaker Bluetooth juga untuk menghapus semua perangkat yang pernah connect dengan speaker.

Cara Mereset Speaker Bluetooth


Cara lain memperbaiki speaker Bluetooth yang tidak bisa konek adalah melakukan reset speaker. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Pastikan speaker dalam keadaan nonaktif.
  2. Tekan dan tahan tombol Power speaker Bluetooth sekitar 5 detik.
  3. Lepas tombol Power kembali. 
  4. Nyalakan kembali speaker secara normal seperti biasanya.

Cara Memperbaiki Kerusakan Bluetooth Speaker


Kerusakan pada speaker Bluetooth yang paling umum adalah baterai yang cepat habis. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. 

Karena itu, saat membeli speaker Bluetooth, pertimbangkan kualitasnya. Pada dasarnya, ada harga ada kualitas. Selain suara bass, yang tidak kalah penting adalah memperhatikan daya baterai speaker Bluetooth. 

Kesimpulan

Masalah Bluetooth hp tidak bisa konek ke speaker Bluetooth bisa disebabkan oleh karena perangkat harus dihubungkan terlebih dahulu dan adanya perangkat lain yang terhubung lebih dulu.

Adapun jika Bluetooth tidak terdeteksi bisa disebabkan oleh jarak perangkat yang terlalu jauh atau mode Bluetooth belum aktif pada speaker.


Demikianlah penyebab kenapa Bluetooth hp tidak bisa tersambung ke speaker Bluetooth dan cara mengatasinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close