--> Skip to main content

7 Tips Memilih Software House Terbaik Indonesia 2022

Tips memilih software house Anaktekno.com - Seiring berjalannya waktu dan kampanye go digital yang masif, semakin banyak perusahaan software house yang lahir. Ada pemain lama yang bertahan namun ada juga yang gulung tikar, entah karena tersaingi atau karena tidak mampu berjalan dengan kecepatan revolusi teknologi. 

Tips Memilih Software House Terbaik Indonesia 2022

Berbicara tentang vendor IT terbaik di Indonesia, mungkin kamu sudah punya rekomendasinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap daerah selalu ada jasa konsultan IT dan software development yang direkomendasikan.

Namun memilih yang terpercaya dan terbaik bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang karena cukup banyak yang menawarkan diri. Susah karena cukup sulit untuk memilih software house yang paling tepat.

Karena itu, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi beberapa tips menentukan software house yang cocok dengan perusahaan kamu.

Apa itu software house?


Software house adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak komputer (software development). Entah itu software berbasis web, mobile maupun desktop.

Selain mengembangkan perangkat lunak, tugas lain dari software house adalah menyediakan jasa konsultasi IT bagi sebuah instansi yang membutuhkan teknologi. Bahkan beberapa software house juga menyediakan jasa lain di bidang IT seperti digital marketing, desain grafis dan lain sebagainya.

Pada dasarnya perusahaan software house memiliki beberapa pilihan dalam menjalankan bisnisnya. Seperti membangun software untuk klien tertentu atau menjual produk mereka secara langsung ke pasaran.

Adapun klien software house bisa dari instansi pendidikan, pemerintahan, organisasi, industri, dan lain sebagainya, termasuk pelaku usaha UMKM maupun pribadi.

Manfaat menggunakan jasa software house adalah kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu terkait bahasa pemrograman dan pengembangan software. Kita bisa tetap fokus pada proses bisnis dan biarkan programmer dari software house bekerja membangun perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pengguna berdasarkan hasil analisis.

Tips Memilih Software House Terbaik Indonesia 


Nah, selanjutnya untuk kamu yang masih bingung memilih software house, bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Cek Portofolio Software House


Hal pertama yang harus dilakukaan sebelum memutuskan menggunakan salah satu jasa software house adalah mencari tahu siapa mereka dan bagaimana sejarah perusahaan tersebut. 

Kamu bisa memanfaatkan berbagai sumber untuk mendapatkan informasi seputar software house tersebut. Mulai dari Google, media sosial, dan lain sebagainya, termasuk klien yang pernah menjadi mitra mereka yang telah memiliki software terkenal. 

Semakin berumur perusahaan, tentu reputasi mereka juga semakin bagus. Ya, salah satu alasannya mereka dapat bertahan menghadapi tantangan perubahan zaman. Mereka memiliki jam terbang dan pengalaman yang cukup untuk memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan klien.

Jadi cek portofolio perusahaan software house tidak cukup dengan hanya memastikan profil perusahaan seperti kontak yang bisa dihubungi dan alamatnya. Kita butuh lebih banyak informasi agar tidak salah memilih perusahaan software house sebagai mitra.

2. Feedback Positif Customer


Di era digital, review customer adalah data yang paling penting. Testimoni yang positif tentu membentuk perspektif yang baik terhadap perusahaan penyedia jasa. 

Bagaimana respon dari pelanggan dan tanggapan perusahaan software house juga menjadi jendela masa depan untuk melihat sejauh mana perusahaan tersebut dapat berkembang dan bertahan.

3. Penyusunan Kontrak


Hal yang paling penting saat menggunakan jasa software house adalah membuat kesepakatan yang jelas. Entah itu kecil atau besar, saat berbicara kerjasama bisnis tentu harus ada kontrak hitam di atas putih.

Mulai dari penentuan harga, waktu pengerjaan, spesifikasi software dan lain sebagainya. Dengan adanya kontrak yang harus dipatuhi, kita telah meminimalisir risiko kegagalan proyek yang tidak perlu.

Contohnya, bagaimana jika waktu pengerjaan telah habis namun software belum selesai, estimasi anggaran yang tidak tepat, dan lain sebagainya. 

4. Penyesuaian Jam Kerja


Selain harga dan waktu pengerjaan, yang tidak kalah penting saat memilih perusahaan pengembang perangkat lunak adalah penyesuaian jam kerja. Jangan sampai komunikasi terkendala dengan hal-hal teknis seperti ini.

5. Ada Harga Ada Kualitas


Saat memilih software house, harga merupakan salah satu pertimbangan yang utama. Pilihlah yang menyediakan harga yang kompetitif.

Mari bersifat realistis. Perusahaan software house butuh dana untuk memenuhi gaji karyawan. Setiap proyek telah diperhitungkan dengan baik dan rinci untuk mendapatkan margin yang worth it.

Semakin berkualitas software yang dibutuhkan, tentu harganya juga akan semakin tinggi. Karena itu tidak salah jika kita harus berhati-hati dengan harga murah saat menginginkan pelayanan dan software yang berkualitas.

6. Punya Standar


Penyedia layanan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pelanggan. Namun bukan berarti mereka akan menerima setiap permintaan dari klien yang tidak masuk akal. 

Misalnya mau buat e-commerce seperti Tokopedia dengan dana 2 juta dalam waktu 7 hari. Tidak mungkin.

Jika kamu sebagai klien benar-benar menginginkan kualitas, jangan terlalu tinggi berekspektasi. Perusahaan software house profesional dan terkenal, tentu berani menolak permintaan yang tidak sesuai dengan standar mereka. Tentu dengan tetap mengutamakan komunikasi yang baik dan siap memberikan solusi yang terbaik. 

7. Terbuka untuk Konsultasi dan Kolaborasi


Tips memilih software house terbaik yang terakhir namun tidak kalah penting adalah terbuka untuk konsultasi dan kolaborasi.

Sebelum tanda tangan kontrak, mereka benar-benar memastikan spesifikasi kebutuhan software telah sesuai dengan permintaan dan kebutuhan client. 

Setelah proses pengembangan selesai, mereka juga siap mendampingi perusahaan dalam menjalankan software dan memberikan dukungan terbaik. Memberikan pelatihan terhadap staf dan tetap menjalin komunikasi.

Ya, perusahaan software house terbaik mereka akan siap untuk itu. Dan sebagai klien, kamu juga harus tahu kalau pada dasarnya hal tersebut di luar dari harga software development yang harus dibayar. 

Akhir Kata


Melihat tips-tips di atas, tentu kamu sudah punya gambaran tentang software house Indonesia terbaik dan terpercaya, termasuk di daerah kamu, Jakarta, Surabaya, Semarang dan lainnya.

Terakhir, jangan ragu untuk go digital dan menggunakan jasa software house. Saat ini tanpa dukungan IT, berat bagi perusahaan untuk memasuki pasar, terlebih bersaing dan mendapatkan tempat yang bagus.


Demikianlah beberapa tips memilih software house terbaik Indonesia 2022. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close