Skip to main content

Kode Error Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Printer Canon MP287 Error - Printer Canon PIXMA MP287 merupakan salah satu printer terbaik di kelasnya dengan harga yang terjangkau. Harga Canon MP287 berkisar 1 juta yang mana kamu sudah mendapatkan semua fasilitas untuk print, scan dan copy dalam 1 printer Canon MP287.

Kode Error Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya
Kode Error Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Kelebihan lainnya dari Canon MP287 adalah kecepatan cetak dan scan yang memuaskan. Namun dibalik kelebihan printer, tentu tidak lepas dari kekurangannya. 

Salah satunya printer Canon MP287 bisa saja error sehingga tidak bisa ngeprint. Dan tentu hampir semua printer, baik Canon, Epson, HP, dan merk lainnya pernah mengalami kerusakan. Mulai dari masalah kecil sampai harus ganti komponen printer.

Ada berbagai macam kerusakan pada printer. Pada printer Canon sendiri, khususnya Canon MP258, MP287 dan sejenisnya memunculkan kode error saat printer tidak bisa digunakan.

Apa itu Kode Error Printer Canon MP287?


Kode error Printer Canon adalah kode tertentu yang muncul pada LED Display printer saat tidak bisa mencetak. Kode tersebut memberikan petunjuk tentang kerusakan yang terjadi pada printer. 

Petunjuk tersebut dapat menjadi solusi tentang komponen printer yang bermasalah dan harus dicek terlebih dahulu apakah tidak terpasang dengan baik atau pun harus diganti. 

Paling tidak kode error tersebut membuat kita tahu langkah pertama yang harus diambil dan tidak menebak-nebak komponen yang rusak sehingga lebih cepat memperbaikinya.

Bagaimana cara memperbaiki printer error? 


Untuk memperbaiki printer error dan tidak bisa ngeprint, maka kita harus tahu penyebabnya. Salah satu cara mengetahui penyebab printer tidak bisa mencetak adalah dari munculnya kode error di LED Display.

Setiap kode error memiliki arti tersendiri yang menunjukkan letak komponen printer yang bermasalah. Untuk itu, kita harus mengenal kode error printer Canon MP287 untuk mengatasi printer tidak mau ngeprint.

Kode Error Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Secara umum terdapat 2 jenis error pada printer Canon MP258/MP287, yaitu kode error P dan E. Baik error P atau E, masing-masing kode menunjukkan kerusakan pada komponen printer.

Berikut ini jenis-jenis kode error printer Canon MP287 dan cara memperbaikinya:
  1. Kode Error P02

  2. Penyebab :

    Error P02 pada printer Canon MP287 disebabkan oleh pergerakan cartridge yang terhalang benda asing. Kode ini merupakan kode yang paling sering muncul pada LED Display print, bukan hanya pada tipe MP287, tapi tipe MP258 juga.

    Solusi :
    • Cek Roller atau ASF printer, yaitu bagian yang berfungsi menarik kertas dari paper tray jangan sampai ada benda asing atau sobekan kertas yang membuat Roller tidak berfungsi dengan baik.
    • Untuk printer yang telah dimodifikasi menggunakan infus, perhatikan jangan sampai pergerakan cartridge unit tidak terganggu oleh selang infus.
    • Cek encoder printer dan bersihkan dari tinta. 
  3. Kode Error P03

  4. Penyebab :

    Kode error P03 printer Canon MP287 ditandai dengan line feed error merupakan masalah yang terjadi pada Timing Disk printer, bisa kotor atau rusak. 

    Cara Memperbaiki :

    Buka printer dan bersihkan Timing Disk menggunakan tisu secara hati-hati. Bersihkan juga sensor encoder untuk mengatasi error yang satu ini.

  5. Kode Error P05

  6. Penyebab : 

    Error P05 printer Canon MP287 disebabkan oleh sensor Roller atau ASF yang bermasalah. Sensor ASF sendiri adalah bagian printer yang mendeteksi ada tidaknya kertas pada paper tray untuk kemudian memberikan sinyal pada Roller untuk menarik kertas. 

    Solusi perbaikan :

    Ganti salah satu bagian printer yang paling murah dan mudah terlebih dahulu yang kemungkinan menjadi penyebab error P05, yakni:
    • Sensor ASF
    • Motor
    • Board printer
  7. Kode Error P06

  8. Penyebab :

    Printer Canon MP287 error P06 merupakan masalah yang diakibatkan oleh panas yang berlebih di dalam printer (internal temperature error).

    Cara perbaikan :

    Bersihkan bagian dalam printer atau ganti board printer.

  9. Kode Error P07 (Ink Absorber Full)

  10. Error Canon MP287 dengan kode P07 disebabkan oleh Ink Counter penuh. Satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan reset printer Canon MP287 menggunakan software resetter Canon MP287. 

  11. Kode Error P08

  12. Penyebab : 

    Error P08 merupakan error yang muncul karena cartridge printer terlalu panas. Biasanya ini disebabkan karena memaksa printer bekerja melebihi ambang batas normal seperti terlalu banyak print atau copy dalam satu kali ngeprint (print head temperature rise error).

    Cara memperbaiki :

    Matikan printer beberapa menit agar printer bisa istirahat. Jika setelah dinyalakan printer masih belum bisa digunakan, coba ganti cartridge printer, khususnya pada cartridge warna. 

  13. Kode Error P09

  14. Error P09 printer Canon disebabkan oleh EEPROM Board canon mengalami kerusakan (corrupt). Cara mengatasi kode error ini adalah dengan mengganti Board Printer.

  15. Kode Error P10

  16. Error P10 Canon MP287 umumnya disebabkan karena ada masalah pada bagian cartridge. Salah satunya karena memaksa ngeprint walaupun tinta sudah mulai habis. Akibatnya, bisa merusak logic board, cartridge unit atau cartridge rusak. 

    Cara memperbaiki kode error P10 adalah dengan mengganti komponen yang rusak di atas. Coba mulai dengan meminjam cartridge dari printer yang normal untuk mengetahui apakah setelah ganti cartridge masih error atau sudah normal.

  17. Kode Error P15

  18. Printer error P15 disebabkan karena adanya kelebihan arus dari kabel USB printer (USB VBUS over current). Cara memperbaikinya adalah dengan ganti kabel USB printer. Jika kode ini masih muncul, kemungkinan harus mengganti board printer.

  19. Kode Error P20

  20. Kode error P20 adalah kode yang menandakan adanya kerusakan bagian printer lainnya (other hardware error). Untuk mengatasi masalah ini, biasanya harus cek setiap komponen di luar kode error lainnya atau harus ganti board printer.

  21. Kode Error P22

  22. Printer error P22 disebabkan oleh masalah yang terjadi pada bagian scanner (scanner error). Untuk memperbaikinya, cek komponen scanner pada printer. Jika masih belum berhasil, mengganti mainboard seringkali menjadi solusi akhir dari permasalah printer yang sulit dideteksi. 

  23. Kode Error E02

  24. Penyebab :

    Kode error E02 pada printer Canon menunjukkan printer pada paper tray habis (printer is out of paper) atau posisinya kurang tepat sehingga Roller tidak bisa mengambil kertas. Beberapa printer lama juga tidak bisa mengambil kertas walaupun masih ada kertas pada paper tray.

    Cara memperbaiki :

    Untuk mengatasi masalah error E02 sangat mudah, kita hanya perlu menambahkan kertas pada paper tray input. Setelah itu, kita bisa melanjutkan ngeprint dengan menekan tombol Start Black atau Color.

  25. Kode Error E03

  26. Penyebab : 

    Kode E03 pada printer Canon adalah error yang disebabkan oleh kesalahan dalam penarikan kertas oleh Roller (paperjammed). Biasanya kertas dalam printer macet dan terselip pada roller. Saat kertas macet dan ditarik paksa, biasanya akan meninggalkan potongan kertas dalam printer sehingga printer belum bisa mencetak.

    Cara mengatasi :

    Saat kertas macet, kita jangan langsung tarik paksa kertas. Namun tekan tombol Reset untuk membuat printer mengeluarkan sendiri kertas. Namun jika cara ini tidak berhasil, kita harus mengeluarkan kertas secara manual dan sedikit memaksa tapi tetap harus berhati-hati :).

    Bersihkan kertas yang terselip sampai bersih dan jangan sampai tersisa sedikitpun. Jika belum bisa ngeprint, kita bisa cek dan ganti sensor ASF.

  27. Kode Error E04

  28. Penyebab :

    Kode error E04 Canon MP287 disebabkan oleh karena cartridge tidak terpasang dengan baik. Biasanya hal ini juga disebabkan oleh penutup cartridge unit yang lepas sendiri karena sudah longgar. 

    Cara Memperbaiki :

    Buka penutup atas printer dan pasang ulang cartridge dan pastikan terdengar bunyi "klik" saat menutup penutup cartridge unit. Biasanya solusi error E04 ini langsung berhasil saat memasang ulang kembali cartridge dengan benar.

  29. Kode Error E05

  30. Penyebab :

    Kode error P05 printer Canon MP287 berkaitan dengan masalah yang terjadi pada cartridge. Seperti diketahui cartridge adalah bagian printer yang sangat penting dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan mengatur keluarnya tinta saat proses ngeprint.

    Beberapa penyebab error P05 adalah cartridge tidak terpasang dengan baik, chip printer kotor atau cartridge tidak kompatibel.

    Cara mengatasi :
    1. Untuk mengatasi masalah ini, coba pasang ulang cartridge.
    2. Bersihkan chip cartridge menggunakan cotton bud dengan hati-hati.
    3. Jika masih belum berhasil, coba gunakan cartridge lain yang sesuai dengan printer Canon MP287.
    4. Selain cartridge kotor atau rusak, bisa juga cartridge tidak kompatibel sehingga harus diganti.
  31. Kode Error E07

  32. Sama seperti kode error E04 dan E05, kode E07 juga masih berkaitan dengan masalah cartridge. Penyebabnya bisa jadi cartridge rusak atau posisi cartridge tidak terpasang dengan baik atau tidak terdeteksi.

    Cara memperbaiki :
    1. Reset printer dengan menekan tombol Stop/Reset lama kemudian lepas setelah LED Display menampilkan sedang melakukan proses.
    2. Ganti cartridge dengan cartridge lain dari printer sejenis atau beli baru jika sudah memastikan bahwa cartridge printer telah rusak.
  33. Kode Error E08

  34. Error E08 Canon MP287 disebabkan oleh bantalan penyerap limbah tinta printer penuh (ink absorber is almost full). Error ini biasa disebabkan karena printer telah lama digunakan dan mencapai batas yang ditentukan sehingga harus direset kembali.

    Cara mengatasi :

    Solusi error E08 adalah membersihkan atau mengganti ink absorber atau bantalan penyerap tinta lalu reset printer. 

  35. Kode Error E14/E15

  36. Penyebab kode error E14 atau E15 adalah cartridge yang tidak terpasang dengan baik. Untuk mengatasinya, bisa dengan membuka penutup atas printer kemudian lepas cartridge dan pasang ulang dengan benar. 

  37. Kode Error E13/E16

  38. Penyebab :

    Error E13 atau E16 printer merupakan kode yang menunjukkan adanya masalah pada cartridge. Bisa jadi karena baru isi ulang tinta cartridge atau baru mengganti cartridge baru sehingga printer membaca tinta habis (ink has run out).

    Cara memperbaiki :

    Untuk mengatasi kode error E13 atau E16, bisa dengan reset printer dengan cara menekan tombol Stop/Reset pada printer sekitar 15 detik sampai lampu memberikan sinyal sedang melakukan proses dan menampilkan 1 tanda printer siap digunakan. 

Apa yang menyebabkan printer tidak bisa mencetak?


Penyebab printer tidak mau ngeprint yang paling umum disebabkan oleh masalah pada cartridge. Walaupun kode error di atas menunjukkan masalah pada komponen printer yang cukup spesifik, namun kadang ketika kode error tersebut sudah berhasil diatasi, muncul kode error lainnya.

Karena itu, selalu cermat dalam menganalisa komponen yang bermasalah pada printer. 

Adapun cara mengatasi printer error Canon MP287 sebaiknya selalu dimulai dengan reset printer sebelum mengganti cartridge. Jika ganti cartridge, cobalah untuk meminjam cartridge yang berfungsi dengan baik di printer sejenis sebelum membeli cartridge. 

Jangan sampai membeli cartridge namun ternyata penyebabnya bukan pada cartridge. Sementara harga cartridge cukup mahal sekitar Rp200.000-an (tergantung wilayah, merk dan tipe).


Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Error


Sebelum memutuskan mengganti komponen pada printer, ada baiknya kita melakukan reset printer terlebih dahulu. Beberapa masalah pada printer sukses diperbaiki hanya dengan mereset printer.

Langkah-langkah reset printer Canon MP287:
  1. Pastikan print terhubung dengan listrik.
  2. Dalam keadaan print mati, tekan dan tahan tombol Stop/Reset.
  3. Tekan juga tombol Power dan tahan. 
  4. Masih menekan tombol Power, lepas menekan tombol Stop/Reset kemudian tekan tombol Stop/Reset kembali sebanyak 2x.
  5. Lepas menekan semua tombol yang ditekan pada printer.
  6. Tunggu proses reset printer selesai sebelum akhirnya dapat digunakan kembali. 
Cara reset printer Canon MP287/MP285:

Tekan dan tahap tombol Stop/Reset pada printer selama 30 detik sampai lampu LED display panel berputar. Jika LED menampilkan 1, berarti printer siap digunakan.

*Reset printer yang berlaku untuk semua tipe Printer Canon MP.

Cara reset printer lainnya bisa dengan menggunakan software resetter Canon MP258/MP287 yang bisa didownload secara gratis di internet.

Penyebab Printer Cepat Rusak


Saat kamu mengunjungi tempat service printer, pasti kamu akan menemukan banyak sekali printer yang rusak dengan berbagai merk. Jika kamu menemukan banyak mesin cuci di sana, maka itu pasti toko elektronik yang menerima jasa perbaikan tv :).

Apakah printer memang benda yang cepat rusak?

Jawabannya tergantung. Walaupun bisa dikatakan hampir semua benda elektronik memiliki jangka waktu masa pakai, namun pemakaian yang salah bisa membuat barang tersebut jauh lebih cepat rusak.

Sama halnya dengan printer. Beberapa hal membuat printer menjadi lebih cepat rusak.

Berikut ini beberapa penyebab printer cepat rusak:
  • Mencetak atau ngeprint lebih dari 20 kertas sekali print. Hal ini bisa menyebabkan paperjam dan printer cepat rusak karena bekerja terlalu keras. Tergantung tipe dan merk, untuk printer standar, sebaiknya hindari mencetak lebih dari 20 lembar sekali ngeprint.
  • Tetap menggunakan print saat tinta sudah mulai habis membuat cartridge cepat rusak. 
  • Telat isi cartridge saat tinta mulai habis. 
  • Jarang menggunakan printer juga bisa membuat printer cepat rusak. Pada printer modifikasi infus, disarankan untuk menggunakan printer dengan rutin.
Kesimpulan

Terdapat 2 jenis kode error pada printer Canon MP287, yaitu kode E dan P yang menunjukkan letak kerusakan pada printer yang harus dicek atau diganti untuk bisa mencetak kembali. 

Jika belum terbiasa dengan komponen-komponen printer, sebaiknya bawa printer yang rusak ke tempat service terpercaya di kota Anda dan bicarakan masalah serta harganya sebelum memutuskan meninggalkan tempat service.


Demikianlah kode error printer Canon MP287 dan cara mengatasinya. Cara di atas sudah banyak terbukti memperbaiki printer Canon MP287 error yang tidak bisa ngeprint. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close