Skip to main content

Perbedaan VPN dan Proxy, Kapan Harus Digunakan?

ANAKTEKNO.COM - Perbedaan VPN dan Proxy. Serupa tapi tidak sama. Itu adalah istilah yang bisa digunakan dalam menggambarkan VPN (Virtual Private Network) dan Proxy.

Beda VPN dan Proxy, Kapan Harus Digunakan?

Dilihat dari kacamata pengguna internet awam, VPN dan Proxy adalah beberapa cara mengakses situs yang diblokir oleh operator seluler. Hal ini secara umum juga menyamakan persepsi tentang tujuan dan fungsi VPN dan Proxy. Karena itu, tidak heran jika banyak yang menyamakan VPN dan Proxy. 

Namun sebenarnya, baik VPN dan Proxy adalah dua hal yang berbeda. Meskipun sama-sama sering digunakan untuk tujuan yang sama, tapi VPN dan Proxy memiliki cara kerja yang berbeda.

Mengakses internet menggunakan VPN akan mengubah identitas kamu seperti IP address dari lokasi yang berbeda sekaligus melakukan enskripsi aktivitas. Sedangkan Proxy hanya menyamarkan alamat IP asli menjadi alamat IP Proxy tanpa enskripsi aktivitas.

Selengkapnya, kamu bisa simak penjelasan Anaktekno.com berikut ini tentang beda VPN dan Proxy yang harus kamu ketahui.

Perbedaan VPN dan Proxy


Secara garis besar, VPN dan Proxy sering digunakan untuk membuka situs yang diblokir, baik karena masalah lokasi (geo) maupun terkait kebijakan pemerintah.

Namun di mata orang yang lebih sadar terhadap privasi di internet, VPN lebih sering digunakan untuk melindungi identitas pengguna. Sedangkan Web Proxy hanya digunakan sebagai jembatan untuk akses situs yang diblokir.

Adapun perbedaan VPN dan Proxy yang harus kamu ketahui adalah sebagai berikut:

VPN (Virtual Private Network)

  • VPN menyembunyikan alamat IP asli sesuai dengan lokasi yang dipilih.
  • VPN tidak hanya berfungsi pada tingkat aplikasi tapi juga sistem operasi.
  • Pengguna VPN dapat mengatur alamat server sendiri.
  • Bukan hanya menyembunyikan IP, VPN juga melakukan enskripsi data pengguna.
  • Kecepatan akses internet tergantung VPN yang digunakan.
  • VPN gratis memiliki fitur terbatas sehingga disarankan memilih VPN premium terbaik.

Proxy

  • Proxy menyamarkan alamat IP asli dengan IP Web Proxy.
  • Proxy hanya bekerja pada tingkat aplikasi.
  • Tidak bisa mengatur lokasi akses.
  • Web Proxy cukup berisiko, terutama yang tidak menggunakan SSL pada websitenya.
  • Akses internet dengan Proxy jauh lebih lambat.
  • Web Proxy umumnya menyediakan layanan gratis.

Cara Kerja VPN


VPN bekerja dengan cara menyembunyikan alamat IP asli dan mengalihkannya ke alamat yang ditentukan di VPN. Menyalahkan VPN akan memberikan proteksi penuh sehingga aktivitas di internet tidak bisa dilacak oleh situs yang dikunjungi maupun provider internet.

Hal ini juga termasuk menghindari pengawasan pemerintah. Umumnya hacker juga bekerja dengan cara ini, yaitu menyembunyikan dan mengalihkan alamat IP asli, termasuk aktivitas sehingga tidak terdeteksi.

Cara Kerja Proxy


Proxy hanya bekerja di tingkat aplikasi dengan cara menyamarkan IP pengguna dan mengalihkannya ke alamat IP Web Proxy yang digunakan. Dengan kata lain, Web Proxy yang bertindak untuk melakukan permintaan ke server website yang dimasukkan di Web Proxy.

Proxy umumnya hanya berfungsi sebagai jembatan dalam mengakses situs-situs yang tidak bisa diakses karena masalah kebijakan pemerintah dan wilayah.

Apakah VPN sama dengan Proxy?


Meskipun sama-sama berfungsi untuk mencegah server website tidak bisa mengakses data pengguna, VPN dan Proxy tidak sama. Perbedaan utama VPN dan Proxy adalah VPN melindungi privasi pengguna dengan cara mengenskripsi semua data. Sementara Proxy hanya menyamarkan IP asli sehingga sulit dilacak oleh website yang diakses.

Apakah aman menggunakan Proxy?


Selama tidak menangani informasi sensitif, Proxy cukup aman. Jika membutuhkan perlindungan privasi dan keamanan tingkat tinggi, memanfaatkan VPN lebih direkomendasikan.

Apakah VPN lebih baik dari Proxy?


Secara umum VPN lebih baik dari Proxy karena memiliki fitur proteksi yang lebih tinggi dengan cara mengenskripsi lalulintas data.

Apa risiko VPN dan Proxy?


VPN dan Proxy gratis bisa saja memanfaatkan data kamu untuk kepentingan bisnis, sebut saja iklan. Karena itu, pertimbangkan dengan matang kenapa kamu harus menggunakan VPN dan Proxy.

Kapan harus menggunakan VPN dan Proxy?


VPN sebaiknya digunakan jika ingin privasi lebih aman di internet. Proxy dapat digunakan untuk mengakses situs yang tidak bisa diakses karena masalah pemblokiran dan lainnya.

Kalau ingin menyembunyikan alamat IP, melindungi informasi sensitif, dan membuka pemblokiran, VPN adalah jawabannya.

Namun kalau kamu hanya ingin menyembunyikan alamat IP dan membuka pemblokiran, tanpa lalulintas informasi yang sensitif, Proxy server sudah cukup.

Agar lebih mudah memahami terkait Proxy, disarankan untuk menuju langsung ke pembahasan rekomendasi Web Proxy gratis terbaik. Selain menjelaskan perbedaan VPN dan Proxy, di artikel tersebut kamu juga akan menemukan semua informasi penting terkait Web Proxy Site secara mendetail.

Contoh Web Proxy gratis terbaik yang akan dijelaskan fitur, kelebihan dan kekurangannya dalam artikel tersebut antara lain:
  • Proxysite
  • Hidester 
  • Tor
  • Mega Proxy
  • Hide Me
  • KProxy
  • Whoer
  • BlockAway
  • CroxyProxy
  • Hotspot Shield

Penutup


VPN memberikan akses internet dengan privasi dan keamanan yang terinskripsi. Sedangkan Proxy umumnya hanya berfungsi sebagai jembatan yang melakukan request ke server website yang dituju.

Meskipun sama-sama mengaku yang terbaik dalam menyamarkan informasi pribadi pengunjung website, namun tetap saja VPN dan Proxy juga memiliki risiko dan cukup rentan, terutama yang gratis (free).

Karena itu, pilihlah VPN dan web proxy terbaik yang kebijakan dan keamanannya terbukti.


Demikianlah perbedaan VPN dan Proxy dan kapan harus digunakan. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close