Skip to main content

Cara Burning CD-R & DVD-R Berulang Kali

ANAKTEKNO.COM - Bagaimana cara burning CD-R atau DVD-R berulang kali? Meskipun era media penyimpanan CD/DVD mulai berakhir, namun piringan cakram ini masih mudah ditemukan di tempat fotocopy atau percetakan. 

Cara Burning CD-R & DVD-R Berulang Kali

Ya, meksipun CD/DVD sudah tidak sepopuler dulu karena hadirnya media penyimpanan seperti flashdisk, namun penggunaan CD/DVD masih digunakan dalam beberapa hal. Contoh dalam membuat CD/DVD bootable Windows 7 atau 10. Beberapa jasa percetakan foto juga menggunakan CD/DVD untuk menyimpan file digital pelanggannya.

Nah, salah satu yang menarik adalah ternyata tidak semua CD/DVD bisa dihapus. Hal ini beberapa kali terjadi saat salah burning file ke CD/DVD. Ada CD/DVD yang filenya bisa dihapus, ada juga yang tidak bisa dihapus atau diformat. 

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, penyebab tidak bisa memburning CD dan DVD berulang kali terletak pada tipenya. 

Baik CD atau DVD, memiliki 2 tipe, yaitu R dan RW. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan simak hasil penelusuran Anaktekno.com berikut ini.

Apa itu CD-R?


CD-R adalah kepanjangan dari Compact Disc Read Only, yaitu tipe CD yang hanya bisa di burning satu kali. CD-R juga bisa dikatakan sebagai media penyimpanan yang tidak bisa diedit (read only). 

Karena itulah, jika salah burning CD-R, tidak mungkin untuk menghapus dan menggunakannya kembali. Tidak ada cara lain untuk mengembalikan CD-R yang sudah diburning seperti sedia kala. 

Apa itu DVD-R?


DVD-R adalah kepanjangan dari Digital Versatile Disc Read Only, yaitu tipe DVD yang hanya bisa di burning sekali. Selanjutnya, file di dalam DVD-R akan bersifat permanen dan tidak dapat dihapus.

Jadi kesimpulannya, CD dan DVD tipe R sama-sama recordable namun hanya bisa diisi satu kali. Selanjutnya, tidak akan bisa diisi karena tidak bisa diformat (Read Only).

Karena itu, saat burning CD/DVD-R, pastikan jangan melakukan kesalahan agar tidak terbuang percuma.

Cara Burning CD/DVD-R Berkali-kali


Berdasarkan penjelasan di atas, tidak ada cara burning ulang CD/DVD-R. Seperti dijelaskan di atas, CD-R dan DVD-R hanya bisa di burning satu kali, yaitu saat masih kosong. Setelah burning, sudah tidak bisa diedit lagi, walaupun CD/DVD-R masih memiliki ruang penyimpanan yang kosong.

Untuk itu, saat burning file ke CD/DVD-R, pastikan juga kapasitas penyimpanan file tersebut tidak lebih besar dari media penyimpanan itu sendiri. 

Karena sekali gagal burning, artinya kita harus beli CD/DVD yang baru. 

Agar bisa melakukan burning berkali-kali, ya mau tidak mau harus gunakan CD/DVD-R baru yang masih kosong. Itu satu-satunya syarat burning CD/DVD-R, yaitu masih kosong dan belum pernah di burning.

Bagaimana solusi terbaiknya?

Kamu bisa gunakan CD/DVD-RW yang bisa diburning berkali-kali. 

Apa itu CD/DVD RW?


CD/DVD RW adalah kepanjangan dari Compact Disc/Digital Versatile Disc Read Writer, yaitu CD/DVD yang bisa diburning ulang berkali-kali. Seperti halnya file di flashdisk, tipe CD/DVD-RW ini bisa ditambah, dihapus dan diformat.

Selama CD/DVD-RW tidak rusak secara fisik, kamu bebas menulis ulang CD/DVD RW ini. 


Cara Membedakan CD/DVD-R dan CD/DVD-RW


Cara mengetahui CD/DVD R dan CD/DVD RW adalah dari label di piringan itu sendiri. Selain merk CD/DVD, pasti ada juga tipenya, R atau RW.

Selain itu, harga CD dan DVD RW sedikit lebih mahal dibandingkan CD/DVD R. 

Sebagai informasi, perbedaan CD dan DVD sendiri umumnya terlihat dari kapasitas media penyimpanannya. CD sekitar 700 MB sedangkan DVD 4.7 GB.

Jika digunakan untuk buat bootable Windows 7 atau 10, maka harus menggunakan DVD.

Selengkapnya lihat perbedaan CD-R dan CD-RW

Bagaimana cara mengetahui CD sudah di burning?


Kamu bisa melihat tanda CD sudah di burning dari kapasitas media penyimpanannya. CD/DVD yang masih kosong menandakan CD/DVD belum di burning. 

Namun untuk tipe CD/DVD RW yang bisa diformat, kamu bisa cek lebih lanjut dengan memperhatikan CD/DVD itu sendiri. CD/DVD yang sudah di burning tentu sudah tidak sebersih saat baru dibeli. Terdapat seperti goresan-goresan halus pada CD/DVD yang sudah di burning.

Cara Burning CD/DVD-RW yang Sudah Ada Isinya


Tidak peduli CD/DVD RW sudah ada isinya atau masih kosong, kamu bisa melakukan burning kembali karena secara teoritis, memang CD/DVD RW dilengkapi fitur yang memungkinkan untuk menambah, menghapus dan memformat file di dalamnya.

Untuk burning CD/DVD RW sendiri, kamu bisa lakukan tanpa aplikasi langsung melalui file manager Windows Explorer. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Nero maupun CDBurnerXP.

Berikut ini langkah-langkah burning CD/DVD RW yang sudah ada isinya menggunakan Nero Burning ROM:
  • Siapkan CD/DVD RW baik kosong maupun yang sudah ada isinya.
  • Masukkan CD/DVD RW ke DVD drive laptop atau eksternal.
  • Buka aplikasi burning CD/DVD Nero Express.
  • Pilih kategori disc sesuai kebutuhan, bisa sebagai media player untuk suara, video dan animasi, bisa juga CD-ROM untuk booting Windows maupun file biasa. 
  • Klik ADD dan pilih file yang akan di burning ke CD/DVD kemudian klik Next.
  • Silahkan setting kecepatan burning, disc name, dan number of copies sesuai kebutuhan.
  • Terkahir klik Burn dan tunggu proses burning sampai selesai.
Pastikan proses burning berjalan dengan lancar. Jika menggunakan CD/DVD-RW, tentu kita bisa burning ulang jika gagal. Namun jika menggunakan CD/DVD-R, mau tidak mau harus ganti CD/DVD yang baru.


Demikianlah cara burning CD-R dan DVD-R berulang kali. Semoga informasi ini bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close