Skip to main content

Cara Mengatasi Saldo Tertunda 21 Hari Pada Paypal Work 99%

Cara Mengatasi Saldo Tertunda 21 Hari Pada Paypal Work 99% - Saldo Paypal ditunda atau pending memang telah menjadi risiko untuk kamu yang berbisnis menggunakan Paypal. Terlebih pada akun baru yang menerima pembayaran dari luar negeri. 

Cara Mengatasi Saldo Tertunda 21 Hari Pada Paypal Work 99%

Pembayaran yang tertunda bervariasi. Ada yang hanya 24 jam, 7 hari, 21 hari bahkan sampai 180 hari. Jika on hold 24 jam, besoknya bisa dipastikan saldo akan mendarat dengan aman di rekening penarikan atau saldo tersedia di Paypal. 

Untuk dana ditahan Paypal selama 7 hari sampai 21 hari, umumnya saldo akan berhasil diterima. Namun dalam beberapa kasus, bisa saja dalam waktu tersebut terjadi refund otomatis, baik karena dilakukan klaim oleh pengirim atau secara otomatis oleh Paypal.

Adapun untuk saldo tertahan 180 hari pada umumnya terjadi pada akun yang terkena limit permanen dimana kita tidak bisa lagi menggunakan Paypal.

Karena itu, jika terjadi saldo pending, sebaiknya tetap awasi akun Paypal sampai saldo berhasil masuk.

Nah, pada kesempatan ini, kita hanya akan fokus membahas penyebab dan cara mengatasi saldo tertunda Paypal 21 hari.

Ciri-ciri Saldo Paypal Ditahan


Setelah menerima pembayaran di Paypal, umumnya kita akan mendapatkan 1 inbox notifikasi dari Paypal dengan subyek "Anda telah menerima $10,00 USD dari pengirim".

Jangan senang dulu, karena bisa saja setelah email tersebut akan ada 2 email masuk bersamaan yang menginformasikan kalau saldo Paypal kamu tertunda. Subyeknya ditandai dengan "Informasi penting tentang rekening Paypal Anda" dan "$10,00 USD dari pengirim, masuk ke saldo tertunda Anda". 

Jika sudah seperti ini, bisa dipastikan pembayaran yang diterima tidak akan masuk ke saldo Paypal, melainkan di saldo tertunda.

Jika saldo pending 24 jam, maka kita akan mendapatkan saldo tersebut masuk ke balance akun Paypal setelah 24 jam. Begitu juga dengan pending 7 hari atau 21 hari. 

Tapi ada beberapa cara yang bisa membuat pembayaran tersebut segera tersedia (available) untuk digunakan belanja, dikirim atau withdraw ke rekening bank.

Penyebab Saldo Paypal Tertunda 21 Hari


Berikut ini beberapa penyebab saldo Paypal tertunda 21 hari:

1. Akun baru belum mapan


Saldo tertahan 21 hari umumnya terjadi pada akun yang baru dibuat. Biasanya dalam beberapa pembayaran pertama, saldo akan tertunda selama 21 hari. Hal ini disebabkan karena akun masih tergolong sebagai penjual yang belum mapan.

Jika saldo pending terjadi pada akun lama, biasanya disebabkan karena pembayaran yang diterima dianggap tidak biasa. Pada dasarnya sistem Paypal memahami pola transaksi setiap akun sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak biasa, secara otomatis sistem akan menandainya.

2. Pengirim menggunakan metode pembayaran barang (good)


Penyebab saldo tertunda umumnya juga terjadi pada pembayaran dengan metode barang. Sama seperti pada toko online dimana saldo akan dilepaskan ke pembeli setelah barang sampai di tempat tujuan. 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap pembeli jika saja barang tidak dikirim atau tidak sesuai dengan pesanan.

3. Pengirim melakukan klaim


Salah satu risiko menggunakan Paypal adalah pengirim melakukan klaim. Beberapa orang yang tidak bertanggung jawab melakukan kecurangan dengan memanfaatkan fitur klaim pembayaran di Paypal. Untuk akun yang baru, hal ini bisa menyebabkan saldo direfund sehingga merugikan penjual.

Berapa Lama Saldo Tertahan di Paypal?


Saldo tertahan di Paypal bisa 24 jam, 7 hari, 21 hari sampai 180 hari. Umumnya saldo benar-benar akan masuk setelah menunggu sampai waktu tersebut.

Namun Paypal tidak bisa diprediksi. Bisa saja dalam waktu tersebut saldo direfund kembali ke pengirim atau bahkan akun dibanned permanen. 

Untuk pembayaran tertunda 24 jam, saya biasanya akan menunggu selama 1 hari dan ini umumnya akan masuk ke balance atau dicairkan ke rekening bank jika withdraw.

Untuk saldo tertahan 7 hari dan 21 hari, ini cukup berisiko. Karena itu, saya biasanya mencoba melakukan beberapa hal untuk mendapatkan saldo tertunda tersebut menjadi lebih cepat.


Cara Mengatasi Saldo Paypal Tertunda


Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui metode pembayaran yang dilakukan oleh pengirim. Jika menggunakan metode pengiriman ke teman, maka tidak akan ada biaya admin (tanpa fee). Jika ada biaya, maka bisa dipastikan kalau metode pembayaran menggunakan jasa atau barang.

Jika pembayaran barang, tandai barang telah dikirm dan cantumkan nomor pelacakan jika tersedia. Jika berhasil, dana bisa masuk ke balance Paypal kurang dari 7 hari (14 hari untuk pengiriman ke luar negeri).

Jika pembayaran jasa, perbarui status layanan atau penjualan produk virtual. Entah itu e-book, e-tiket, kursus dan lain sebagainya. Intinya tandai pesanan telah diproses dan berikan rincian pada halaman transaksi.

Cara Mengatasi Saldo Tertunda 21 Hari Pada Paypal


Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara mengatasi saldo tertunda Paypal 21 hari:
  • Masuk ke akun Paypal. 
  • Pada halaman utama, klik saldo ditahan (on hold) pada bagian Aktivitas.
  • Setelah itu, akan diarahkan ke halaman rincian pembayaran saldo tertunda. Klik Dapatkan Dana Anda Lebih Cepat
  • Cara mendapatkan dana Paypal lebih cepat saat tertunda 21 hari
  • Jika yang dijual barang, maka pilih Produk.
  • Jika yang dijual adalah service atau jasa, pilih Layanan atau produk virtualCara mengatasi saldo Paypal tertunda lebih cepat
  • Pada Status pesanan, sebaiknya pilih Diproses dan pilih tanggal penuntasan pelayanan sekitar 5 hari setelah pembayaran diterima. 
  • Penyebab saldo Paypal tertunda
  • Klik Kirim
  • Sampai tahap ini status informasi pesanan telah diperbarui dan akan ada status dana ditahan, status pesanan diperbarui dan waktu dana dilepas. Kenapa saldo Paypal ditahan?
  • Selesai.
Jika informasi yang diperbarui lengkap, seharusnya dana akan diterima lebih cepat walaupun tertunda 21 hari.

Sebagai catatan, jangan pilih status Selesai jika pembayaran baru dilakukan hari ini, baik itu pembayaran jasa maupun barang. Karena dalam kasus ini, Paypal tidak mengenal COD maupun bayar setelah pengerjaan.


Cara Mengatasi Saldo Paypal Ditahan


Untuk mengatasi pembayaran pengirim ditahan untuk sementara, bisa ikuti tips-tips berikut ini:
  • Selesaikan 5 transaksi dengan lancar tanpa sengketa, klaim atau retur barang dari pengirim.
  • Terima minimal $100 USD.
  • Jaga status rekening Paypal tetap baik selama 60 hari.

Apakah saldo Paypal bisa hangus?


Saldo Paypal hangus bisa karena akun dibanned permanen atau terjadi refund sehingga penerima saldo tidak mendapatkan apa-apa. Untuk banned permanen, hanya ada 2 hal yang bisa terjadi, saldo bisa ditarik setelah 180 hari atau benar-benar hangus.

Kenapa saldo Paypal ditahan?


Penyebab umum saldo Paypal ditahan karena akun yang bertransaksi masih baru dan belum mapan sebagai penjual. Selain itu, bisa juga karena terdeteksi aktivitas yang mencurigakan seperti transaksi yang tidak biasa.

Kenapa saldo Paypal tidak masuk?


Withdraw Paypal ke rekening bank umumnya sekitar 12 jam untuk hari kerja. Jika penarikan di hari Sabtu atau Minggu, umumnya akan masuk di Senin siang.

Jika saldo tidak masuk dari transfer pengguna lain, bisa jadi pembayaran tersebut ditahan untuk sementara dan akan dilepaskan dalam jangka waktu tertentu.

Berapa lama saldo tertahan di Paypal?


Jangka waktu saldo tertahan atau on hold di Paypal bervariasi. Ada yang hanya 24 jam, namun ada juga yang 21 hari.

Apakah Paypal aman atau tidak?


Pada dasarnya tingkat keamanan Paypal sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kepercayaan terhadap Paypal oleh banyaknya pengguna dari berbagai negara. Hanya saja, risiko banned permanen Paypal cukup menghantui pengguna Paypal.

Apakah Paypal dan DANA itu sama?


Paypal dan DANA sama-sama platform e-wallet yang berfungsi untuk menerima dan melakukan pembayaran cashless atau non tunai. Perbedaannya, Paypal umumnya digunakan untuk transaksi dollar antar negara, sedangkan DANA hanya di Indonesia dengan mata uang rupiah.

Terakhir, saldo tertunda 21 hari bukan hanya terjadi pada transaksi produk atau barang yang memiliki fee, namun juga bisa terjadi pada pembayaran pribadi, teman atau keluarga tanpa fee.


Demikianlah cara mengatasi saldo tertunda 21 hari pada Paypal. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close