Skip to main content

Apa itu Content Placement dan Manfaatnya bagi Blog

Apa itu Content Placement dan Manfaatnya bagi Blog - Banyak yang bertanya mengenai jasa content placement. Apa tujuan dan manfaatnya? Kenapa kita harus menggunakan jasa content placement?

Apa itu Content Placement dan Manfaatnya bagi Blog

Bagi yang sudah lama bermain blog, tentu istilah content placement sudah tidak asing. Banyak yang telah berbagi tips content placement, termasuk menawarkan jasa placement di blog mereka.

Tujuan content placement jelas untuk meningkatkan SEO blog dengan menerapkan strategi link building dari backlink website lain. Bagi sebagian blogger, menerima jasa content placement juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang online yang relatif cepat. 

Tapi yang lebih menarik adalah mengukur seberapa besar dampak content placement terhadap posisi artikel yang dibacklink di mesin pencari Google dan tips memasang content placement yang baik dan benar.

Nah, untuk kamu yang ingin mengenal content placement lebih jauh, bisa simak penjelasan Anaktekno.com berikut ini. 

Pengertian Content Placement


Content Placement terdiri dari dua kata, yaitu content (konten) dan placement (peletakan). Content bisa diartikan sebagai sebuah media yang memuat informasi, iklan, penawaran dan lain sebagainya. Sedangkan placement artinya peletakan.

Dengan demikian, bisa dikatakan content placement adalah penempatan konten, entah itu di media internet, televisi, sebuah event, dan sebagainya.

Pada blog atau website, content placement adalah salah satu cara mempromosikan blog orang lain. Tujuan utamanya untuk link building. Ya, walaupun dalam penerapannya bisa juga menerapkan soft selling, yaitu teknik jualan tanpa menjual yang dilakukan secara halus.

Content placement merupakan salah satu contoh sponsored post, sama seperti jasa review. Namun beberapa blogger memberikan definisi yang berbeda antara review aplikasi, bisnis, dan website dengan content placement untuk backlink. Karena memang kedua hal ini sangat berbeda.

Jasa review lebih menekankan kepada content marketing yang spesifik. Sedangkan content placement untuk backlink biasanya topiknya lebih umum, asal ada anchor text dengan link ke web tujuan. Tapi semuanya masih masuk dalam kategori content placement atau peletakan konten.

Kami sebagai penyedia jasa content placement dapat bertindak sebagai content writer (penulis konten) ataupun content editor (editor konten). 

Sebagai content writer, kami menulis artikel yang pelanggan butuhkan untuk menyisipkan link, sebagai editor konten untuk memastikan konten yang akan diletakkan di blog kami unik, berkualitas dan berstandar SEO.

Tujuan Content Placement


Pada dasarnya ada 2 tujuan content placement, yaitu:

1. Link Building

Membangun link (link building) bertujuan untuk meningkatkan SEO blog. Dengan content placement yang tepat, keyword yang ditarget bisa meningkat posisinya di halaman pertama Google. 

Backlink melalui content placement di blog pribadi yang aktif menjadi salah satu teknik SEO Off Page yang wajib dipertimbangkan.

2. Promosi jasa atau produk

Tujuan content placement lainnya adalah mempromosikan jasa atau produk. Jadi, selain untuk backlink, content placement juga bisa untuk meningkatkan brand awareness.

Ya seperti dijelaskan di atas, walaupun sama-sama sponsored post, harga jasa review biasanya lebih mahal dari jasa content placement yang khusus menargetkan keyword dan meningkatkan authority blog.

Apa pun tujuannya, content placement merupakan salah satu jenis strategi digital marketing. Baik untuk meningkatkan SEO maupun menjual jasa langsung.

Manfaat Content Placement


Berikut ini manfaat content placement:

1. Membangun relasi

Tanpa relasi, sulit bagi kita untuk membangun bisnis. Relasi yang tidak bagus akan menghambat proses. Relasi yang buruk bisa membuat kita hancur. Relasi yang baik akan cepat membuat tujuan kita tercapai.

Sama seperti blog, tanpa backlink, sulit untuk menaikkan peringkat. Backlink yang tidak bagus membuat bisa membuat website kita stagnan. Backlink buruk bisa menghancurkan reputasi blog. Backlink yang bagus akan mengantarkan blog kita ke halaman pertama Google.

Salah satu backlink yang bagus adalah dari content placement blog pribadi yang aktif. Blog pribadi di sini tidak selalu merujuk pada blog personal, namun juga blog niche khusus yang dikelola secara pribadi.

2. Mendapatkan backlink berkualitas

Selain promosi blog, manfaat utama content placement adalah mendapatkan backlink berkualitas. Backlink ini jika dimanfaatkan dan dipasang dengan tepat, dapat meningkatkan posisi website di mesin pencari. Tujuan akhirnya membantu meningkatkan traffic blog secara organic.

3. Cara mendapatkan uang online cepat

Dari sisi blogger yang menyediakan content placement, jasa ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang tambahan dari blog yang relatif cepat. Ya, bisa dikatakan untuk blog yang memiliki authority tinggi, menyediakan jasa content placement sangat menguntungkan. 

Namun sebagai penyedia jasa, tetap perhatikan website yang direkomendasikan. Hindari merekomendasikan website dengan konten yang tidak pantas karena bisa berakibat fatal.

Contoh ini pernah saya lihat. Seseorang membeli blog pribadi saya tanpa adsense dengan harga yang cukup fantastis. Mereka memasang backlink ke situs p*ker dan hanya sekitar 3 bulan, blog tersebut diblokir sehingga tidak bisa diakses (internet positif).


Contoh Content Placement


Di blog Anaktekno.com kami sudah memasang beberapa artikel placement. Salah satu contohnya adalah artikel berjudul 4 Strategi Digital Marketing yang bisa langsung kamu terapkan

Ini merupakan konten dari client yang kami edit agar memenuhi standar penulisan SEO di blog Anaktekno.com. Untuk anchor text dan link ditetapkan sendiri oleh client. Kami bisa menulis artikel untuk kamu dan meriset keyword dan anchor text yang tepat untuk backlink ke blog kamu. 

Bahaya Content Placement


Berbicara tentang jual beli backlink, ada yang bilang termasuk ke dalam Black Hat SEO. Ada juga yang bilang masuk kategori White Hat SEO, selama link building dilakukan dengan tepat.

Harus diakui, backlink masih menjadi salah satu faktor SEO 2022. Backlink berkualitas terbukti meningkatkan peringkat di Google. Sebaliknya backlink yang buruk, bisa menurunkan peringkat di Google.

Apa pun itu tentu ada risiko dari setiap sesuatu. Risiko jika bisa ditangani dengan baik akan membawa keuntungan. Sebaliknya, jika gagal menangani risiko, bisa membawa kehancuran.

Salah satu sumber backlink berkualitas dan murah adalah dari content placement berbayar blog pribadi. Backlink jenis ini juga lebih aman dari risiko dan banyak digunakan oleh praktisi SEO di Indonesia.

Tips Content Placement


Tidak semua blog cocok digunakan untuk content placement. Setiap praktisi SEO memiliki kriteria tertentu dalam memilih blog berkualitas untuk content placement. 

Beberapa kriteria tersebut di antaranya sebagai berikut: 
  • Blog rutin update artikel.
  • High authority (DA, PA, DR). Saat ini bagi kami Alexa bukan tolak ukur lagi karena informasi yang beredar akan menutup layanannya.
  • Content placement permanen dengan link dofollow.
  • Jaminan index artikel backlink di Google.
  • Selain itu, artikel placement harus standar SEO (Search Engine Optimization).

Jasa Content Placement Blog Pribadi


Untuk kamu yang sedang mencari jasa content placement murah berkualitas, kami menyediakan 5 slot backlink di blog Anaktekno.com setiap bulannya.

Harganya hanya Rp125.000 jika artikel dari kamu dan Rp150.000 artikel dari kami. Jika ada pertanyaan, jangan ragu hubungi kami di WhatsApp.


Demikianlah pengertian apa itu content placement dan manfaatnya bagi blog. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close