Skip to main content

Cloudflare DNS Hosting: Fitur Lengkap Dan Gratis

ANAKTEKNO.COM - Cloudflare DNS Hosting merupakan sebuah layanan gratis penyedia DNS (Domain Name System) yang Cloudflare sediakan. Fungsi DNS adalah untuk menghubungkan nama domain ke alamat IP server agar website dapat terakses di internet. Nah, Cloudflare DNS untuk hosting ini memiliki kelebihan seperti meningkatkan kinerja, kecepatan, dan keamanan akses website.

Cloudflare DNS Hosting: Fitur Lengkap Dan Gratis

Layanan ini menggunakan teknologi Anycast yang memungkinkan website terakses melalui server terdekat sehingga waktu akses lebih cepat. Selain itu, layanan ini menyediakan fitur keamanan seperti proteksi DDoS, firewall, dan SSL/TLS untuk menambah tingkat keamanan website.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengganti alamat DNS dari penyedia hosting dengan alamat DNS yang Cloudflare berikan. Kemudian, Cloudflare akan mengarahkan lalu lintas website ke server pengguna dan memproses permintaan DNS. Layanan ini gratis dan dapat siapa saja gunakan tanpa biaya tambahan.

Fitur Cloudflare DNS Hosting


Layanan ini memiliki berbagai fitur penting yang bisa Anda manfaatkan lebih baik lagi untuk mempermudah akses serta pengelolaan website. Berikut detail fitur-fiturnya.

1. Anycast Technology


Cloudflare menggunakan teknologi Anycast yang memungkinkan website terakses melalui server terdekat sehingga waktu akses menjadi lebih cepat.

2. Keamanan


Di sini menyediakan proteksi DDoS, firewall, dan SSL/TLS untuk meningkatkan keamanan website Anda.

3. DNSSEC


Cloudflare juga menyediakan fitur DNSSEC (DNS Security Extensions) yang mengenkripsi data DNS dan mencegah serangan spoofing, cache poisoning, dan lainnya.

4. 100% Uptime


Layanan ini menjamin bahwa layanan DNS Hosting akan selalu tersedia dengan uptime 100%.  Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk tertinggal atau ada informasi yang missing. 

5. Analitik Cloudflare DNS Hosting


Juga menyediakan analitik DNS yang memungkinkan Anda untuk melihat lalu lintas DNS dan performa dari setiap domain. Sehingga bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan atau mencari strategi lainnya. 

6. API


Cloudflare menyediakan API yang memungkinkan Anda untuk mengelola konfigurasi DNS dengan mudah. Sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk kelola dan aturnya.

7. Gratis


Layanan Cloudflare DNS untuk hosting ini adalah gratis dan dapat siapa saja pakai tanpa biaya tambahan. Menarik sekali bukan?


Cara Menggunakan Cloudflare DNS Hosting


Mengingat ini gratis, dengan segala fiturnya yang luar biasa, tentu akan semakin optimal jika Anda memanfaatkannya, Nah, jika ingin memakainya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buat akun Cloudflare dan daftarkan domain yang ingin Anda gunakan.
  • Setelah mendaftarkan domain, Cloudflare akan meminta Anda untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik domain. Setelah verifikasi, Anda harus mengubah nameserver domain Anda ke name server Cloudflare.
  • Cloudflare menawarkan dua mode, yaitu "DNS only" dan "Proxied". Untuk "DNS only" akan mengarahkan lalu lintas langsung ke server hosting Anda. Sementara yang "Proxied" akan mengarahkan lalu lintas melalui server Cloudflare terlebih dahulu demi meningkatkan keamanan dan kinerja. Nah, Anda bisa pilih mana yang paling Anda butuhkan. 
  • Setelah memilih mode, Anda dapat memasukkan catatan DNS Anda, seperti A record, CNAME, atau MX record.
  • Cloudflare menyediakan fitur keamanan seperti proteksi DDoS, firewall, dan SSL/TLS. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui dashboard Cloudflare.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Cloudflare DNS Hosting sudah siap Anda gunakan. Cloudflare akan mulai mengarahkan lalu lintas ke server Anda dan memproses permintaan DNS. Jadi pengelolaan email dan website pun bisa lebih leluasa, mudah, serta fleksibilitasnya menjadi semakin tinggi. Selamat mencoba.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close