--> Skip to main content

Perbedaan Save dan Save As Pada Microsoft Word

Perbedaan Save dan Save As Pada Microsoft Word Yang Perlu Kamu Ketahui - Pada dasarnya Save dan Save As sama-sama berfungsi untuk menyimpan file atau dokumen pada Microsoft Office, baik Word, Excel maupun Powerpoint. Namun tentu ada perbedaan antara Save dan Save As ini. Jika tidak, Microsoft tentu hanya akan membuat satu pilihan untuk menyimpan dokumen, yaitu Save.

Perbedaan Save dan Save As Pada Microsoft Word
Perbedaan Save dan Save As Pada Microsoft Word

Bukan hanya Microsoft Office, beberapa aplikasi editor, baik teks maupun grafis juga melengkapi fitur penyimpanan mereka dengan Save dan Save As. Nah, apa perbedaan Save dan Save As ini? Berikut ini penjelasan singkat dari Anaktekno.com.

Apa itu Save?


Save artinya menyimpan file atau dokumen baru pada Microsoft Word. Fungsi Save adalah untuk mencegah kehilangan data dan memperbarui file yang telah tersimpan.

Apa itu Save As?


Save As artinya menyimpan file atau dokumen yang telah ada sebelumnya menjadi file baru dengan isi yang sesuai dengan dokumen lama. Fungsi Save As pada dasarnya adalah untuk menyalin dokumen lama kemudian menjadikannya file baru untuk dilakukan perubahan sehingga file lama tidak berubah. 

Pengertian Save dan Save As
Save artinya simpan sedangkan Save As artinya simpan sebagai.


Fungsi Save dan Save As


Fungsi Save yang paling utama adalah menyimpan file agar tidak hilang. Sedangkan fungsi Save As sehingga digunakan adalah untuk menyimpan file lama dalam bentuk file baru. 

Biasanya Save As digunakan untuk menyimpan 2 file yang sama di mana file yang baru (hasil Save As) akan diperbarui sedangkan file lama tidak akan diubah. Biasanya ini untuk membandingkan file atau dokumen yang telah direvisi atau lainnya.

Perbedaan Save dan Save As


Apa saja perbedaan Save dan Save As?

Secara garis besar, perbedaan Save dan Save As adalah sebagai berikut:

Save
  • Untuk menyimpan file atau dokumen yang belum tersimpan.
  • Untuk memperbarui perubahan file atau dokumen yang telah tersimpan (CTRL + S).
  • Lokasi penyimpanan Save tetap sama.
  • Shortcut CTRL + S pada Microsoft Word dan sejumlah program aplikasi Windows lainnya.
Save As
  • Menyimpan file lama dalam bentuk file baru.
  • Menyimpan ulang dengan menyalin file atau dokumen lama sehingga nantinya akan terdapat 2 file.
  • Lokasi penyimpanan Save As bisa tetap sama dengan nama yang berbeda.
  • Lokasi penyimpanan Save As bisa disesuaikan di folder berbeda. 
  • Shortcut ALT + F + A pada Microsoft Word, Notepad, dan lain-lain.

Persamaan Save dan Save As


Pada dasarnya Save dan Save As memiliki persamaan untuk menyimpan file atau dokumen. Hanya saja tujuan penggunaan Save dan Save As yang memiliki perbedaan dan disesuaikan.

Hanya saja, baik Save atau Save As, yang lebih penting adalah menyimpan file atau dokumen secara aman. Salah satu cara mudah yang jarang dilakukan adalah dengan menggandakan file atau dokumen paling tidak di 2 device berbeda. Misalnya di laptop dan hp. 

Hal ini untuk mencegah kehilangan file atau dokumen jika terjadi sesuai pada laptop atau hp. Kejadian data hilang tidak hanya satu kali dua kali, namun beberapa di antaranya merupakan dokumen penting seperti Skripsi dan sejenisnya.


Demikianlah perbedaan Save dan Save As pada Microsoft Word. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close