--> Skip to main content

Kode Error Printer Canon MP258 dan Cara Memperbaikinya

Kode Error Printer Canon MP258 dan Cara Memperbaikinya - Setelah kemarin kita membahas kode error printer Canon MP287, hari ini kita akan membahas lagi kode error printer MP258. 

Kode Error Printer Canon MP258 dan Cara Memperbaikinya
Kode Error Printer Canon MP258 dan Cara Memperbaikinya

Printer PIXMA Canon MP258 adalah printer yang memiliki sejumlah kelebihan dan harga terjangkau. Salah satunya termasuk printer multi fungsi all in one yang telah dilengkapi dengan fitur print, scan dan copy.

Namun saat menggunakan printer Canon ini, kadang tidak bisa ngeprint dan terdapat kode-kode tertentu yang muncul di LED display. 

Tahukah kamu kalau kode tersebut bukan sembarang kode?

Kode error pada printer Canon muncul bersamaan saat kita tidak bisa mencetak atau print. Kode tersebut memberikan petunjuk bagian-bagian printer yang bermasalah yang menjadi penyebab tidak bisa menggunakan printer. 

Jadi dengan adanya kode yang tampil pada display, kita dengan mudah bisa mengetahui penyebab masalah pada printer. Untuk itu, bagi kamu yang mengalami kerusakan printer dan muncul kode error, sebaiknya catat pola kode tersebut dan cari solusinya di Anaktekno.com.

Cara melihat kode Error Printer


Kode error printer Canon MP258 tidak muncul sekaligus di LED display. Namun muncul secara bergantian 1 per satu dengan pola yang sama. Misalnya pada layar tampil E, 0 dan 5 yang kemudian diulangi lagi E, 0 dan 5, maka kode error tersebut adalah E05.

Pada printer Canon sendiri, terdapat 2 jenis kode error yang tampil, yaitu kode error E dan P. Di samping kode tersebut berganti-gantian muncul di LED display, lampu indikator Alarm, Color Ink dan Black Ink juga biasanya menyala atau berkedip-kedip.

Tapi tenang aja, pada kesempatan ini kita akan belajar memperbaiki printer error sendiri berdasarkan kode error yang muncul.

Kode Error Canon MP258 dan Cara Memperbaikinya


Berikut ini kumpulan kode error printer Canon MP258 dan cara memperbaikinya:
  1. Error E02
  2. Print is out of paper

    Penyebab error E02 printer Canon MP258 adalah karena kertas pada paper tray telah habis. Selain itu, cara memasukkan kertas ke paper tray paper tray input tidak pas.

    Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan kertas ke paper tray input dan pasang kertas dengan posisi yang baik. Jangan memasukkan kertas kusut ke paper tray karena bisa membuat Roller tidak berfungsi dengan baik yang pada akhirnya menyebabkan paperjammed.

  3. Error E03

  4. Kode error E03 merupakan masalah yang terjadi pada Roller printer, yaitu komponen printer yang berfungsi untuk menarik kertas dari paper tray saat proses percetakan sedang berlangsung. Kode ini biasanya muncul karena adanya benda yang mengganggu Roller dalam menjalankan tugasnya.

    Untuk mengatasi kode E03 pada printer Canon MP258, bisa dengan cara mengangkat penutup atas printer dan melihat apakah ada kertas yang rusak dan tersisa dari percetakan yang sebelumnya gagal.

    E03 juga bisa disebabkan oleh paper tray output yang masih tertutup. Biasanya karena buru-buru, kita lupa penutup paper tray output tempat keluarnya hasil print.

  5. Error E04
  6. The fine cartridge cannot be recognized

    Printer error E04 menandakan bahwa cartridge tidak terdeteksi. Bisa disebabkan oleh cartridge yang tidak terpasang dengan baik atau pun cartridge yang rusak atau kotor terkena tinta.

    Untuk memperbaiki printer Canon MP258 yang error karena kode E04, bisa dimulai dengan melepas cartridge dan memasangnya ulang. Jika masih belum berhasil, kita bisa membersihkan chip cartridge dengan lap halus atau tisu.

  7. Error E05

  8. Hampir sama dengan kode error E04, kode E05 masih berkaitan dengan masalah pada cartridge. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuka penutup atap printer dan melepas cartridge dari rumah cartridge dan memasangnya kembali dengan posisi yang benar.

    Jika printer tetap error, silahkan bersihkan chip cartridge dengan hati-hati. Atau silahkan coba menggunakan cartridge printer sejenis, yakni Canon MP258 untuk mencoba mengetes untuk memastikan bahwa cartridge memang telah rusak dan harus diganti.

  9. Error E07
  10. The fine cartridge is not installed in the correct position.

    Penyebab kode E07 adalah posisi cartridge yang tidak tepat. Untuk mengatasinya, bisa dengan pasang ulang cartridge dan pastikan terdapat bunyi "klik" saat meletakkan cartridge yang menandakan posisinya sudah benar.

  11. Error E08
  12. The ink absorber is almosft full.

    Penyebab Error E08 Canon MP258 adalah bantalan penyerap tinta hampir penuh. Untuk mengatasi masalah ini, mengganti bantalan penyerap tinta kemudian melakukan reset printer, baik dengan software resetter maupun lewat printer langsung.

  13. Error E13
  14. The remaning ink leven cannot be detected.

    Kode error E13 ditandai dengan munculnya peringatan pada laptop atau komputer yang ngeprint "The remaining ink level cannot be detected" merupakan error pada printer yang disebabkan oleh cartridge yang tidak terdeteksi. 

    Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan reset printer langsung dari printer dengan menekan dan tahan tombol Stop/Reset selama 10 detik.

  15. Error E14/E15
  16. The fine cartridge cannot be recognized.

    Printer tidak bisa mencetak karena error E14 disebabkan oleh cartridge tidak terdeteksi. Untuk mengatasinya, silahkan pasang ulang cartridge dengan benar. Jika masih muncul kode error, coba ganti cartridge dengan tipe yang sesuai dengan Canon MP258.

  17. Error E16
  18. The ink has run out.

    Tekan dan tahan tombol Stop/Reset selama 10 detik.

  19. Error P02

  20. Penyebab error P02 Canon MP258 adalah pergerakan rumah cartridge yang tidak berfungsi dengan baik atau pun roller printer tidak bisa bekerja karena terdapat benda asing. 

    Untuk mengatasinya, cek roller printer dan bersihkan kertas sobek yang tersisa di dalam printer. Selain itu, pastikan pergerakan cartridge dalam printer tidak terhalang oleh benda asing, termasuk selang infus untuk printer modifikasi.

  21. Error P03
  22. Line feed error.

    Kode ini menunjukkan masalah yang terjadi pada bagian Timing Disk. Untuk mengatasi masalah ini, cek sensor Timing Disk dan bersihkan encoder.

  23. Error P05

  24. Error P05 disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada sensor ASF. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan mengganti beberapa komponen terkait seperti Sensor ASF, motor, dan lainnya mulai dari yang paling murah dan mudah terlebih dahulu.

  25. Error P06

  26. Printer Canon tidak bisa ngeprint karena Error P06 disebabkan oleh temperatur printer yang terlalu panas. Hal ini sering terjadi karena printer bekerja terlalu keras dengan mencetak tanpa jeda. Selain itu, penyebabnya bisa juga karena terdapat banyak debu di dalam komponen printer atau kerusakan yang terjadi pada mainboard.

  27. Error P07
  28. Ink absorber full.

    Untuk mengatasi masalah kode error ini, bisa dengan reset printer Canon MP258 langsung dari komputer yang terhubung dengan printer.

  29. Error P08
  30. Print head temperature rise error.

    Kode ini menandakan temperatur printer terlalu panas dan cara mengatasinya adalah dengan mematikan printer beberapa menit. Setelah dinyalakan kembali dan kode error masih muncul, silahkan ganti cartridge, khususnya cartridge warna.

  31. Error P09
  32. EEPROM Error.

    Kode error P09 disebabkan oleh adanya permasalah pada EEPROM board sehingga harus diganti. Selain itu, masalah ini juga bisa muncul karena terdapat masalah pada adaptor printer.

  33. Error P10

  34. Penyebab error P10 printer Canon MP258 berhubungan dengan cartridge. Bisa jadi kedua cartridge bermasalah atau cartridge unit yang bermasalah. Bahkan lebih parah, bisa juga disebabkan oleh mainboard printer yang harus diganti.

    Untuk mengatasi kode error P10, bisa dimulai dengan melepas cartridge dan memasangnya di printer lain. Jika kedua cartridge berfungsi, kemungkinan 2 komponen yang disebutkan di atas yang menjadi penyebabnya dan harus ganti.

  35. Error P15
  36. USB VBUS over current

    Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti kabel USB printer. Jika belum berhasil, maka solusi terakhir mungkin harus ganti mainboard.

  37. Error P20
  38. Other hardware error

    Kode ini menunjukkan kerusakan pada hardware lainnya.

  39. Error P22
  40. Scanner error

    Cara memperbaiki printer error P22 adalah dengan mengecek bagian scanner printer dan mengganti setiap komponen untuk mengecek letak permasalahannya. 

Cara Memperbaiki Printer Error Canon MP258


Meskipun kode error pada printer Canon MP258 cukup spesifik untuk menunjukkan komponen-komponen printer yang bermasalah, namun tidak menutup kemungkinan masalah terjadi pada komponen lain. 

Bukan hanya itu, dalam beberapa kasus, walaupun sudah berhasil memperbaiki kode error yang muncul, nantinya akan muncul kode error lainnya lagi.

Untuk itu, berikut beberapa tips memperbaiki printer error Canon:
  1. Selalu reset printer Canon yang error dengan cara menekan tombol Stop/Reset sekitar 10 detik untuk melihat respon printer.
  2. Umumnya kerusakan pada printer terjadi pada cartridge. Untuk itu, gunakan printer lain untuk mengecek cartridge tersebut apakah berfungsi atau tidak. Atau sebaliknya, ganti cartridge printer error tersebut apakah hasilnya normal atau tidak.
  3. Sebaiknya bawa ke tempat service printer terpercaya di kota Anda dan bicarakan kerusakan bagaimana printer tidak bisa ngeprint.

Reset Printer Canon MP258 Tanpa Aplikasi


Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Hubungkan adaptor print ke listrik.
  2. Print dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Stop/Reset.
  3. Tekan juga tombol Power ON dan tahan.
  4. Lepas menekan tombol Stop/Reset kemudian tekan tombol Stop/Reset 2 kali lagi.
  5. Lepas bersamaan tombol Power dan tombol Stop/Reset yang ditekan.
  6. Proses reset printer selesai dan printer bisa digunakan kembali.
  7. Jika belum, kamu bisa gunakan software resetter printer Canon. Nanti jika ada waktu Anaktekno.com akan bahas.

Cara Merawat Printer Agar Awet


Agar printer lebih awet, berikut ini cara perawatannya yang tepat:
  • Cetak atau print dokumen dengan jeda dan jangan mencetak banyak halaman dalam satu kali ngeprint.
  • Segera isi ulang tinta print saat sudah mulai ada tanda-tanda tinta harus segera diisi.
  • Gunakan printer secara rutin dan bersihkan secara berkala.
Penutup

Sebelum mengganti komponen, sebaiknya reset printer terlebih dahulu untuk melihat respon printer. Pinjam komponen dari printer lain sebelum memutuskan untuk membeli komponen printer juga sangat disarankan.


Demikianlah kode error printer Canon MP258 dan cara memperbaikinya lengkap. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close