Skip to main content

5 Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri Di Hp Android Work 100%

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri Di Hp Android Work 100% - Bluetooth atau biasa disingkat BT merupakan salah satu media transfer file yang populer di zamannya. Harus diakui Bluetooth saat ini kalah saing dari aplikasi berbagi file lainnya seperti ShareIt yang lebih cepat, termasuk WhatsApp dan Google Drive yang juga biasa digunakan untuk media penyimpanan file dan kirim file jarak jauh. 

5 Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri Di Hp Android Work 100%
5 Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri Di Hp Android Work 100%

Namun bukan berarti Bluetooth benar-benar tidak digunakan. Hari ini Bluetooth lebih banyak digunakan untuk menyambungkan laptop atau hp android dengan speaker atau headset Bluetooth.

Salah satu masalah pada hp android saat ini adalah Bluetooth yang tiba-tiba hidup sendiri. Tentu ini bukan masalah yang besar, namun Bluetooth yang menyala sendiri dan sulit untuk dimatikan juga berdampak pada baterai yang cepat habis.

Kenapa Bluetooth sering nyala sendiri? Masalah Bluetooth nyala sendiri setelah hp diaktifkan juga pernah saya alami di hp Vivo. Namun ternyata Bluetooth tiba-tiba aktif sendiri secara otomatis juga dialami oleh pengguna smartphone merk lain seperti Oppo, Xiaomi Redmi, Vivo, Realme, dan lainnya. 

Karena itu, hari ini bersama Anaktekno.com kita akan membahas solusi Bluetooth sering nyala sendiri yang ketika dimatikan menyala kembali.

Kenapa Bluetooth Nyala Sendiri


Ada banyak penyebab Bluetooth aktif sendiri saat booting hp. Mulai dari pengaturan di hp sampai pada adanya Bug sistem operasi. Namun pada umumnya, penyebab Bluetooth nyala sendiri adalah karena pengaturan pada hp.

Selengkapnya berikut ini penyebab Bluetooth nyala sendiri secara otomatis:
  • Aktifnya Bluetooth Scanning pada pengaturan hp untuk meningkatkan Akurasi GPS sehingga Bluetooth bisa aktif sendiri.
  • Menginstall aplikasi yang membutuhkan izin Bluetooth sehingga tanpa sengaja diaktifkan saat aplikasi tersebut dibuka.
  • Bug pada sistem.
Setelah mengetahui penyebab Bluetooth hidup sendiri Vivo, Oppo, Xiaomi dan sebagainya, mari kita temukan solusinya di bawah ini.


Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri


Bagaimana cara mengatasi Bluetooth hidup sendiri?

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan yang terbukti ampuh mengatasi Bluetooth hidup sendiri di hp android:
  1. Restart hp

  2. Cara mengatasi Bluetooth aktif sendiri dan susah dimatikan yang paling pertama adalah dengan merestart hp. Jika setelah restart Bluetooth masih aktif sendiri, silahkan matikan hp (Nonaktif) beberapa saat kemudian aktifkan kembali.

    Restart hp diharapkan dapat menjadikan hp normal kembali. Selain itu, Restart hp juga penting untuk meningkatkan kinerja hp android yang lemot.

  3. Nonaktifkan Bluetooth Scanning

  4. Berikutnya adalah cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri dengan mematikan Bluetooth Scanning. Berikut ini langkah-langkahnya:
    1. Masuk ke Pengaturan > Lokasi
    2. Pengaturan Lokasi
      Pengaturan Lokasi
    3. Pilih Pencarian Wifi dan Bluetooth dan akan muncul 2 menu, yaitu Pemindaian Wifi dan Pindai untuk mencari Bluetooth (Bluetooth Scanning). 
    4. Pencarian Wifi dan Bluetooth
      Pencarian Wifi dan Bluetooth
    5. Matikan pilihan pada Pemindaian Bluetooth atau Bluetooth Scanning
    6. Nonaktifkan Bluetooth Scanning
      Nonaktifkan Bluetooth Scanning
    Diharapkan dengan pengaturan ini bisa mengatasi Bluetooth aktif sendiri di hp android.

  5. Hapus Data Bluetooth

  6. Cara memperbaiki Bluetooth aktif sendiri bisa juga dengan hapus data aplikasi Bluetooth. Caranya seperti berikut ini:
    1. Masuk ke Pengaturan (Settings) > Aplikasi dan Izin
    2. Setting Apps
      Setting Apps
    3. Pilih Pengelola Aplikasi > Klik titik 3 (...) di pojok kanan atas > Tampilkan Sistem
      tampil sistem
      Tampilkan sistem
    4. Cari Bluetooth dan pilih.
    5. Menampilkan aplikasi sistem
      Menampilkan aplikasi sistem
    6. Pada Bluetooth, pilih Penyimpanan Internal. 
    7. Klik Hapus Data dan Hapus Cache
    8. Hapus data dan cache selama bertahun-tahun
      Hapus data dan cache selama bertahun-tahun
    Jika Bluetooth susah dimatikan, silahkan klik Paksa Berhenti (Force Stop) untuk mematikan Bluetooth.

  7. Update System

  8. Beberapa masalah pada sistem bisa juga disebabkan oleh adanya bug dari sistem itu sendiri. Cara mengatasinya adalah dengan cara melakukan Pembaruan Sistem atau Update System.

    Untuk update system di hp Vivo dan sejenisnya, bisa masuk ke menu Pengaturan (Settings) > Pembaruan Sistem (Update System).

  9. Bawa ke Tempat Service Hp Terpercaya

  10. Solusi terakhir memperbaiki Bluetooth hp aktif sendiri adalah dengan membawanya ke tempat service terpercaya. Bluetooth hp aktif sendiri bukanlah masalah yang baru sehingga dipastikan mereka memiliki solusi terbaik.
Selain masalah sistem perangkat lunak, beberapa masalah yang tampil pada layar juga bisa saja disebabkan oleh masalah hardware atau perangkat keras. Entah harus ganti komponen atau chip tertentu dan sebagainya.

Kesimpulan

Cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri di hp android adalah dengan mengetahui kenapa Bluetooth aktif sendiri. Seperti dijelaskan di atas, tidak terlalu sulit untuk memperbaiki Bluetooth hp yang sering aktif sendiri.

Hanya saja, Pengaturan pada setiap hp android berbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan hp yang kamu gunakan. Beberapa cara yang disebutkan di atas telah berhasil mengatasi Bluetooth nyala sendiri di Vivo, Oppo, Xiaomi, Realmi, Samsung dan lain-lain.


Demikianlah kenapa Bluetooth nyala sendiri dan cara mengatasi Bluetooth hidup sendiri work 100%. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close