--> Skip to main content

8 Tips Membeli Hp Baru Agar Tidak Tertipu & Merasa Rugi

ANAKTEKNO.COM - Menerapkan tips membeli hp baru agar tidak tertipu di bawah ini akan meminimalkan perasaan kecewa setelah membeli hp. Berapa banyak dari kita yang membeli sesuatu namun merasa rugi dan tertipu? Tidak bisa dipungkiri banyak sekali kasus dimana seseorang membeli sebuah produk atau jasa namun tidak puas. 

Tips Membeli Hp Baru Agar Tidak Tertipu & Merasa Rugi

Entah karena kualitas produk atau pun pelayanan yang didapatkan. Sama saat akan membeli hp baru, sangat disarankan untuk mengetahui beberapa hal penting agar tidak rugi.

Harus diakui, membeli smartphone tidaklah semudah yang kita pikirkan. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan mulai dari budget sampai spesifikasi hp yang sesuai dengan kebutuhan kita. 

Yang paling penting saat membeli hp adalah jangan takut dan ragu untuk bertanya. Jangan malas untuk mencari kelebihan dan kekurangan hp yang akan dibeli agar tidak menyesal.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anaktekno.com kembali memberikan beberapa hal yang harus dilakukan sebelum membeli hp baru maupun bekas. 

Tips Membeli Hp Baru Agar Tidak Tertipu & Merasa Rugi


Berikut tips membeli hp baru agar tidak tertipu dan merasa rugi:

1. Beli hp sesuai kebutuhan


Pertimbangan membeli hp yang paling utama adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap orang memiliki cara menggunakan hp yang berbeda sehingga alasan kenapa beli hp baru juga berbeda-beda.

Misalnya, jika kamu lebih sering menggunakan media sosial, maka hp dengan kualitas kamera menjadi pertimbangan utama. Jika kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan, kapasitas baterai hp tidak boleh diabaikan.

Adapun jika kamu lebih sering bermain game, maka selain baterai, hp dengan processor, RAM dan memori internal yang tinggi harus menjadi pilihan. 

Untuk kamu yang menjadikan hp sebagai lifestyle, maka desain, tampilan layar, merk, tipe dan fitur yang harus menjadi pertimbangan saat akan membeli hp baru.

Rekomendasi bacaan daftar hp murah RAM besar

2. Ketahui dengan jelas budget yang siap digunakan


Di samping kebutuhan, tentu ada budget yang harus disiapkan. Semakin bagus dan tinggi spesifikasi hp yang kamu ingin beli, tentu semakin besar budget yang harus kamu persiapkan.

Tentu akan sulit mencari ponsel gaming dengan harga 1 jutaan. Jadi di sini berlaku hukum "ada harga ada kualitas". 

Namun salah satu kesalahan saat membeli hp yang umum dilakukan adalah membeli hp yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Tidak sedikit orang yang terlalu memaksakan membeli hp terbaru dengan spesifikasi tinggi padahal tidak sesuai dengan kebutuhannya. Keputusan ada ditanganmu. 

3. Bandingkan smartphone dari segi harga, merk dan tipe


Setelah mengetahui budget yang harus dikeluarkan, selanjutnya adalah mencari hp dengan harga tersebut di Google. Misalnya jika kamu memiliki uang 1 juta, maka kamu bisa cari di Google dengan kata kunci rekomendasi hp murah RAM besar 1 jutaan.

Nantinya akan muncul berbagai website dengan daftar hp harga 1 jutaan. Silahkan bandingkan merk dan spesifikasi setiap smartphone yang ada di daftar.

Agar penilaian tidak salah, sangat disarankan melihat daftar hp 1 jutaan di berbagai website dan Youtube. Kamu bisa bandingkan setiap merk yang direkomendasikan mana yang paling murah dan spesifikasinya paling tinggi.

4. Cari review dan spesifikasi hp yang diinginkan


Jika sudah memegang merk dan tipe hp yang akan dibeli, jangan langsung ke konter. Masih di Google, silahkan cari dengan kata kunci "review hp merk + tipe". Contoh review hp Xiaomi Redmi 6 RAM 4/64 GB.

Silahkan buka satu per satu website dan baca dengan seksama ulasan kelebihan dan kekurangan hp yang akan dibeli tersebut. Di sini kamu akan mengetahui tentang hp tersebut lebih jauh. 

5. Beli hp baru di tempat yang aman


Setelah yakin dengan pilihan, kamu bisa membeli hp tersebut tanpa ragu. Tapi jangan lupa untuk membeli hp di tempat yang aman. 

Nah, beli hp sebaiknya dimana?

Beli hp paling aman tentu di konter terpercaya atau merchant resmi dari brand atau merk hp itu sendiri. 

Selain membeli hp di konter, saat ini banyak juga yang memilih membeli hp secara online. Tidak bisa dipungkiri kalau membeli lewat online jauh lebih berisiko.

Karena itu, kamu butuh lebih banyak pengetahuan jika ingin membeli hp secara online dengan aman. Berbeda saat mengunjungi konter di mana kita bisa langsung berdiskusi dengan sales, beli online umumnya hanya lewat chat. Tidak sedikit seller di marketplace yang fast respon-nya buruk. 

Untuk itu, perhatikan baik-baik deskripsi produk yang ingin dibeli. Jangan sampai stoknya habis atau produk yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. 

6. Pastikan cek kondisi fisik hp


Baik beli di konter atau online, setelah barang diterima, pastikan sekali lagi kondisinya dalam keadaan baik. Jika membeli di tempat yang aman, pada dasarnya kita tidak perlu khawatir tentang ini. 

Jika ragu dengan tempat membeli ponsel tersebut, disarankan untuk cek keaslian hp yang dibeli. Salah satu cara cek hp baru original atau tidak yang paling mudah adalah cek IMEI.

Cara cek IMEI hp adalah dengan dial kode *#06#, nantinya akan muncul nomor IMEI. Pastikan nomor tersebut sesuai dengan nomor IMEI pada tempat hp. 

7. Pertimbangkan kartu garansi


Selain harga murah dan spesifikasi, pertimbangan lain saat membeli produk elektronik tentu saja adalah garansi. Sama saat beli hp, jangan ragu untuk bertanya mengenai garansi.

Jika beli hp original dari brand ternama, tentu kartu garansi adalah hal yang harus didapatkan oleh pembeli. Dalam beberapa hal, kartu ini bisa sangat menolong saat hp tiba-tiba rusak sendiri. 

8. Instal aplikasi penting 


Terakhir, hal-hal yang dilakukan setelah membeli hp baru adalah menginstal aplikasi penting. Umumnya hp android telah dilengkapi oleh browser bawaan.

Kamu bisa menambah aplikasi pihak ketiga lainnya untuk menunjang aktivitasmu, seperti aplikasi media sosial, e-wallet, mobile banking, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan. 

Jangan lupa untuk hubungkan hp dengan email dan lakukan sinkronisasi. Mengetahui email dan password yang terkoneksi dengan hp bisa untuk lacak hp yang hilang. 


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Hp


Berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat membeli hp baru:

1. Perhatikan reputasi penjual jika membeli online


Baik beli offline maupun online, hal pertama yang harus dicari tahu adalah reputasi seller atau penjual. Kamu bisa melihat review toko tersebut lewat testimoni di marketplace atau Google Maps.

Semakin besar sebuah toko, seharusnya semakin banyak produk yang tersedia. Semakin ramai toko, pasti ada sesuatu yang memikat pengguna sehingga datang ke toko tersebut.

Bukan berarti toko yang baru berkembang tidak layak untuk dipertimbangkan. Tidak semua mendapat kesempatan untuk itu, karena itu jangan ragu datang ke sana.

Saat membeli hp baru, selain barang, kita juga akan mendapatkan pelayanan. Dari pelayanan inilah, banyak toko yang terlalu percaya diri sehingga lupa dengan kualitas yang sehaursnya mereka pertahankan.

2. Hati-hati saat harga hp terlalu murah


Dalam membeli produk, harga paling murah tidak selalu pilihan yang bagus. Sebaliknya, harga yang mahal belum tentu seseuai dengan ekspektasi.

Saat beli hp baru, pastikan harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh dengan harga di tempat lain. Jika harganya terlalu murah dan terkesan banting harga, kamu patut waspada.

Selisih harga yang tidak masuk akal, terlebih saat beli online sangat berisiko. Jadi, jangan ragu mempertanyakan apakah ada promo atau diskon sehingga harga produknya sangat murah.

Sesuatu yang terlalu indah untuk jadi kenyataan seringkali memang tidak akan pernah terjadi. 

3. Jangan beli hp jika terdapat kerusakan


Sekecil apa pun kerusakan yang terlihat, itu bisa menjadi nilai penting saat negosiasi harga, terutama saat beli hp seken. 

Jika digunakan untuk jangka panjang, sebaiknya jangan toleransi kerusakan atau mines yang sulit untuk diperbaiki. Kecuali kamu memang memiliki pengetahun yang memadai tentang service hp.

4. Hindari beli hp RAM kecil untuk kamu yang suka game


Jika kamu ingin smartphone gaming terbaik, tentu butuh RAM yang besar. Tidak bisa dipungkiri, spek RAM merupakan salah satu faktor utama dan penentu saat membeli hp baru.

Idealnya, hp untuk kebutuhan gaming tingkat tinggi mulai dari 4 GB. RAM dengan ukuran lebih kecil umumnya hanya untuk multitasking yang tidak cocok untuk menjalankan game. 

5. Jangan dengarkan rekomendasi hanya dari 1 pihak


Saat akan beli hp baru, kamu disarankan untuk mencari rekomendasi sebanyak-banyaknya. Entah dari penjual, teman dan Google. Saat datang ke konter pun dan stok mereka habis, biasanya mereka akan menawarkan hp lain yang sekiranya bisa menjadi solusi. 

Pada umumnya harga yang mahal masih bisa diterima. Namun jika produk yang dibeli tidak sesuai spektasi, tentu akan membuat kita merasa rugi.

Sampai di sini cukup banyak yang harus dihindari saat membeli hp baru. Diharapkan tips membeli hp android yang murah dan berkualitas di atas bisa diterapkan dengan baik dan benar.


Demikianlah tips membeli hp baru agar tidak tertipu dan merasa rugi. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close