Skip to main content

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati/Hangus/Terblokir

Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati/Hangus/Terblokir - Ternyata kita bisa mengaktifkan kembali nomor hp Telkomsel yang sudah mati atau hangus tanpa ke Grapari. Hal ini bisa dilihat dari tutorial sebelumnya tentang cara aktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

4 Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Tanpa ke Grapari

Selama ini banyak yang tidak tahu dan pikir jika kartu sudah melewati masa tenggang, secara otomatis kartu tersebut tidak bisa digunakan lagi. Padahal, selagi masih memenuhi syarat, nomor kamu bisa diaktifkan dan digunakan kembali.

Syarat kartu Telkomsel diaktifkan kembali adalah harus berstatus kartu prabayar dan status kartu belum melewati batas yang ditentukan untuk reaktivasi.

Tapi sebenarnya, ada beberapa penyebab kartu Telkomsel terblokir. Penyebab nomor terblokir ini juga menunjukkan seberapa serius masalah yang dihadapi, apakah kartu terblokir bisa diaktifkan kembali atau tidak.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang beberapa penyebab kartu Telkomsel terblokir dan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir tanpa ke Grapari.

Penyebab Kartu Telkomsel Terblokir


Berikut ini beberapa penyebab kartu Telkomsel terblokir.

1. Terblokir Atas Permintaan Sendiri


Nomor hp Telkomsel umumnya digunakan sebagai pemulihan akun Gmail, Facebook, dan lain sebagainya, termasuk terhubung dengan akun internet banking untuk transaksi online.

Jika hp kita hilang, maka keamanan akun-akun tersebut sangat berbahaya, terlebih keamanan transaksi dengan SMS Banking dan internet banking.

Untuk itulah, pemilik kartu akan meminta operator untuk memblokir kartu yang hilang tersebut. Untuk Telkomsel, bisa melalui panggilan ke 188 untuk berbicara dengan customer service.

2. Terblokir Karena Lupa PIN


Meskipun mengunci kartu sim sudah jarang dilakukan, namun ini juga menjadi salah satu penyebab kartu terblokir yang paling sering ditemui.

Seperti diketahui, jika mengunci kartu sim, maka jika salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut maka kartu sim akan otomatis diblokir.

Untuk penyebab kartu Telkomsel diblokir yang satu ini bisa diaktifkan kembali tanpa ke Grapari dengan memasukkan kode PUK. Kode PUK sendiri dapat ditemukan pada bungkus kartu SIM perdana.

Jika kemasan untuk melihat kode PUK sudah hilang, Anda bisa membuka kartu Telkomsel yang terblokir dengan menghubungi call center operator di 188.

Sedikit tips untuk kamu yang mengunci kartu SIM agar menghubungi 188 untuk mendapatkan informasi seputar kode PUK yang sangat berguna saat lupa PIN.

3. Terblokir Karena Tidak Registrasi


Kartu terblokir karena tidak registrasi juga sudah jarang ditemui sejak pemberlakuan aturan wajib registrasi ulang kartu prabayar untuk melawan penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas.

Seperti diketahui, saat ini setiap pembelian kartu prabayar Telkomsel perdana wajib registrasi dengan NIK dan No. Kartu Keluarga.

Namun jika kartu kamu terblokir karena tidak registrasi atau karena data registrasi tidak tepat, maka solusi terbaik adalah dengan melakukan registrasi ulang di *444# sesuai dengan data dukcapil (NIK dan No. Kartu Keluarga).

4. Terblokir Karena Lupa Bayar Tagihan Kartu Halo


Karena terlena menggunakan kartu pascabayar hingga lupa bayar tagihan, sehingga kartu pascabayar diblokir oleh operator. Yeah, ini salah satu masalah yang sering dialami oleh pelanggan kartu pascabayar Halo.

5. Terblokir Karena Lupa Isi Pulsa


Untuk kartu prabayar Telkomsel, baik Kartu AS, Simpati atau Loop, lupa isi pulsa bisa menyebabkan kartu diblokir.

Seperti diketahui, setelah masa aktif kartu Telkomsel habis, maka kartu akan berada dalam masa tenggang dimana pelanggan diberi kesempatan dalam waktu 30 hari untuk segera mengisi ulang pulsa.

Jika dalam waktu masa tenggang tidak diisi pulsa, maka kartu akan terblokir sementara dalam waktu 15 hari. Kartu yang sudah lewat masa tenggang sudah tidak bisa diisi pulsa dan harus diaktifkan melalui Grapari.

Setelah masa tenggang + 15 hari toleransi, maka kartu Telkomsel akan terblokir total secara permanen. Tidak ada cara mengembalikan kartu sim yang terblokir permanen.


4 Cara Aktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Tanpa ke Grapari


Adapun cara aktifkan kartu Telkomsel yang terlanjur terblokir karena lupa isi pulsa bisa mengikuti panduan berikut ini.

1. Aktivasi kartu Telkomsel hangus di *888*89#


Cara pertama aktifkan kartu hangus Telkomsel tanpa ke Grapari adalah melalui kode UMB *888*89#. Sebelumnya, kamu bisa siapkan KTP, Kartu Keluarga dan tentu saja kartu SIM fisik yang akan diaktifkan kembali.

Kartu SIM tersebut adalah kartu yang akan digunakan untuk menghubungi kode UMB prepaid reactivation. 
  • Untuk langkah-langkahnya, bisa ikuti cara aktivasi kartu Telkomsel hangus di sini:
  • Buka menu Telpon di hp kamu.
  • Ketik kode *888*89# dan panggil.
  • Pilih menu 1 Reaktivasi Kartu.
  • Pilih Setuju.
  • Masukkan NIK KTP dan KK.
  • Selesai.
Kamu akan menerima pesan SMS saat jika nomor bisa diaktifkan kembali. Namun umumnya, kartu tidak akan bisa direaktivasi melalui menu *888*89# ini jika sudah lewat dari 3 hari sejak masa tenggang.

2. Aktifkan kartu Telkomsel mati lewat CS media sosial


Cara aktifkan kartu Telkomsel terblokir permanen tanpa ke Grapari bisa melalui CS Telkomsel di Twitter atau Instagram.

Berikut ini cara aktifkan kartu Telkomsel hangus tanpa ke Grapari:
  • Kunjungi website Twitter atau Instagram.
  • Cari CS Telkomsel resmi di Twitter dan Instagram kemudian kirim pesan (DM). 
  • Kamu akan diberikan link untuk upload data pribadi seperti KTP, KK, termasuk foto kartu SIM fisik yang terblokir dan ingin diaktivasi kembali.
  • Silahkan tunggu balasan dari CS Telkomsel untuk pengaktifan kartu jika memenuhi syarat.
  • Selesai.

3. Hubungi Call Center Telkomsel


Untuk cek bisa tidaknya kartumu diaktifkan kembali, kamu bisa hubungi call center Telkomsel di 0807 1811 811 atau 188.

Saya sendiri lebih sering menghubungi Telkomsel di 188 untuk berbicara dengan customer service setiap kali ada masalah atau gangguan. 

Sebelum menghubungi CS Telkomsel 188, sebaiknya persiapkan setiap berkas dan dokumen yang dibutuhkan. Termasuk juga pulsa Rp300 agar dapat tersambung dan berbicara dengan CS Telkomsel.

4. Migrasi kartu prabayar ke pascabayar


Saya pernah memiliki pengalaman kartu Telkomsel hangus karena lupa isi pulsa saat masa tenggang. Saat hubungi Telkomsel di 888, saya disarankan untuk aktivasi kartu dengan migrasi dari prabayar ke pascabayar.

Padahal kartu baru terblokir dan katanya itu satu-satunya solusi. Padahal, banyak sumber yang menjelaskan bahwa selama belum melewati periode waktu yang telah ditentukan Telkomsel, yaitu 15 hari, pelanggan dapat mengaktifkan kembali nomornya yang telah hangus.

Tapi mungkin ada kriteria lain yang ditentukan oleh Telkomsel dalam hal ini. Atau mungkin saja fitur reaktivasi ini belum berlaku waktu itu.

Kembali lagi, saya tidak migrasi kartu karena saya belum butuh kartu pascabayar. Selain itu, nomor hp tersebut juga tidak penting-penting amat. 

Jadi tidak apa-apa jika dinyatakan hangus permanen. Nanti juga akan didaur ulang (recyle), tapi tentu sulit untuk mendapatkannya kembali.

Lihat juga 

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Tanpa Ke Grapari


Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena salah PIN bisa diaktifkan tanpa ke Grapari dengan memasukkan kode PUK atau menelpon ke customer service Telkomsel di 188.

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena habis masa tenggang harus dilakukan di Grapari dalam waktu kurang dari 15 hari sejak diblokir. Namun nantinya, kartu prabayar tersebut akan menjadi kartu pascabayar.

Tidak ada cara mengaktifkan kartu yang terblokir total/permanen karena masa aktif habis akibat lupa isi pulsa. 

Terblokir total di sini artinya kartu Telkomsel sudah hangus atau mati karena membiarkan kartu dalam masa tenggang dan tidak segera ke Grapari setelah masa tenggang 15 hari.

Jadi, pastikan Anda tidak lupa isi pulsa agar masa aktif kartu Telkomsel Anda terus diperpanjang. Jika kartu dalam masa tenggang, segera isi pulsa. 

Jika setelah masa tenggang, maka kartu Telkomsel Anda hanya butuh 15 hari untuk hangus dan tidak bisa diaktifkan kembali. Segera ke Grapari jika kartu Anda diblokir karena lupa isi pulsa saat masa tenggang. 

Atau sebelum ke Grapari, ada baiknya Anda menghubungi customer service Telkomsel di 188 terlebih dahulu untuk memastikan masalah yang Anda hadapi terkait kartu terblokir.


Demikianlah penyebab kartu Telkomsel terblokir dan cara mengaktifkan kartu Telkomsel terblokir/mati tanpa ke Grapari. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close