Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Chatbot Untuk Bisnis Anda

ANAKTEKNO.COM, Kelebihan dan Kekurangan Chatbot Untuk Bisnis Anda - Saat ini chatbot adalah salah satu contoh kemajuan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang harus diperhitungkan oleh setiap bisnis. Sebagaimana diketahui, pertumbuhan bisnis yang pesat selalu sejalan dengan respon cepat customer service.

Kelebihan dan Kekurangan Chatbot Untuk Bisnis Anda

Karena itu, perusahaan yang baru bertumbuh selalu memberikan perhatian khusus terhadap CS mereka. Dan hasilnya seperti yang kita lihat hari ini, mereka yang terbaik selalu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggannya.

Dulu CS selalu menjadi ujung tombak utama yang bersinggungan dengan end user. Namun berkat kemajuan teknologi chatbot, peran CS live agent menjadi lebih terbatas. 

Hal ini jugalah yang sering menjadi perdebatan karena dibalik kelebihannya terdapat kekurangan chatbot. Karena itu, chatbot untuk bisnis harus dipertimbangkan dengan matang sebelum diterapkan. 

Bisa jadi bisnis Anda belum siap menerapkan teknologi AI yang satu ini. Atau mungkin juga ini saatnya bagi Anda mempertimbangkan menggunakan chatbot sebagai assistant virtual disamping CS.

Apa itu Chatbot?


Chatbot adalah sebuah program yang dapat membalas otomatis pesan pelanggan secara real time dan relevan. Chatbot memungkinkan pengguna suatu layanan berinteraksi dengan sistem secara otomatis.

Sekilas cara kerja chatbot terlihat sederhana. Chatbot dibuat untuk dapat membalas otomatis pertanyaan pengguna. Adapun jawaban dari chatbot berdasarkan kata kunci yang telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat menjawab pertanyaan dari pengguna sesuai dengan yang diharapkan.

Karena otomatisasi inilah, banyak yang mempertimbangkan untuk menggunakan chatbot. Chatbot siap melayani pelanggan 24 jam sehingga lebih efisien dan murah dibandingkan menggunakan tenaga manusia.

Kelebihan Chatbot


Kenapa harus menggunakan chatbot untuk bisnis? Berikut ini beberapa kelebihan chatbot yang bisa membuat bisnis semakin maju:

1. Respon pelanggan lebih cepat


Jika sistem menggunakan chatbot, pengguna tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan. Selain itu, respon pelanggan juga tidak terbatas waktu karena selama sistem aktif, chatbot siap melayani pelanggan 24/7.

Dengan demikian, chatbot bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas maupun penjualan.

2. Mempercepat proses bisnis


Dengan chatbot, interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat sehingga proses bisnis juga menjadi lebih cepat. Bayangkan berapa banyak customer service yang digunakan oleh sebuah perusahaan jika ada ratusan atau ribuan pertanyaan maupun keluhan dari pelanggan setiap harinya.

Kekurangan Chatbot


Seperti dijelaskan di atas, dibalik kelebihan chatbot terdapat beberapa kekurangan, diantaranya:

1. Menggantikan peran customer service


Kekhawatiran akan lapangan pekerjaan semakin nyata dengan hadirnya teknologi AI, termasuk chatbot. Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan customer service di beberapa perusahaan telah digantikan oleh teknologi chatbot ini.

2. Interaksi yang terbatas


Berapa banyak perusahaan yang menggunakan chatbot yang menyebalkan. Di saat pelanggan menginginkan jawaban, tidak jarang chatbot memberikan respon yang tidak jelas. 

Karena itu jugalah, chatbot belum bisa menggantikan peran manusia sepenuhnya saat ini. Beberapa perusahaan yang menerapkan chatbot memberikan pilihan kepada pelanggannya untuk meneruskan pertanyaan atau keluhan ke live agent.

Developer Chatbot AI Indonesia


Bagaimana cara membuat chatbot untuk bisnis Anda?

Untuk Anda yang tertarik tentang cara mengaplikasikan chatbot, bisa menggunakan www.eva.id untuk membuat chatbot secara instant tanpa perlu keahlian programming. Situs ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan dalam melayani dan mengelola pelanggan mereka.

Penutup

Bagi pemilik bisnis, peran chatbot memang tidak bisa disepelehkan begitu saja. Inovasi terus dibutuhkan untuk dapat bertahan di tengah kompetitor. Namun strategi yang dibuat tanpa perhitungan yang rapi bisa menjadi langkah yang malah mematikan bisnis.

Karena itulah, setiap perusahaan harus mempertimbangkan seberapa penting dan kapan harus menggunakan teknologi AI di bisnis mereka.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan chatbot untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close