Skip to main content

Kenapa Canva Tidak Bisa Dibuka? Penyebab dan Solusinya

ANAKTEKNO.COM, Kenapa Canva Tidak Bisa Dibuka? Penyebab dan Solusinya - Canva menjadi salah satu aplikasi desain grafis yang populer beberapa tahun terakhir. Karena itu masalah Canva tidak bisa dibuka atau login tentu sangat berpengaruh pada pekerjaan sebagian besar orang.

Kenapa Canva Tidak Bisa Dibuka? Penyebab dan Solusinya

Baik itu website Canva yang bisa diakses secara online di hp dan laptop maupun aplikasi Canva, masalah tidak bisa dibuka bisa saja terjadi. Tentu untuk mengatasi Canva error, harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Karena itu, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi penyebab Canva error tidak bisa login dan cara mengatasi Canva tidak bisa dibuka.

Kenapa Canva Tidak Bisa Dibuka?


Penyebab Canva tidak bisa dibuka pada dasarnya bisa disebabkan oleh tiga hal, yaitu jaringan internet, masalah pada browser atau perangkat yang digunakan, dan masalah pada Canva itu sendiri.

Hal pertama yang harus dicek adalah jaringan internet yang digunakan. Pastikan koneksi internet berjalan dengan baik. Selanjutnya bisa cek browser atau perangkat yang digunakan. 

Jika kedua hal di atas normal, bisa jadi Canva errro hari ini disebabkan oleh server Canva down atau sedang maintenance.


Penyebab Canva Tidak Bisa Dibuka


Berikut ini beberapa penyebab Canva tidak bisa dibuka:

1. Koneksi internet buruk


Penyebab website Canva tidak bisa diakses yang pertama bisa jadi karena koneksi internet buruk. Cara mengeceknya bisa dengan mengakses website lain. Jika website juga tidak bisa dibuka atau lemot, kemungkinan besar masalah ada pada jaringan internet yang digunakan.

2. Server Canva down


Jika koneksi internet bisa diperbaiki dari sisi user, website Canva down atau sedang maintenance membuat user benar-benar tidak bisa akses Canva.

3. Aplikasi Canva error


Selain pada website, aplikasi Canva bisa juga mengalami error. Terlebih jika menggunakan aplikasi versi lama, selain kurangnya fitur, bisa juga terdapat bug yang membuat aplikasi error.

4. Web browser error


Web browser juga bisa menjadi penyebab website tidak bisa diakses. Bisa jadi terdapat pengaturan yang membatasi akses terhadap suatu website atau web browser yang digunakan tidak kompetibel dengan tampilan website Canva.

Bukan hanya itu, pengaturan waktu, data history yang menumpuk, cache, dan cookie juga bisa jadi penyebab web browser tidak bisa digunakan. 

5. Perangkat yang digunakan lemot


Aktivitas edit di Canva bisa tidak maksimal dan butuh waktu lama jika RAM perangkat yang digunakan penuh. Bahkan dalam beberapa kasus, aplikasi tidak bisa dibuka dan proses hp atau laptop bisa berhenti tiba-tiba. 

6. Pembatasan jaringan


Pembatasan jaringan ini bisa ditemukan di sekolah atau kantor di mana jaringan diatur agar tidak bisa mengakses situs lain yang tidak diizinkan. Untuk mengatasi masalah ini, bisa mengakses internet menggunakan hotspot pribadi atau jaringan seluler.


Cara Mengatasi Canva Tidak Bisa Dibuka


Berikut ini cara mengatasi Canva tidak bisa dibuka:

1. Refresh jaringan internet


Cara mengatasi Canva tidak bisa dibuka yang pertama adalah refresh jaringan internet, bisa dengan mode pesawat atau matikan ulang perangkat internet. Pastikan koneksi internet stabil untuk membuka situs Canva secara online.

2. Mengatasi server Canva down


Penyebab Canva tidak bisa digunakan bisa juga karena masalah pada server Canva itu sendiri. Server canva yang sementara maintenance membuat pengguna hanya bisa menunggu sampai server Canva normal kembali.

3. Update aplikasi Canva terbaru


Aplikasi Canva tidak bisa dibuka bisa diatasi dengan update aplikasi Canva terbaru. Agar proses pembaruan berjalan dengan baik, pastikan langsung lakukan update aplikasi versi terbaru di Playstore.

4. Menghapus data dan cache aplikasi Canva


Aplikasi Canva error tidak bisa dibuka bisa diatasi dengan menghapus cache dan data aplikasi. Pastikan sebelum melakukan ini, project Canva sebelumnya sudah dibackup ke folder lain.

Adapun langkah-langkah hapus cache dan data aplikasi di android adalah sebagai berikut:
  • Buka Pengaturan hp android kamu.
  • Geser ke bawah menu Apps, letaknya bisa berbeda setiap hp.
  • Cari aplikasi Canva dan klik.
  • Kemudian klik Hapus Cache dan Hapus Data.
  • Selesai. 

5. Perbarui web browser


Selanjutnya kamu bisa perbarui web browser ke versi terbaru. Setelah itu, bisa hapus browsing history, cookies and site data, cached images and files untuk melepaskan file sampah yang bisa membuat browser lebih cepat. 

6. Hapus data dan aplikasi yang tidak digunakan


Memori interal dan RAM penuh bisa membuat hp atau laptop menjadi lemot. Untuk itu, jangan ragu hapus data dan uninstal aplikasi yang tidak digunakan.

7. Hubungi dukungan Canva


Jika setelah mencoba solusi di atas Canva belum bisa digunakan, coba untuk hubungi dukungan Canva untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.


Demikianlah kenapa Canva tidak bisa dibuka penyebab dan solusinya. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close