--> Skip to main content

5 Cara Menurunkan Spam Score Domain Blog/Website (Cepat 100% Work)

Cara Menurunkan Spam Score Domain Blog/Website (Cepat 100% Work) Berdasarkan Pengalaman Pribadi - Spam score dipercaya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization). Karena itulah, blogger yang mencari Aged domain menjadikan spam score sebagai salah satu indikator domain layak dibeli atau tidak. 

5 Cara Menurunkan Spam Score Domain Blog/Website (Cepat 100% Work)
5 Cara Menurunkan Spam Score Domain Blog/Website (Cepat 100% Work)

Pada dasarnya, penyebab spam score tinggi karena domain mendapat backlink dari berbagai URL yang juga memiliki spam score tinggi. Backlink-backlink buruk inilah yang membuat rating website menjadi turun dan untuk Aged domain, sulit untuk bersaing di halaman pertama mesin pencari.

Oleh sebab itu, jika seseorang menemukan domain yang walaupun dari segi Domain Authority dan Page Authority (DA PA) tinggi, namun jika spam score-nya juga tinggi, maka akan dihindari. Padahal, ada beberapa cara menurunkan spam score domain di blog/website, baik Aged domain maupun website fresh yang mendapat serangan backlink buruk dari kompetitor. 

Pengertian Spam Score


Apa itu spam score?

Spam score adalah algoritma yang dimiliki oleh MOZ dalam mengukur skor spam suatu website. Semakin tinggi angka spam score, dampaknya semakin buruk bagi website. 

Adapun persentase buruk atau baiknya spam score adalah sebagai berikut:
  • 1-30% rendah
  • 31%-60% sedang
  • 61%-100% tinggi
Bahaya spam score tinggi adalah sulit merangking keyword di halaman pertama Google. Selain itu, bisa jadi menyebabkan pinalti dari Google seperti deindex.

Walaupun demikian, spam score bukanlah indikator utama sebuah website dikatakan buruk atau tidak, terutama dari segi SEO (Search Engine Optimization). Namun spam score tinggi bukanlah hal yang baik bagi website karena bisa menghilangkan salah satu sumber pemasukan, yaitu dari jasa content placement.

Karena itu, spam score tinggi sebaiknya diturunkan sehingga website terlihat sehat dan aman.

Cara Cek Spam Score Blog


Bagaimana cara cek spam score?

Saat ini banyak website yang menyediakan tool cek spam score, baik gratis maupun berbayar. Salah satunya tool cek DA PA gratis dari Websiteseochecker yang menampilkan beberapa indikator SEO pada website, sebut saja DA PA, Spam Score, backlink, umur website dan lain-lain.

Berikut ini cara cek spam score website gratis:
  1. Kunjungi website spam score checker.
  2. Masukkan URL blog lengkap dengan http/https dan www atau tanpa www. Contohnya https://www.anaktekno.com
  3. Verifikasi kode captcha untuk melanjutkan.
  4. Klik tombol Check untuk proses cek DA PA dan spam score website.
  5. Scroll down dan lihat hasilnya.

Pengalaman Menurunkan Spam Score Domain Website


Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi menurunkan spam score domain. Saat itu saya telah memikirkan sebuah nama domain cantik tentang niche teknologi. Tanpa pikir panjang, saya langsung daftarkan domain tersebut di salah satu situs penyedia layanan hosting dan domain.

Setelah diregistrasi dan di hari yang ke-4 saya mulai cek domain tersebut, ternyata ada yang mengejutkan. DA PA domain sudah ada dan juga spam score domain sangat tinggi, yaitu 56%. Namun karena nama domain ini sudah dipikirkan matang-matang, perlahan tapi pasti saya yakin nanti spam score-nya bisa diturunin.

Awalnya saya memasang target 3 bulan untuk menurunkan spam score 56% ini. Namun kabar baiknya, spam score domain ini turun menjadi 1% alias normal kembali seperti domain fresh kurang dari 1 bulan, tepatnya 24 hari.

Bagaimana cara menurunkan spam score domain?

Dalam hal ini, saya hanya melakukan 2 hal, yaitu memasang sedikit backlink dan rutin update artikel setiap hari. Di sini saya tidak melakukan disavow backlink sama sekali karena memang saya tidak cek sumber backlink website.

Untuk lebih lengkapnya tentang cara mengatasi spam score domain tinggi, silahkan baca tulisan ini sampai akhir.


Cara Menurunkan Spam Score Domain Blog/Website (Cepat 100% Work)


Berikut ini beberapa cara menurunkan spam score domain blog atau website yang tinggi dalam waktu singkat:

1. Rutin update artikel setiap hari


Sesuai dengan pengalaman pribadi, update rutin artikel baru setiap hari terbukti bisa menurunkan spam score website dengan cepat. Selain itu, manfaat menulis artikel setiap hari adalah membuat keyword website lebih bervariasi sehingga lebih banyak yang bisa diranking di halaman pertama Google.

Pada akhirnya, blog atau website kita akan berpeluang mendapat lebih banyak traffic dari Google yang mana dapat meningkatkan penghasilan, baik dari Adsense maupun lainnya.

2. Lakukan disavow backlink 


Meskipun dalam kasus ini saya tidak melakukan disavow backlink sama sekali, namun disavow backlink juga salah satu cara menurunkan spam score. Namun pastikan untuk disavow backlink yang datang dari website yang buruk. 

Harus diakui, disavow backlink cukup merepotkan karena bisa dikatakan setiap bulan selalu ada link-link dari website yang tidak sehat mengarah ke URL website kita. Untuk itu, kita bisa melakukan disavow backlink setiap akhir bulan atau pun 3 bulan sekali. 

Dari pengalaman, website yang memiliki pondasi authority yang baik tidak mudah untuk dijatuhkan dengan spam backlink oleh kompetitor. Lebih mudah kompetitor mengalahkan website pesaing dengan membangun backlink sendiri.

Karena itu, fokus pada website sendiri dengan bangun backlink secara manual dan perlahan. Kami selalu mengatakan tidak apa-apa jika menggunakan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi untuk menjadi lebih baik) namun tidak boleh menyentuh website orang lain, termasuk menyerang webiste kompetitor dengan backlink dari situs judi, pornografi, dan sejenisnya.

Cara disavow backlink bisa lewat tools Google Webmaster berikut ini.

3. Pasang backlink secara manual


Backlink berkualitas selain meningkatkan authority domain dan posisi keyword di halaman pertama Google, juga dapat menurunkan spam score domain website dengan cepat.

Dari pengalaman pribadi, spam score setinggi apapun dapat diturunkan dengan cepat dengan bantuan backlink berkualitas.

Bagaimana mengetahui backlink berkualitas?

Backlink berkualitas berasal dari situs yang dibangun secara serius. Contohnya yang paling sering direkomendasikan adalah backlink hasil guest post dari blog pribadi. Karena prosesnya yang manual, dampak backlink juga lebih positif terhadap website.

Jadi, tidak perlu menggunakan banyak backlink. Cukup 1 atau 2 backlink dari situs yang memiliki DA PA tinggi, sudah bisa menurunkan spam score domain.

4. Tampilkan informasi kontak website


Salah satu penyebab suatu website dikatakan spam adalah karena tidak tersedianya kontak website yang memadai. Dengan lengkapnya informasi kontak website seperti alamat email dan kontak nomor telepon, risiko spam score tinggi bisa diturunkan.

Karena itu, salah satu cara menurunkan spam score juga adalah dengan membuat akun media sosial atau sejenisnya yang bisa digunakan untuk backlink profile. Contohnya Linkedin, Fanspage Facebook, Pinterest, Google Business, dan lainnya.


5. Aktifkan HTTPS pada URL website


Coba cek URL website kamu saat ini, apakah http atau https. Jika http, segera aktifkan https. 

Https adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan protokol komunikasi data dalam internet yang prosesnya akan dienskripsi menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) sehingga lebih aman. 

Karena lebih aman jugalah, URL dengan https bisa dikatakan sebagai langkah awal yang harus diterapkan jika ingin mengecilkan spam score.

6. Pastikan membuat internal link dalam setiap postingan


Internal link adalah link yang menuju ke halaman lain dalam website yang sama. Contohnya link yang menuju ke artikel terkait yang masih relevan. Teknik internal link ini termasuk teknik SEO On Page yang sangat penting diterapkan.

Karena itu dalam setiap postingan sebaiknya menerapkan internal link agar postingan menjadi lebih kaya informasi dan pengunjung bisa mendapatkan informasi tambahan terkait dengan artikel yang sedang dibaca.

Internal link yang tepat terbukti bisa menaikkan DA PA blog secara cepat dan menurunkan spam score website.

7. Jangan takut memasang eksternal link


Jangan takut dan merasa rugi memasang link ke blog orang lain. Berdasarkan pengalaman pribadi, eksternal link bisa menaikkan DA PA blog dan juga menurunkan spam score. 

Namun jumlah eksternal link tidak boleh terlalu banyak. Dan yang lebih penting, eksternal link harus disesuaikan dan pastikan halaman yang dituju benar-benar relevan dan merupakan website yang telah memiliki authority yang baik.

Kesimpulan

Cara menurunkan spam score domain blog yang paling ampuh adalah dengan rutin update artikel baru yang berkualitas. Agar lebih cepat lagi, buat beberapa backlink dari situs authority tinggi.

Adapaun cara menghindari spam score naik, yaitu selalu jadwalkan untuk lakukan disavow backlink di Google Webmaster Tools.


Demikianlah cara menurunkan spam score domain blog atau website dengan cepat work 100% berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga sukses dan selamat mencoba!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close