--> Skip to main content

3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai Atau Belum

3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai Atau Belum - Bagaimana cara cek voucher XL sudah digunakan? Ada beberapa cara untuk cek voucher XL masih bisa digunakan atau tidak. Cara yang paling mudah adalah dengan memperhatikan kode pelindung HRN atau dikenal dengan sebutan hologram.

3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai Atau Belum
3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai Atau Belum

Selain itu, untuk cek voucher XL yang masih aktif, konter juga biasanya menggunakan chip dompul. Chip dompul berfungsi untuk memudahkan konter dalam mengecek apakah voucher yang dijual masih dapat digunakan atau sudah tidak dapat digunakan.

Selengkapnya tentang cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum silahkan ikuti panduan di bawah ini.

3 Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai Atau Belum


Berikut ini cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum:

1. Cara cek voucher XL dengan Chip dompul

Penggunaan chip dompul umumnya untuk mengecek status voucher XL yang masih aktif. Cara ini dilakukan oleh konter yang menjual voucher untuk memastikan bahwa voucher yang dijual belum terpakai dan bisa digunakan.

Berikut ini cara cek voucher XL dengan chip dompul:
  1. Ketik *151*5*7*2# pada chip dompul dan panggil.
  2. Masukkan nomor seri voucher di samping hologram yang terdiri 12 digit angka lalu panggil.
  3. Jika muncul notifikasi masih seperti "562185026901 masih dapat digunakan", maka voucher masih bisa digunakan.
  4. Namun jika yang muncul notifikasi "Xtra Combo Lite 6GB telah ditransfer", artinya voucher sudah pernah digunakan sehingga tidak dapat dipakai lagi.
Adapun arti dari balasan chip dompul jika voucher masih dapat digunakan dapat dilihat dari kode yang muncul. Misalnya saja kode 562185026901, maka cara membacanya adalah sebagai berikut:
  1. Jika kode reply cek voucher XL 562185026901, maka urutannya adalah XX21XX02XX01.
  2. Ubah XX21XX02XX01 menjadi XXYYXXDDXXMM yang artinya Year - Day - Month atau Tahun - Hari - Bulan.
  3. Sehingga hasilnya XX21XX02XX01 yang artinya masa aktif voucher tersebut sampai tanggal 02 Januari 2021.
Dari kode reply kita bisa mengetahui masa aktif voucher sebelum expired. 

Intinya, jika kode reply terdapat masih dapat digunakan artinya kode voucher masih aktif dan belum pernah digunakan sehingga kita bisa langsung isi voucher XL. Namun jika reply menunjukkan voucher telah ditransfer, artinya voucher sudah pernah dipakai sehingga tidak bisa digunakan lagi.


2. Cek kode pelindung voucher atau hologram

Cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu melihat kode pelindung HRN pada voucher. Jika pelindung atau biasa disebut hologram telah digosok, maka kemungkinan voucher telah digunakan.

Karena itu, setiap membeli voucher fisik untuk isi ulang pulsa atau kuota, selalu perhatikan hologram voucher yang dibeli. Pastikan hanya membeli voucher yang hologramnya masih utuh sehingga voucher dapat digunakan.

Apakah voucher yang sudah digosok masih bisa digunakan?

Voucher yang telah digosok masih bisa digunakan dengan catatan belum pernah diaktivasi dan status voucher masih aktif. Hal ini bisa saja terjadi saat kita menggosok hologram namun ternyata kode voucher XL tidak bisa digunakan.

Namun saat membeli voucher yang telah digosok di konter, pastikan ada jaminan dari penjual voucher bahwa voucher masih bisa digunakan. Dan sebaiknya aktifkan voucher langsung di konter tersebut. Tapi jika voucher harus di bawah pulang, sebaiknya beli voucher yang hologramnya masih utuh.


3. Cek masa aktif voucher

Apa itu voucher expired?

Voucher expired artinya voucher sudah tidak dapat digunakan karena telah kadaluarsa dan masa aktif kode voucher telah hangus, termasuk kuota di dalamnya.

Walaupun hologram masih utuh dan belum pernah dipakai, bisa jadi voucher XL tidak dapat digunakan. Ya, salah satunya karena masalah ini, yaitu masa aktif voucher telah habis

Untuk itu, ketika membeli voucher, sangat disarankan untuk tidak hanya melihat kode hologramnya saja. Tapi juga masa aktif voucher yang dapat dilihat di dekat nomor seri voucher dimana terdapat keterangan expiry date.

Jika masih dalam status aktif, terlebih sesuai dengan kode reply chip dompul di atas, kemungkinan besar voucher belum terpakai sehingga bisa digunakan.

Catatan:

Masa aktif paket berbeda dengan expiry date kode voucher. Misalnya saja masa aktif 30 hari, maka hal ini menunjukkan masa aktif paket kuota setelah kode voucher diaktivasi. Sementara expiry date menunjukkan masa aktif kode voucher sebelum expired.

Cara Isi Voucher Kuota XL


Adapun cara isi voucher XL terbaru adalah sebagai berikut:
  • Ketik *123*234*2*Kode voucher# dan panggil.
  • Tunggu notifikasi paket aktif baru bisa digunakan.
Selengkapnya bisa dilihat di cara memasukkan voucher XL

Sampai di sini seharusnya kita sudah tahu cara cek voucher XL sudah terpakai atau belum. Selamat mencoba dan semoga voucher XL kamu masih bisa digunakan. Terima kasih.

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close