Skip to main content

Kelebihan Blogger Dibandingkan Youtuber

ANAKTEKNO.COM - Blogger dan Youtuber adalah 2 jenis content creator yang banyak menarik perhatian. Walaupun tidak bisa dipungkiri, Youtuber jauh lebih terkenal. Terlebih konten video saat ini lebih disukai oleh sebagian besar orang. 

Kelebihan Blogger Dibandingkan Youtuber

Karena itu, tidak sedikit juga orang yang ingin menjadi Youtuber. Tak terkecuali Blogger yang sudah banyak beralih ke Youtube. Dari sisi profit, umumnya pendapatan Youtuber memang jauh lebih tinggi dari Blogger. dan kadang prosesnya lebih cepat dibandingkan blog. 

Hal ini jugalah yang menimbulkan beberapa pertanyaan yang mengkhawatirkan para blogger pemula. Apakah blogger akan hilang digantikan oleh youtube?

Bagaimana masa depan blogger?

Hal ini tentu saja menjadi kekhawatiran yang tidak perlu dibesar-besarkan. Mengapa? Karena itu tidak  akan terjadi. 

Memang faktanya orang saat ini umumnya lebih menyukai konten video interaktif daripada konten tertulis. Namun bukan berarti konten video akan menggantikan keberadaan konten dalam bentuk tulisan. 

Berikut ini beberapa alasan Blogger tidak akan digantikan oleh Youtuber.

1. Ada konten yang tidak cocok untuk video

Tidak sedikit pembuatan konten video yang dipaksakan. Seharusnya bisa jadi artikel atau tutorial, namun dibuat jadi video. Contoh sederhananya, slide presentasi powerpoint dijadikan video dengan fitur rekam layar. Kalau slide-nya menarik tidak terlalu masalah, tapi kalau slide hanya tulisan, terus diubah jadi video lagi, itu kurang menarik sih. 

Padahal, konten tersebut lebih cocok dijadikan artikel di blog dari pada video di Youtube. Saat ini, kita pun bisa menampilkan dokumen word, excel atau powerpoint langsung di blog yang jauh lebih menarik. 

Tapi sebenarnya juga tidak ada masalah. Terlebih jika bisa diedit sedemikian rupa hingga lebih menarik. Kenapa tidak?

 2. Setiap orang belajar dengan cara berbeda

Alasan  kedua YouTuber tidak dapat menggantikan blogger adalah karena setiap orang belajar dengan cara berbeda. Ada yang lebih suka belajar dengan menonton, membaca, atau pun praktik. 

Jadi tidak semua orang bisa belajar dari menonton video di Youtube. Kembali lagi, itu tergantung ke jenis konten itu sendiri.

3. Konten video umumnya berasal dari konten tertulis 

Alasan lainnya Youtuber tidak akan menggantikan posisi blogger adalah membuat video juga butuh narasi yang umumnya dalam bentuk teks. Novel yang diangkat jadi film juga bisa jadi bukti dalam hal ini. 

 4. Membuat Konten Video Membutuhkan Konsep 

Faktanya membuat konten tulisan di blog lebih praktis dibandingkan dengan konten Youtube. Bukan berarti lebih mudah ya. Tapi hanya lebih cepat dari segi waktu. Membuat video butuh konsep yang hasilnya harus benar-benar menarik.

Belum lagi alat yang dibutuhkan juga lebih banyak dan mahal jika inign menjadi Youtuber sukses.

Lihat juga cara edit video Youtuber agar tidak terkena hak cipta

5. Kuota internet mahal dan jaringan internet yang lemot

Meskipun tidak semua namun ini juga jadi salah satu faktor penting alasan blogger belum beralih ke Youtube. Selain alat dan kuota yang butuh modal, tentu masalah jaringan juga salah satu faktor yang harus diperhatikan saat ingin jadi Youtuber.

Jika kuota dan jaringan tidak mendukung dalam upload video, tentu butuh usaha yang lebih lagi. Ini jadi tantangan sendiri untuk yang baru merintis. Jika sudah ada modal, sih ini bukan alasan yang logis.

Ini hanya opini semata. Jadi bagi kamu yang suka menulis, tidak perlu khawatir. Rezeki tidak akan ketukar kok.

Tapi sebenarnya yang menjadi kekuatiran besar internet marketer pemula adalah besarnya penghasilan youtuber vs blog. Jangan sampai saya salah pilih, hanya karena melihat dari sisi penghasilan. 

Ada yang bilang penghasilan adsense youtube lebih besar jika dibandingkan dengan adsense blog. 

Dalam hal ini bisa benar dan juga bisa tidak. Tergantung dari tampilan dan klik iklan juga. Jadi, tidak apple to apple jika membandingkan Youtuber dan Blogger karena masing-masing punya pasar sendiri dan peminat sendiri. 

Selain itu, ada orang yang memang hobi edit video, ada juga yang memang hobi menulis. Namun jika ada pertanyaan, besar mana penghasilan youtuber vs blogger, jujur kita bisa melihat bahwa penghasilan youtuber jauh lebih besar dari pada penghasilan blogger.

Sebut saja penghasilan youtuber Ria Ricis dan Atta Halilintar sebagai pemilik akun Youtube dengan suscribers terbanyak di Indonesia ini bukan hanya mendapatkan gaji dari iklan adsense, tapi juga dari banyak sponsor lainnya.

Youtube pemula saja yang baru belajar bisa dengan "mudah" mendapatkan uang dari Youtube. Mudah tanda kutip jika dibandingkan dengan membangun sebuah blog berpenghasilan. Namun itu tergantung orangnya lagi.

Jika kamu mau lihat yang lebih menguntungkan dari segi materi, maka gaji youtuber memang lebih besar. Tapi tentu itu pun butuh perjuangan yang tidak kalah sulitnya dari menjadi blogger.

Keunggulan video youtube lebih cepat memperoleh views dari youtube dari pada pembaca di blog yang untuk mencapai halaman pertama Google butuh kerja keras membuat artikel SEO dan waktu optimasi.

Penutup

Dari segi penghasilan, Youtuber memang terlihat lebih gurih dari Blogger. Tapi bukan berarti penghasilan Youtuber lebih besar dari Blogger. Semua tergantung views.

Bagaimana masa depan Blogger?

Semua tergantung riset dan jenis konten yang ditulis. Intinya, ada konten-konten blog yang tidak bisa digantikan oleh video. Namun sesuai penjelasan di atas, sepertinya memang kecil kemungkinan blog akan digantikan youtube karena memang blog dan youtube punya pasar sendiri.

Lihat juga cara login Youtube desktop di hp

Demikianlah kelebihan Blogger dibandingkan Youtuber. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close