Skip to main content

Cara Screenshot Samsung A20s Tanpa Tombol dan 3 Jari

ANAKTEKNO.COM - Cek pengaturan cara screenshot Samsung A20s tanpa tombol dan 3 jari. Screenshot sangat dibutuhkan untuk menyimpan informasi penting yang muncul pada layar hp. Seperti bukti pembayaran, status WhatsApp yang tidak bisa didownload, dan lain sebagainya. Namun beberapa pengguna hp android baru merasa kesulitan dalam menggunakan fitur screenshot.

Cara Screenshot Samsung A20s Tanpa Tombol dan 3 Jari

Selain itu, banyak juga pengguna hp android yang tidak tahu kalau smartphone versi terbarunya bisa melakukan lebih dari yang mereka pikirkan. Salah satunya berkaitan dengan screenshot (SS).

Jika dulu screenshot pada layar hp hanya untuk mengambil cuplikan layar yang tampil, saat ini fitur screenshot pada hp android terbaru lebih dari pada itu. Screenshot saat ini sudah bisa mengambil tampilan layar panjang dengan fitur scroll screenshot dan record screen (rekam layar).

Selain fitur screensot yang beragam, cara screenshot juga semakin canggih. Saat ini beberapa versi android terbaru mendukung screenshot cepat dengan fitur Gesture, Assistant Menu, dan screenshot menggunakan 3 jari.

Kembali lagi, bagi kamu pengguna hp Samsung a20S / A21s yang belum tahu cara screenshot, bisa ikuti 2 cara di bawah ini.

Cara Screenshot Samsung A20s Dengan Menggunakan Tombol

Hampir semua hp android dari versi terlama sampai terbaru menyematkan pengaturan saat menekan kombinasi tombol. Misalnya saja kombinasi tombol untuk reset hp, kombinasi tombol untuk screenshot, dan lain-lain. 

Nah, berkaitan dengan screenshot, kombinasi tombol Power dan Volume Down (-) bisa dikatakan adalah tombol screenshot yang disematkan pada hampir semua hp android.

Bagaimana cara melakukan screenshot dengan kombinasi tombol?

Berikut ini tutorialnya:
  • Aktifkan layar hp pada tampilan yang ingin discreenshot.
  • Tekan tombol Power + tombol Volume Down (-) secara bersamaan.
  • Tunggu beberapa detik hingga suara shutter terdengar yang menandakan screenshot berhasil.
  • Buka Gallery untuk melihat hasil screenshot.
  • Selesai.
Ulangi cara ini jika screenshot tidak berhasil. Beberapa penyebabnya karena cara menekan tombol kombinasi yang salah. Intinya jangan menekan tombol Volume Bawah (Down) lebih dulu dari tombol Power.

Sebagai catatan, screenshot Samsung A20s harus menggunakan 2 jari karena posisi tombol Power dan tombol Volume Down berada di sisi yang berbeda. 

Sementara screenshot Samsung A21s bisa hanya dengan satu jari menggunakan ibu jari karena posisi tombol Power dan Volume Down yang berada pada sisi yang sama dan sejajar.

Cara Screenshot Samsung A20s 3 Jari (Palm Swipe)


Cara screenshot Samsung A20s selanjutnya adalah tanpa menekan tombol. Cara ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak ingin terlalu sering menggunakan tombol Power dan Volume. Ya bukan rahasia lagi jika tombol pada hp android rusak, maka sebagian besar fitur pentingnya tidak akan bisa jalankan. 

Langsung saja, berikut ini cara mengaktifkan fitur Palm Swipe pada hp Samsung A20s / A21s.
  • Buka Settings (Pengaturan).
  • Pilih menu Advanced Features (Fitur Lanjutan).
  • Pilih Motion and Gesture (Gerakan dan Gestur).
  • Aktifkan Palm Swipe to Capture (Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil).
  • Ambil screenshot dengan menyapu layar hp menggunakan kelima jari yang dirapatkan dengan posisi miring.
  • Suara shutter menandakan screenshot berhasil.
  • Silahkan menuju Gallery untuk melihat hasil screenshot.
Meski bisa dikatakan fitur ini cara terbaru screenshot hp android, namun cara ini juga terbilang cukup ribet jika dibandingkan dengan cara pertama di atas. Selain harus diaktifkan terlebih dahulu, menyapu layar hp menggunakan 5 jari dalam posisi miring terbilang cukup sulit. 


Cara Rekam Layar Samsung A21s

Selain screenshot, umumnya saat ini hp android versi terbaru dilengkapi dengan fitur Record Screen atau rekam layar, baik dalam bentuk video maupun animasi GIF. 

Fitur rekam layar ini sangat bermanfaat untuk membuat video-video pendek untuk status WhatsApp. Termasuk untuk rekam layar chat dengan seseorang. Dari pada menggunakan hasil screenshot, lebih baik menggunakan record screen.

Berikut ini cara rekam layar Samsung A21s:
  • Tarik ke bawah Panel Cepat.
  • Klik Icon Record Screen
  • Lakukan rekam layar pada posisi yang diinginkan dan perhatikan waktunya. 
  • Untuk mengatur perekaman layar, tekan lama icon Record Screen. 
  • Jika tidak terdapat pada Panel Cepat silahkan edit Panel Cepat dan masukkan icon Screen Record ke dalam Panel Cepat.
  • Selesai.
Itulah beberapa cara screenshot Samsung A20s / A21s. Mana yang lebih cepat? 

Ada yang bilang fitur Gesture lebih cepat. Namun karena saya terbiasa menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down, maka saya sering menggunakan cara ini. Tergantung kebiasaan aja dan kebutuhan.

Kenapa Samsung A20 Tidak Bisa Screenshot?

Bagaimana cara mengatasi hp android tidak bisa screenshot?

Beberapa penyebab hp android tidak bisa screenshot karena memori penuh. Atau pun karena cara screenshot yang kurang tepat seperti pada cara satu di atas jika kombinasi tombol gagal ditekan bersamaan.

Selain itu, beberapa hp android juga tidak bisa screenshot saat dalam mode incognito atau private window. Biasanya kita menggunakan mode browser incognito ini karena tidak ingin kata sandi atau password tersimpan pada browser.


Demikianlah cara screenshot Samsung A20s tanpa tombol dan menggunakan 3 jari. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close