--> Skip to main content

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android - Screenshot atau screen capture adalah salah satu fitur penting hp android. Fitur SS sangat dibutuhkan saat ini, entah itu sekedar screenshot informasi menarik atau pun informasi penting seperti bukti transaksi perbankan. 

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android
5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android

Apa jadinya saat screenshot di hp android error? Walaupun tidak seberapa dibanding fitur lainnya di hp android, namun tidak bisa screenshot tentu akan membuat kita cukup pusing.

Nah, untuk hari ini kita akan membahas beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak bisa screenshot hp android.

Penyebab Hp Android Tidak Bisa Screenshot


Kenapa hp saya tidak bisa screenshot? 

Ada beberapa alasan screenshot error di hp android. Ada yang memang disebabkan oleh kesalahan pada hp android ada juga yang disebabkan oleh aplikasi yang diakses.

Yups, beberapa aplikasi tidak bisa di screenshot karena alasan kebijakan keamanan. Misalnya saja masalah hak cipta (copyright), masalah keamanan privasi, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa penyebab hp android tidak bisa discreenshot:

1. Cara screenshot yang salah


Seperti diketahui bahwa hp android dikembangkan oleh berbagai vendor sehingga fitur yang disisipkan juga berbeda. Termasuk fitur screenshot ini sehingga cara screenshot setiap hp android juga bisa saja berbeda. 

Secara umum kita mengambil foto layar di hp android menggunakan kombinasi tombol Power + tombol Volume Bawah. Ini berlaku untuk beberapa hp android merk Samsung dan Vivo yang pernah saya pakai. Karena itu, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu tombol kombinasi untuk screenshot di hp kamu.

Jika ternyata memang tombol kombinasi tersebut memang untuk screenshot, maka coba tekan satu-satu tombol untuk mengecek apakah tombol hp ada yang rusak.

Hal yang sama juga sebaiknya kamu cek pada metode screenshot tanpa tombol. Ada hp android yang menggunakan fitur screenshot palm swipe ada juga yang menggunakan 3 jari.

2. Fitur Screenshot Mati


Seperti diketahui saat ini metode screenshot di hp android berbeda-beda. Setelah mengetahui bahwa ada jenis screenshot hp android tanpa tombol, kita jadi sering menggunakannya karena lebih mudah dan membuat tombol fisik lebih awet.

Namun penting untuk diketahui bahwa fitur screenshot tanpa tombol umumnya harus diaktifkan terlebih dahulu. Tanpa diaktifkan terlebih dahulu, tidak mungkin untuk menangkap layar menggunakan metode palm swipe atau 3 jari.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur palm swipe screenshot pada hp android:
  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih Fitur Lanjutan.
  3. Pilih Gerakan dan Gestur. 
  4. Aktifkan Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil. 
Berikut ini cara mengaktifkan fitur screenshot 3 jari hp android:
  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih Pintasan dan Aksesibilitas.
  3. Klik S-Capture. 
  4. Aktifkan "Geser ke bawah menggunakan 3 jari untuk mengambil tangkapan layar".

3. Memori tempat penyimpanan hasil screenshot penuh


Meskipun kecil kemungkinannya, namun memori penuh juga bisa saja terjadi sehingga tidak bisa screenshot layar hp. Untuk itu, cek kapasistas penyimpanan tersedia pada hp android, baik memori telepon maupun kartu memori.

Selain itu, pastikan lokasi penyimpanan hasil screenshot juga disetting pada folder yang  tepat, entah itu di penyimpanan eksternal maupun internal.

4. Tidak bisa screenshot karena pembatasan aplikasi


Hanya sebagian orang yang menyadari bahwa beberapa aplikasi membatasi penggunanya untuk menangkap layar hp. Entah karena alasan keamanan privasi atau pun masalah hak cipta. 

Contoh pembatasan aplikasi karena alasan privasi adalah saat kita menggunakan mode incognito pada web browser, maka layar hp tidak bisa discreenshot dengan peringatan App restrcit, cannot capture screen on the interface

Namun tidak semua merk hp sama dalam hal kebijakan mode incognito. Misalnya saja pada hp Samsung, screenshot tetap bisa dilakukan pada Google Chrome mode incognito sementara pada hp Vivo tidak bisa.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot HP Android


Berdasarkan penyebab tidak bisa screenshot di atas, berikut beberapa cara mengatasi tidak bisa screenshot hp android:
  1. Jika penyebab tidak bisa screenshot karena caranya salah, maka coba gunakan metode screenshot yang lain.
  2. Untuk menggunakan metode screenshot yang lain, maka pastikan fitur tersebut juga sudah diaktifkan.
  3. Untuk mengatasi tidak bisa screenshot karena memori penuh, maka ubah lokasi penyimpanan hasil screenshot dari memori telpon ke kartu memori.
  4. Untuk mengetahui apakah penyebab tidak bisa screenshot karena alasan keamanan dan kebijakan, maka coba screenshot di aplikasi lainnya.
  5. Cara mengatasi tidak bisa screenshot bawaan hp maka bisa mencoba aplikasi screenshot pihak ketiga yang dapat didownload secara gratis di Google Playstore seperti Du Recorder, SnapShot, Screenshot Touch, dan lain sebagainya.
Silahkan coba satu per satu tips dan trik di atas untuk mengetahui penyebab tidak bisa screenshot. Hal pertama dan utama untuk mengatasi suatu permasalahan adalah dengan mengetahui penyebabnya.


Demikianlah penyebab dan cara mengatasi tidak bisa screenshot hp android. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close