Skip to main content

Cara Membuat Signature Line Di Microsoft Word (Tanda Tangan Digital)

Cara Membuat Signature Line Di Microsoft Word (Tanda Tangan Digital) - Tanda tangan memiliki beragam kegunaan dan fungsi. Mulai dari menandai hasil karya, persetujuan atas suatu hal, dan lain sebagainya. 

Cara Membuat Signature Line Di Microsoft Word (Tanda Tangan Digital)
Cara Membuat Signature Line Di Microsoft Word (Tanda Tangan Digital)

Pada umumnya kita membubuhkan tanda tangan menggunakan pulpen di atas kertas. Nah, bagaimana membuat tanda tangan pada dokumen digital? 

Ada banyak cara membuat signature. Mulai dari menggunakan website signature online atau pun aplikasi membuat gambar tanda tangan di Playstore sampai membuat tanda tangan pada aplikasi Microsoft Word.

Namun sebelum masuk ke tutorial, mari kita bahas sedikit tentang fungsi Signature Line atau tanda tangan digital pada dokumen.

Fungsi Signature Line


Signature adalah sebuah tanda khusus yang memuat informasi mengenai suatu hal. Dalam hal ini, tanda khusus tersebut adalah sesuatu yang mengandung makna atau arti tertentu, sama seperti tanda tangan pada umumnya yang menggambarkan identitas dari seseorang.

Sama seperti tanda tangan pada kertas, tanda tangan digital juga dapat dianggap sebagai bentuk perwakilan diri. Digital Signature atau tanda tangan digital lebih hemat waktu karena bisa dikirim melalui email, WhatsApp atau lainnya. Selain itu, dokumen elektronik juga lebih aman dari kerusakan fisik.

Untuk membuat tanda tangan digital, bisa menggunakan aplikasi android atau pun melalui website online. Pada Microsoft Word, kita bisa membuat tanda tangan digital menggunakan Signature Line.

Ikon Signature Line terdapat pada menu Insert grup Text. Dengan fitur ini, kita bisa menyisipkan tanda tangan digital yang memuat informasi nama, jabatan, email, tanggal dan waktu.

Fitur ini bisa digunakan untuk menandai ACC tugas, proposal atau skripsi maupun lainnya. Namun kekurangannya, kita tidak bisa membubuhi tanda tangan layaknya menggunakan pulpen pada kertas. 

Namun tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini Anaktekno.com akan membahas lebih banyak tentang cara membuat Signature pada Microsoft Word.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Di Word


Cara mudah membuat tanda tangan digital di Word adalah menggunakan fitur pena (Scribble) pada Shapes Microsoft Word. Dengan bentuk ini, kita bebas membuat pola layaknya tanda tangan.

Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Buka dokumen Microsoft Word yang akan diberi tanda tangan digital.
  2. Masuk ke menu Insert  pada grup Illustrations pilih Shapes  Scribble
    Cara membuat tanda tangan digital di Word
  3. Buat tanda tangan menggunakan touchpad atau mouse. Jika laptop layar sentuh, bisa menggunakan pen stylus atau jari.
  4. Selanjutnya tanda tangan siap diatur. Mulai dari ukuran, warna dan sebagainya.
Kekurangan dari Scribble adalah kita harus membuat tanda tangan sekali gambar. Maksudnya kita tidak bisa mengangkat pena karena secara otomatis gambar tanda tangan akan selesai. Namun kita bisa mengakali dengan membuat pola baru untuk melanjutkan tanda tangan untuk selanjutnya dilakukan Group.


Cara Membuat Tanda Tangan Digital Signature Line Microsoft Word


Berikut ini langkah-langkah membuat tanda tangan digital melalui Signature LIne di Word:
  1. Buka aplikasi Microsoft Word. 
  2. Masuk ke menu Insert  pada grup Text pilih Signature Line atau Microsoft Office Signature Line
  3. Pada kotak dialog Signature Setup, isi nama, jabatan, email dan centang Show sign date in signature line untuk menyisipkan tanggal pada tanda tangan. 
    Cara edit tanda tangan Signature Line di Word
  4. Klik OK, maka secara otomatis akan muncul signature line sebagai tanda tangan digital.
  5. Klik kanan Signature pilih Sign. Save file jika belum disimpan. 
    Langkah-langkah membuat Signature Line
  6. Pada kotak dialog Sign yang muncul, klik Select Image untuk memasukkan tanda tangan.
  7. Pilih gambar tanda tangan kemudian klik Sign dan OK.

Cara Mengedit Signature Line Di Word


Berikut cara edit Signature Line:
  1. Pada lembar kerja klik Signature Line.
  2. Klik kanan Signature Line dan pilih Signature Setup.
  3. Akan tampil Signature Setup, silahkan ganti tulisan yang ingin ditampilkan.

Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital Di Word


Cara paling mudah membuat tanda tangan digital di Word yang benar-benar bagus dan cepat adalah menggunakan signature online. Intinya, kita harus membuat tanda tangan digital terlebih dahulu kemudian disimpan dalam bentuk gambar transparan. 

Bisa dengan memanfaatkan aplikasi android atau pun website digital signature online atau pun menggunakan CorelDraw atau Photoshop. 

Bisa juga membuat tanda tangan di kertas putih kemudian scan menggunakan printer, aplikasi scanner atau kamera hp. Setelah itu, ubah gambar tanda tangan menjadi transparan melalui website remove.bg.

Selanjutnya, gambar PNG tersebut dimasukkan ke dalam dokumen Word melalui menu Insert  Pictures.

Dengan cara ini, kita lebih mudah dan cepat menyisipkan tanda tangan digital dalam dokumen. Selain itu, kita bisa membuat tanda tangan yang lebih nyata.

Catatan
Tutorial membuat tanda tangan di Word di atas menggunakan Microsoft Word 2013. Untuk pengguna Word 2007 dan 2010 maupun 2016 dan 2019, silahkan menyesuaikan.


Demikianlah cara membuat signature line atau tanda tangan digital di Microsoft Word. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close