Skip to main content

Cara Mengetahui SN Serial Number Pengisian Pulsa

ANAKTEKNO.COM dalam cara mengetahui SN Serial Number Pengisian Pulsa - Ada yang isi pulsa tapi katanya pulsa tidak masuk. Sudah dikirimi bukti pengisian pulsa sukses tapi masih minta Serial Number atau SN.

Cara Mengetahui SN Serial Number Pengisian Pulsa

Padahal pada dasanrya kode SN hanya muncul di pesan penerima yang telah memesan pulsa MKIOS. Apa ada harapan pulsa yang masuk ke nomornya bukan dari pengisian yang kita lakukan?

Ini merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh penjual pulsa atau mereka yang mendapat perintah mengisi pulsa untuk nomor seseorang. Banyak yang minta SN sebagai bukti pengisian pulsa. 

Jika hanya mengirimkan bukti pengisian pulsa lewat aplikasi, tentu yang muncul hanya nomor referensi transaksi aplikasi. Ada beberapa yang mempermasalahkan bahwa nomor referensi pengisian pulsa di aplikasi berbeda dengan kode SN yang masuk.

Padahal, jika pulsa sudah masuk, tidak perlu cari yang ribet lagi. Karena memang kode SN muncul di hp penerima sebagai bukti transaksi berhasil. Kita sebagai penjual pulsa cukup kirim screenshot transaksi pengisian pulsa berhasil. 

Untuk kamu yang punya pertanyaan seputar SN, bisa simak penjelasan singkat Anaktekno.com berikut ini:

Apa itu Serial Number?


Serial Number atau biasa disingkat SN adalah kode unik yang menjadi notifikasi pengisian pulsa berhasil. Jika sudah ada notifikasi pengisian pulsa berhasil, seharusnya tidak perlu lagi minta kode SN.

Setiap serial number mewakili satu transaksi berhasil. Artinya tidak ada yang sama untuk satu transaksi, semuanya berbeda-beda. Adapun serial number pengisian pulsa berbeda dengan nomor referensi.

Nomor referensi sendiri adalah nomor unik yang menjadi bukti pengisian pulsa berhasil di aplikasi. Adapun nomor unik serial number dan referensi bisa terdiri dari informasi yang memuat seputar transaksi maupun  angka acak.

Fungsi Serial Number


Berikut ini beberapa fungsi nomor serial number:
  • Notifikasi proses pengisian pulsa berhasil. Jadi setiap pulsa yang masuk, ada SMS dari operator seluler yang digunakan.
  • Nomor serial number digunakan sebagai bukti pengisian berhasil.
  • Sebagai informasi untuk konfirmasi pembelian pulsa berhasil tapi saldo tidak masuk. Bisa digunakan untuk menghubungi CS agar laporan lebih cepat diproses.
  • Serial Number pulsa di nomor pembeli tidak diketahui oleh penjual pulsa atau konter. Mereka hanya memiliki nomor referensi transaksi berhasil di aplikasi distributor pulsa yang mereka gunakan. Kamu tidak perlu cek SN ke penjual. Mereka hanya memiliki ID transaksi berdasarkan aplikasi yang mereka gunakan.

Contoh Serial Number Telkomsel


Berikut ini contoh serial number Telkomsel: 

TELKOMSEL
Isi ulang pulsa Rp50.000 telah berhasil dengan SN: 02792900001512936839 pada 24/08/2022 06:20:03.

Berikut ini contoh notifikasi isi ulang transfer pulsa berhasil

858
Anda mendapatkan penambahan pulsa Rp50.000 dari nomor 6285396717324 tgl 2022-09-17

Bisa dilihat ada perbedaan mendasar pada saat beli pulsa langsung maupun transfer pulsa. Beli pulsa di konter lewat aplikasi distributor agen pulsa, kita akan menerima kode SN di nomor hp penerima. 

Namun untuk transfer pulsa, pada dasarnya tidak ada kode SN. Sebagai gantinya, kita akan menerima notifikasi penambahan pulsa lewat SMS dan juga nomor pengirim. Untuk Telkomsel, SMS tersebut masuk dari nomor 858. 

Pulsa Masuk Tapi Kode SN Hilang


Nomor SN tidak masuk di SMS bukan berarti pulsa tidak masuk. Karena itu, kamu harus selalu cek di *888# karena terkadang pulsa sudah ada. 

Jadi dalam hal ini walaupun nomor SN hilang, asal pulsa masuk harusnya sudah tidak ada masalah. Jadi tidak perlu belajar cari sendiri, toh pulsa sudah masuk juga.

Namun yang menjadi masalah memang kadang orang yang beli pulsa. Ada yang pura-pura pulsa belum masuk padahal sudah masuk. Ini termasuk salah satu modus penipuan pulsa di mana mereka meminta nomor SN yang seharusnya mereka sendiri yang tahu sebagai penerima.

Kita yang jual pulsa lewat aplikasi, BRIMO, atau Alfamart hanya memiliki bukti pengisian pulsa berhasil di mana di struk tersebut tidak terdapat nomor SN pengisian pulsa, hanya nomor referensi transaksi pembelian pulsa.

Cara Mengetahui SN Serial Number Pulsa


Untuk mengetahui SN pengisian pulsa, kamu bisa cek SMS TELKOMSEL pengisian pulsa berhasil. Dari contoh SN pulsa Telkomsel di atas, serial number terdiri dari 20 digit angka.

Umumnya penjual pulsa dengan aplikasi seperti Payfazz atau DANA tidak mengetahui kode SN pulsa yang masuk di pembeli. Mereka hanya memiliki nomor referensi transaksi sukses atau berhasil. Bukti tersebut sudah cukup untuk pembeli pulsa. 

Karena pada dasarnya serial number langsung dikirimkan oleh operator seluler lewat SMS. Sebagai penjual pulsa yang menggunakan aplikasi distributor, kita hanya memiliki notifikasi pulsa berhasil dibeli dengan nomor referensi transaksi.

Contoh transaksi di DANA menggunakan istilah ID transaksi. Untuk aplikasi PPOB Payfazz menggunakan istilah no. referensi. Jika status di aplikasi berhasil, harusnya nomor penerima juga sudah menerimanya. Jika masih diproses, tunggu sampai transaksi gagal atau berhasil.


Perbedaan Kode Serial Number dan Nomor Referensi


Kode serial number tidak sama dengan nomor referensi. Serial number pengisian pulsa merupakan notif kalau pulsa sudah berhasil masuk. Sedangkan serial number adalah ID transaksi pembelian pulsa di aplikasi distributor pulsa.

Jika pulsa tidak masuk, kamu bisa cek terlebih dahulu di aplikasi distributor pulsa. Jika statusnya berhasil, silahkan cek nomor hp penerima. Jika terjadi refund di aplikasi, artinya pulsa belum masuk.

Namun jika di aplikasi transaksi berhasil namun pulsa belum masuk, kamu bisa konfirmasi ke aplikasi distributor pulsa terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka akan mengecek. Jika sukses, kamu bisa hubungi operator seluler kembali untuk memastikan kenapa pulsa belum masuk.

Jika ada SMS pengisian pulsa berhasil di penerima dan pulsa Rp0, kamu bisa hubungi operator seluler untuk cek SN valid atau tidak. Atau bisa jadi nomor kamu menggunakan paket darurat sebelumnya yang terpotong otomatis saat melakukan pengisian pulsa.

Atau pun kamu berlangganan paket lain yang mana membuat pulsa kamu tersedot sendiri.

Penutup

Jadi seperti itulah fungsi nomor SN dalam pengisian pulsa, sebagai notifikasi penambahan pulsa berhasil saat isi pulsa Telkomsel di konter, Shopee, DANA, OVO dan lainnya. Untuk pulsa transfer, tidak memiliki kode SN namun mendapatkan notifikasi dari 858.

Sebagai penjual pulsa, kamu tidak perlu khawatir saat menerima komplain dari penjual yang mengatakan pulsa belum masuk. Walaupun tidak sempat SS bukti pembelian atau sudah terhapus, kamu bisa cek Riwayat Transaksi di aplikasi yang kamu gunakan. 

Namun yang paling penting di sini adalah kamu harus memilih aplikasi jual pulsa terbaik. 


Demikianlah cara mengetahui SN Serial Number pengisian pulsa Telkomsel. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close