Skip to main content

Cara Mengetahui Jumlah Postingan Blog Orang Lain (Blogger.com)

Cara Mengetahui Jumlah Postingan Blog Orang Lain (Blogger.com) - Berapa sih jumlah artikel di blog Anaktekno.com? Pertanyaan ini sering diajukan oleh banyak blogger yang sedang membangun blog. Mengetahui jumlah postingan di blog seseorang memiliki sejumlah manfaat.

Salah satunya adalah untuk memotivasi kita untuk terus menulis konten secara konsisten. Saat kita melihat blog kompetitor kita sudah ratusan artikel, tentu kita juga akan termotivasi untuk melampaui jumlah mereka. 

Dengan mengetahui jumlah artikel blog yang telah dipublikasikan, tentu mudah bagi kita dalam menyusun strategi untuk segera menyusul mereka. Kita bisa membuat target jumlah artikel yang harus diposting di blog sendiri untuk melampaui target di bulan-bulan berikutnya. 

Nah, bagaimana cara cek jumlah postingan blog milik orang lain? 

Sejauh ini ada 3 cara melihat jumlah artikel blog orang lain yang Anaktekno.com ketahui, yaitu:
  1. Menghitung manual jumlah postingan.
  2. Mengunjungi halaman sitemap website/blog seseorang. Misalnya https://www.anaktekno.com/p/sitemap.html.
  3. Menggunakan tool khusus berupa script untuk cek jumlah postingan blog.
Untuk cara manual sangat tidak rekomendasikan karena akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bayangkan jika jumlah artikel sudah mencapai ribuan, tentu ini bukan ide yang bagus. 

Untuk sitemap sendiri, tidak semua blog membuat sitemap karena itu, menghitung jumlah artikel melalui sitemap hanya berlaku untuk blog-blog tertentu saja.

Adapun cara ketiga menggunakan tool khusus untuk cek jumlah artikel. Cara ini merupakan cara paling mudah sehingga akan kita bahas. Selengkapnya ikuti tutorial berikut ini.

Cara Mengetahui Jumlah Postingan Blog Orang Lain


Langkah-langkah:
  • Kunjungi halaman HTML Editor Offline dari Anaktekno.com.
  • Copy script di bawah ini.
    <center> <script style="text/javascript"> function showpostcount(json) { document.write('Cek Jumlah Artikel : <u><b>' + parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10) + '</b></u><br>');}</script> <script src="https://www.anaktekno.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=showpostcount"></script><script style="text/javascript"></script> <script style="text/javascript"> function numberOfComments(json) { document.write('Cek Jumlah Komentar : <u><b>' + json.feed.openSearch$totalResults.$t + '</b></u><br>');}</script> <script src="https://www.anaktekno.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=numberOfComments"></script> </center>
  • Kembali ke halaman HTML editor tadi di langkah 1.
  • Paste script di kotak yang tersedia (1). 
    Cara Mengetahui Jumlah Postingan Artikel Blog Orang Lain
    Cara Mengetahui Jumlah Postingan Artikel Blog Orang Lain
  • Klik Preview (2) dan tunggu sebentar maka hasilnya akan terlihat jumlah artikel dan jumlah komentar (3).
Catatan
  • Silahkan ganti https://www.anaktekno.com dengan URL blog lainnya, baik menggunakan TLD maupun blogspot.com. Pastikan untuk menulis alamat URL blog secara lengkap dengan https:// dan www. 
  • Untuk mengecek lebih banyak blog, paste 2 kali script di atas di HTML Editor dan ganti Anaktekno.com dengan blog yang jumlah artikelnya akan dicek.
  • Kami menyebutnya HTML Editor Offline karena kita bisa download halamat dari Anaktekno.com untuk membuat, mengedit dan menampilkan kode HTML. Namun untuk script menghitung jumlah postingan blog di atas, tentu kita harus terhubung ke internet.
  • Contoh HTML Editor lainnya adalah https://www.w3schools.com/html/tryit.asp?filename=tryhtml_intro, https://codepen.io/pen, dan lain-lain.
Kekurangan script lihat jumlah artikel di blog orang lian di atas adalah hanya untuk platform Blogger.com. Untuk CMS Wordpress dan lainnya, tidak akan bisa dicek dengan script di atas. 

Penutup

Mengetahui jumlah postingan blog orang lain penting sebagai motiviasi untuk kita terus menulis. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menganalisa kompetitor blog. 


Demikianlah cara mengetahui jumlah postingan artikel blog orang lain blogger.com atau blogspot. Selamat mencoba!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close