--> Skip to main content

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android Karena Alasan Keamanan

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android Karena Alasan Keamanan - Sebelumnya kita telah membahas penyebab dan cara mengatasi tidak bisa screenshot hp android. Di dalam tulisan tersebut, salah satu penyebab tidak bisa screenshot hp android karena pembatasan aplikasi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android Karena Alasan Keamanan
Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android Karena Alasan Keamanan

Memang hanya sebagian aplikasi yang tidak mengizinkan mengambil screenshot. Karena itu, banyak dari kita yang tidak menyadari kalau ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di screenshot. Pada akhirnya, kita sering merasa bingung kenapa hp tiba-tiba tidak bisa screenshot.

Padahal, bukan tiba-tiba fitur screenshot tidak berfungsi, namun memang kita tidak menyadarinya selama ini. Contohnya saja, coba buka mode incognito di browser Google Chrome dan lakukan screenshot. Maka tentu hasilnya aplikasi akan menolak dengan pesan App restrict, cannot capture screen on the interface.

Mengapa aplikasi tidak mengizinkan mengambil screenshot?


Sederhananya, sesuai dengan namanya, fitur screenshot pada hp android adalah fitur untuk menangkap layar hp. Alasan utama fitur ini adalah untuk membantu pengguna dalam menangkap tampilan layar hp. Misalnya saja informasi yang menarik untuk dishare atau pun bukti transaksi perbankan.

Namun beberapa aplikasi pihak ketiga membatasi dan tidak mengizinkan pengguna mengambil capture layar atau screenshot.

Kenapa aplikasi tidak mengizinkan screenshot?


Tentu saja kita tidak bisa screenshot beberapa aplikasi karena alasan kebijakan keamanan data privasi atau pun masalah hak cipta (copyright).

Contoh pembatasan aplikasi tidak dapat menangkap layar karena alasan keamanan data privasi bisa ditemukan pada aplikasi web browser dalam mode private windows pada Mozilla Firefox atau mode incognito pada Google Chrome di hp android.

Coba aja masuk ke menu mode incognito pada Google Chrome hp android dan lakukan screenshot, maka tentu hasilnya tidak akan bisa screenshot, termasuk juga tidak bisa screen recording, baik menggunakan aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga yang bisa didownload di Google Playstore.

Adapun pembatasan aplikasi dari segi hak cipta (copyright) sehingga tidak mengizinkan mengambil screenshot bisa ditemukan pada website-website tertentu seperti Webtoon, Netflix, VIU dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android Karena Alasan Keamanan


Sebenarnya ada banyak cara mengatasi tidak bisa screenshot hp android karena alasan keamanan. Misalnya saja pembatasan aplikasi web browser di mode incognito ternyata tidak semua sama oleh merk hp. 

Ada hp yang bisa screenshot di mode incognito ada juga yang memang tidak bisa. Adapun alasan tidak bisa screenshot karena alasan perlindungan hak cipta ada juga sebagian yang masih bisa discreenshot lewat website.

Namun untuk screenshot atau pun rekam layar (screen recording) aplikasi yang memang dibatasi tetap saja tidak bisa menyimpan hasil screenshot. Kalau pun bisa, pada dasarnya hasil screenshot atau rekam layar akan berwarna hitam saja.

Selain itu, alasan developer memberikan pembatasan agar pengguna tidak bisa screenshot layar hp tentu saja adalah keputusan mutlak yang harus dihargai. Jadi, tidak perlu mencari cara untuk mengatasi tidak bisa screenshot karena alasan keamanan.

Sebenarnya artikel ini ditulis karena beberapa kali saya mengalami kesulitan mengambil screenshot saat mengganti hp Samsung ke hp Vivo. Lebih tepatnya menggunakan 2 hp saat ini.

Untuk alasan keamanan username dan password internet banking, saya selalu login di web browser menggunakan mode incognito. Seperti pada umumnya, saat kita bertransaksi perbankan lewat online, tentu kita akan melampirkan bukti berupa screenshot. 

Di hp Samsung selama ini saya gunakan, tidak ada masalah untuk screenshot hp hasil transaksi. Karena terbiasa di hp Samsung, saya juga selalu login menggunakan incognito window di hp Vivo. Namun setiap kali selesai transaksi, hasilnya tidak pernah bisa discreenshot.

Awalnya saya pikir website internet banking yang mengupdate kebijakan keamanan mereka sehingga tidak bisa discreenshot. Namun ternyata setelah dicek lagi, mode incognito pada web browserlah yang tidak bisa discreenshot pada hp Vivo.

Karena itu, saat ini saat bertransaksi internet banking di hp Vivo, saya selalu login menggunakan mode penelusuran biasa. Tujuannya untuk mencegah pembatasan aplikasi tidak bisa screenshot karena alasan keamanan.

Kesimpulan


Jadi hp android tidak bisa screenshot selain karena tombol rusak, juga bisa disebabkan oleh alasan keamanan. Beberapa aplikasi menerapkan kebijakan tidak bisa screenshot untuk menjaga kerahasiaan data maupun karena alasan perlindungan hak cipta.

Berkaitan dengan privasi, contohnya aplikasi Google Chrome. Kita tidak bisa screenshot di mode penelusuran pribadi saat menggunakan hp Vivo. Namun di hp Samsung J2, kita bisa screenshot di mode ini. 

Karena itu, bisa disimpulkan jika hp android tidak bisa screenshot juga bisa disebabkan oleh hp itu sendiri. 


Demikianlah cara mengatasi tidak bisa screenshot di hp android karena alasan keamanan. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close