Skip to main content

4 Cara Cek DA PA Blog Dan Cara Meningkatkannya

Cara Cek DA PA Blog Dan Cara Meningkatkannya - Bagi sebagian praktisi SEO, DA PA merupakan salah satu indikator blog atau website berkualitas. Semakin tinggi skor DA PA, semakin bagus website tersebut.

4 Cara Cek DA PA Blog Dan Cara Meningkatkannya

Artinya, semakin mudah untuk mendapatkan posisi page one di pencarian Google. Karena itulah, meningkatkan DA PA website merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan oleh pemilik blog yang ingin websitenya bisa bersaing di mesin pencari Google.

Namun perlu diketahui kalau meningkatkan DA PA blog itu tidaklah mudah. Dikutip dari berbagai sumber, MOZ menggunakan lebih dari 40 faktor penentu skor DA PA suatu domain atau halaman.

Sementara itu, tinggi DA PA blog bukan jaminan untuk bisa bersaing di halaman Google. Karena Google sendiri memiliki lebih dari 200 faktor penentu dalam memberikan peringkat websiste.

Jika demikian, apakah DA PA blog tidak perlu dioptimasi?

Kita tidak tahu apa saja faktor ranking Google tersebut. Namun jelas DA PA tinggi merupakan salah satu indikator blog berkualitas. Itu tidak bisa dibantah. Karena itu, penting untuk meningkatkan DA PA blog.

Apa itu DA PA Blog?


DA PA domain merupakan skor yang dikembangkan oleh MOZ dari skala 1 sampai 100. Semakin tinggi DA PA website, artinya semakin bagus website tersebut. 

DA (Domain Authority) adalah indikator yang menunjukkan kualitas website secara menyeluruh. Sedangkan PA (Page Authority) adalah indikator yang menunjukkan suatu halaman dalam sebuah website. 

Page Authority setiap halaman berbeda tergantung kualitas konten, traffic dan backlink yang mengarah ke halaman tersebut. Adapun DA lebih kompleks dan lebih sering ditingkatkan melalui backlink ke homepage.

Bagaimana Cara Cek DA PA Blog?


Untuk mengetahui skor DA PA blog, kita bisa menggunakan beberapa tools yang ada di internet, baik yang berbayar maupun yang gratis. Berikut ini beberapa cara cek DA PA blog yang akurat dan sering digunakan.

1. Cara Cek DA PA Blog Websiteseochecker

  • Klik link https://websiteseochecker.com.
  • Pada kolom Enter URL or domain per line, masukkan domain yang akan dicek. Contoh https://www.anaktekno.com 
  • Kamu bisa cek sampai 3 domain satu kali proses dengan menggunakan enter setiap domain. Tools Cek Domain Authority Blog/Website Free
  • Klik I'm not a robot untuk verifikasi Captcha.
  • Klik tombol Check.
  • Tunggu proses beberapa detik maka akan tampil skor DA PA blog, termasuk umur domain, spam skor, jumlah backlink dan Alexa Rank.Cek DA PA Blog Free
  • Selesai.

Cara Cek DA PA Blog Menggunakan Prepostseo

  • Buka halaman https://www.prepostseo.com
  • Akan tampil halaman cek DA PA tool Prepostseo.
  • Silahkan ketik URL website yang akan dicek. 1 URL 1 baris, pisahkan dengan enter.
  • Verifikasi Captcha dengan klik I'm not a robot.
  • Klik Periksa Otoritas.
  • Selesai. 

Cara Cek DA PA Blog lewat MOZ

  • Klik link https://moz.com
  • Pilih Create my Account untuk daftar akun MOZ baru.
  • Pada menu Sign Up, masukkan email, nama dan password.
  • Klik I agree to the Moz Terms of Service & Community Etiquette.
  • Klik Saya bukan Robot untuk verifikasi captcha.
  • Klik tombol Create an account.
  • Verikasi pendaftaran akun MOZ di email.
  • Login ke akun MOZ.
  • Untuk cek DA PA blog, ketikkan domain di kolom Link Explorer. Contoh https://www.anaktekno.com
  • Maka akan tampil skor Domain Authority, Linking Domains, Inbound Links, Ranking Keyword.
  • Selesai. 

Cara Mengecek DA PA Lewat Smallseotools

  • Masuk ke website http://smallseotools.com
  • Masukkan URL domain yang akan dicek. Contoh https://www.anaktekno.com
  • Kamu bisa cek DA PA lebih dari 1 domain dengan cara tekan enter kemudian tulis domain kedua yang akan dicek.
  • Klik tombol Check Authority.
  • Maka akan tampil web page dengan skor DA, PA Moz Rank, IP Address, dan IP Location.

Faktor yang Mempengaruhi DA PA Blog


Apa saja yang menjadi faktor skor DA PA blog?

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Umur Domain


Untuk domain yang masih baru (bukan expired domain atau aged domain), umumnya skor DA PA blog hanya 1. Seiring berjalannya waktu, DA PA blog akan meningkat dengan syarat mutlak, yaitu rutin update artikel.

Posting konten berkualitas setiap hari merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan DA PA blog secara natural. Ya, walaupun proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.


2. Konten SEO


Meskipun umur blog sudah bertahun-tahun, tidak ada jaminan DA PA blog akan tinggi. Sesuai dengan faktor pertama di atas, syarat mutlak yang harus dilakukan adalah rajin posting artikel berkualitas.

Artikel berkualitas SEO adalah yang melalui tahapan riset kata kunci kemudian ditulis untuk bisa menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan pengunjung.

Selain internal link, salah satu hal yang menarik dalam artikel SEO adalah eksternal link. Banyak blogger pemula yang terlalu takut memberikan link eksternal ke artikel lain. 

Padahal, selama eksternal link tersebut relevan, maka hasilnya akan sangat bagus. Jika kamu pengguna Wordpress dengan plugin RankMath, agar skor artikel bisa hijau, maka salah satu yang harus dilakukan adalah memasukkan eksternal link.

3. Backlink Berkualitas


Backlink masih menjadi faktor penting SEO. Backlink dari website otoritas dapat meningkatkan DA PA blog dengan cepat. Kamu bisa membangun backlink sendiri melalui situs-situs gratis dengan DA PA tinggi.

Namun jika tidak ingin ribet, kamu juga bisa membeli backlink dari penyedia jasa SEO. Perlu diketahui, dalam membangun backlink pastikan senatural mungkin. 

4. Social Signals


Semakin tinggi share domain di media sosial, semakin memperkuat branding dan tentunya bisa mempercepat naiknya DA PA Blog. Selain bonus traffic tentunya. 

Kamu bisa share postingan di Facebook, Twitter, Instagram, deskripsi Youtube, Linkedin, Pinterest dan media lainnya. Namun disarankan jangan share artikel di media sosial yang tidak sesuai dengan topik. Terlebih share link blog di grup Blogger.


Cara Meningkatkan DA PA Blog


Secara garis besar, SEO terbagi atas 2 bagian utama, yaitu SEO On-Page dan Seo Off-page. SEO On-Page berkaitan dengan struktur website dan konten, lebih ke teknikan SEO, sedangkan SEO Off-Page berkaitan dengan promosi dan backlink, yaitu usaha yang dilakukan di luar website.

1. Optimasi SEO On-Page


SEO On-Page adalah dasar dalam dunia SEO. Bisa dikatakan ini adalah pondasi yang harus diperkuat terlebih dahulu. Semakin bagus On Page, semakin mudah dan murah optimasi Off Page SEO.

Optimasi SEO yang pertama adalah riset kompetitor. Ini penting untuk menghitung budget dan waktu untuk bisa bersaing dengan kompetitor. 

Setelah itu, riset artikel dan kata kunci yang harus ditarget dari niche atau topik tersebut. Dalam hal ini, tentu rajin posting artikel SEO menjadi hal yang wajib dilakukan. Perhatikan struktur headings artikel dimana judul menggunakan H1 (umumnya otomatis dari template/theme) sampai subjudul untuk H2 dan H3.

Selain isi artikel, hal-hal yang tidak boleh dilupakan adalah optimasi judul, deskripsi dan permalink. Pastikan setiap elemen tersebut mengandung keyword atau kata kunci. Termasuk tag alt dan title untuk gambar. 

Untuk internal link dan eksternal link menurut saya pribadi sangat wajib disertakan dalam setiap artikel. Namun pastikan hanya memasang link yang benar-benar relevan.

Satu lagi faktor penting dalam SEO 2022 adalah rich content. Semakin kaya artikel yang dibuat, semakin bagus kualitas. Jika memungkinkan pasang daftar isi otomatis dan tag-tag HTML lainnya yang sesuai. 

2. Optimasi SEO Off-Page


Untuk mencapai page one dengan kata kunci high kompetitor, On-Page SEO saja tidak cukup. Dibutuhkan optimasi SEO Off-Page agar hasilnya lebih powerful. 

SEO Off-Page dalam meningkatkan peringkat website pada dasarnya berbicara tentang backlink. Backlink sendiri bisa meningkatkan authority blog namun juga bisa berakibat sebaliknya, menurunkan authority blog.

Jika salah dalam menerapkan strategi backlink, bisa jadi spam score blog menjadi taruhannya. Karena itu, pastikan menggunakan backlink dengan hati-hati dan tetap sesuai dengan kaidah-kaidah white hat SEO.

Sebagai contoh, lebih baik mendapatkan backlink dari domain yang berbeda dari pada mendapatkan banyak backlink dari satu website (referring domain).

Untuk blog baru yang belum memiliki otoritas, social signal juga sangat penting. Bahkan untuk blog otoritas pun.  Jadi, silahkan share di medsos dan grup yang relevan. 

Selain bisa mendapatkan visitor dengan cepat, juga bisa menciptakan basis pengunjung.


Manfaat DA PA Tinggi pada Blog


Apa manfaat DA PA pada blog? 

Semakin tinggi domain authority dan page authority, semakin mudah mendapatkan tawaran kerjasama backlink content placement. Untuk blog Anaktekno.com sendiri sudah beberapa kali mendapatkan tawaran kerjasama baik dari Blogger Indonesia maupun Blogger luar.

Selain karena traffic yang lumayan, juga memiliki DA PA yang cukup tinggi untuk ukuran blog pribadi yang dibangun kurang dari 6 bulan. 

Jasa Menaikkan DA PA Blog Secara Cepat


Bisakah menaikkan DA PA blog kilat?

Jawabannya bisa. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti membeli backlink website PBN yang memiliki otoritas tinggi, content placement berbayar, guest post gratis dan sumber backlink lainnya dari website DA PA tinggi.

Nah untuk kamu yang tidak ingin ribet, kami menawarkan jasa menaikkan DA PA blog secara aman agar semakin mudah mendapatkan tawaran content placement. Disarankan blog yang DA PA nya akan dioptimasi minimal berumur 3 bulan dan memiliki artikel yang cukup agar lebih alami. 

Apakah ini aman untuk kesehatan blog?

Sejak dari 2020 sampai 2022, kami selalu menggunakan cara ini dan terbukti DA PA bisa naik signifikan dalam jangka waktu 30 hari. Kami melakukan optimasi backlink selama 1 bulan agar lebih natural. 

Untuk harga jasa naikkan DA PA blog hanya 250 ribu dengan jaminan DA PA 30+ sampai 50+ dan spam score tetap di bawah 5%.

Terbukti, dengan menaikkan DA PA blog, peringkat website di Google lebih tahan dari badai algoritma dan persaingan dengan kompetitor. Dan pastinya, tawaran content placement semakin mudah diperoleh dibandingkan jika DA PA di bawah 10. 

Masih berkaitan dengan DA PA blog dan spam score, bisa lihat cara menurunkan spam score blog.

Demikianlah cara cek DA PA blog dan cara meningkatkannya. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close