Skip to main content

7 Cara Edit Video Youtube Agar Tidak Kena Hak Cipta

Cara Edit Video Youtube Agar Tidak Kena Hak Cipta - Salah satu masalah yang sering dialami oleh Youtuber pemula adalah terkait dengan pelanggaran hak cipta atau copyright. Entah dari video yang diupload atau pun lagu backsound yang digunakan, bisa saja diklaim oleh pihak ketiga melanggar hak cipta.

Cara Edit Video Youtube Agar Tidak Kena Hak Cipta

Tentu kemampuan Youtube dalam mendeteksi video yang bebas dan berhak cipta ini sangat membantu konten kreator dalam melindungi karya mereka. Namun sering juga ini terjadi karena ketidaksengajaan yang menjadi tantangan tersendiri bagi Youtuber pemula.

Untuk itulah, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi beberapa tips cara edit video agar tidak kena copyright atau hak cipta di Youtube.

Cara Edit Video Youtube Agar Tidak Kena Hak Cipta


Berikut ini beberapa cara edit video Youtube agar tidak kena hak cipta.

1. Gunakan Lagu Bebas Hak Cipta


Musik dan suara memang salah satu karya yang paling mungkin terpengaruh oleh hak cipta. Terlepas dari itu digunakan dalam sebuah video, penulis lagu sebagai pencipta bisa saja mengajukan gugatan karena menggunakan karya mereka.

Untuk menghindari hak cipta audio di Youtube, Anda dapat menggunakan  lagu yang tidak memiliki hak cipta. Ya, ada banyak sekali lagu bebas royalti yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk kebutuhan video Youtube Anda. 

2. Menggunakan musik bebas royalti 

Youtube sendiri menyediakan MP3 bebas royalti untuk digunakan pada video Youtube yang buat. Jadi Anda dapat mengunduh video dengan lagu dari Youtube tanpa perlindungan hak cipta. Ini merupakan cara paling aman jika menyertakan musik atau lagu sebagai backsound video. 

Anda boleh menggunakan audio  untuk  video, termasuk untuk tujuan komersial sesuai dengan peraturan yang berlaku.

3. Gunakan video License Creative Commons


Sepertinya halnya gambar tanpa hak cipta yang bisa didownload di beberapa situs, juga ada video dengan lisensi video Creative Commons. Youtube sendiri menyediakan fitur pencarian untuk filter video dengan lisensi ini.

Namun kamu tetap disarankan untuk membuat dan mengedit video semenarik mungkin jika ingin membuat konten yang bagus dan berbeda dari yang lainnya.

4. Mengubah nada suara 


Cover lagu dengan suara dan musik sendiri juga terkadang masih kena copyright. Tentu saja, ini tetap bukan karya original sehingga sangat mungkin untuk di take down oleh pemilik lagu asli. Itu sudah menjadi hak pemilik lisensi untuk mengklaim karyanya dan hal ini memang sesuai dengan undang-undang.

Termasuk sound yang memiliki hak cipta. Namun beberapa tetap bisa menggunakan sound tersebut dengan mengubah nada. Ini cara yang cukup berhasil untuk menghindari hak cipta tapi bukan solusi yang tepat juga. Lebih baik gunakan musik bebas lisensi aja. 

5. Tambahkan intro dan outro lagu


Trik lainnya agar tidak kena hak cipta di Youtube adalah dengan edit intro dan outro video. Selain musik, juga video itu sendiri agar berbeda dan unik dari yang lain. Kemampuan editing video dalam hal ini tetap berlaku. 

6. Meminta izin kepada pemilik hak cipta


Ini lebih sulit dibandingkan membuat video sendiri. Tapi jika tetap mau, ya bisa kerjasama dengan pemegang hak cipta dengan meminta izin. Tentu ada harga yang harus dibayar sesuai dengan kesepakatan.

7. Membuat video original sendiri


Cara paling aman agar video tidak kena hak cipta adalah dengan membuat konsep dan video sendiri. Paling tidak ini lebih mudah dari pada nomor 6. Kamu bebas berekspresi sesukamu tanpa khawatir dengan masalah hak cipta.

Tapi memang ini butuh kerja keras agar hasilnya maksimal. Dibutuhkan konsep dan skill editing video agar hasilnya benar-benar sesuai yang diharapkan. Adapun backsound, kamu bisa memanfaatkan free license music.

Terakhir, di Youtube sendiri pemilik hak cipta dapat memasang iklan di video yang mereka pegang lisensinya. Sementara jika video yang kamu upload kena klaim, maka iklan kamu tidak akan tampil di video tersebut.

Lihat juga cara login Youtube desktop di hp

Demikianlah cara edit video Youtube agar tidak kena hak cipta dan lolos copyright. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close