Skip to main content

5 Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Karyawan

ANAKTEKNO.COM - Masih banyak masyarakat yang tidak peduli akan pentingnya asuransi kesehatan sejak dini. Selain karena merasa tidak memiliki alasan untuk memiliki asuransi kesehatan, juga kurangnya informasi tentang pentingnya asuransi kesehatan tidak hanya untuk diri sendiri sebagai karyawan, tapi juga untuk keluarga.

5 Manfaat Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Setiap Orang

Padahal, asuransi kesehatan tidak kalah penting dari asuransi jiwa, kendaraan dan investasi properti. Untuk itu, untuk kamu yang belum tertarik dengan asuransi kesehatan secara serius, penjelasan berikut ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru terkait pentingnya asuransi kesehatan, khususnya sebagai karyawan.

Kapan waktu terbaik memiliki asuransi kesehatan?


Belum sakit, masih muda, dan punya tabungan darurat bukanlah jaminan terbaik untuk tidak memiliki asuransi kesehatan. Banyak hal yang tidak bisa diprediksi yang membuat kehidupan berantakan karena tidak memiliki rencana yang matang, salah satunya tentang risiko kesehatan.

Penyakit biasa hingga kronis bisa datang tanpa diduga. Tabungan darurat mungkin saja tidak mampu mencover semua biaya rumah sakit sehingga pelayanan kesehatan menjadi tidak maksimal.

Karena itu, siapa pun kamu, terutama sebagai karyawan yang menjadi tulang punggung keluarga, asuransi kesehatan sangat penting. Waktu terbaik untuk memiliki asuransi kesehatan adalah saat memiliki penghasilan bulanan. 

Tidak perlu menunggu sakit, karena tujuan asuransi adalah untuk mengcover hal-hal tak terduga. Manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga bagi keluarga menjadi tidak terbebani dengan biaya rawat inap dan obat-obatan.

Tapi memilih asuransi juga tidak boleh asal memilih. Kita harus memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. 

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Karyawan


Apa saja manfaat asuransi kesehatan? 

Berikut ini pentingnya asuransi kesehatan bagi karyawan:

1. Jaminan kesehatan yang terbaik


Manfaat asuransi kesehatan yang pertama tentu bagi diri sendiri selaku pihak tertanggung. Dengan asuransi kita akan mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan yang manfaatnya sangat besar di saat sakit. Walaupun tidak ada yang ingin sakit. 

Selain memberikan rasa tenang, pemegang polis asuransi bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan lebih baik. Tentu sesuai dengan produk asuransi yang kamu gunakan. Termasuk perusahaan asuransi tersebut bermitra dengan rumah sakit tempat Anda mendapatkan pelayanan kesehatan.

2. Keluarga lebih aman


Selain bagi diri sendiri, pentingnya asuransi juga dirasakan oleh keluarga sehingga secara tidak langsung juga memberikan proteksi terhadap keluarga. 

Ya, asuransi diri sendiri dapat meringankan beban keluarga saat Anda sakit. Terlebih jika Anda adalah tulang punggung keluarga dan sebagai kepala keluarga, anak dan isteri Anda akan jauh lebih tenang dengan adanya asuransi kesehatan.

3. Hidup lebih tenang


Kerja, muda, dan perpenghasilan bukan jaminan bahwa hidup akan baik-baik saja di hari esok. Bagi karyawan, selain majamenen keuangan dan investasi properti, asuransi adalah hal yang mutlak yang harus dimiliki. Terlebih untuk kamu yang memiliki risiko kesehatan ditambah dengan pekerjaan yang berat.

Tentu risiko kamu juga menjadi risiko keluarga. Jangan sampai karena sakit, rencana keuangan dan investasi masa depan menjadi terganggu.

4. Menurunkan risiko ekonomi


Investasi properti sangat penting untuk masa depan. Tapi itu belum cukup jika kesehatan masih menjadi risiko yang tinggi. Banyak kasus masalah kesehatan menghabiskan tabungan yang sudah dipersiapkan bertahun-tahun.

Karena itulah, penting untuk mempertimbangkan hal yang tak terduga ini, salah satunya dengan menyiapkan rencana asuransi kesehatan. Dengan ini, risiko keuangan kamu menjadi lebih kecil.

5. Dana darurat untuk kesehatan


Asuransi kesehatan menjadi dana darurat kamu untuk menghadapi masalah kesehatan. Dengan demikian, kamu bisa lebih fokus ke investasi dan tabungan masa depan tanpa harus memikirkan lagi tentang masalah kesehatan.

Bukan berarti kamu boleh hidup acuh tak acuh dengan kesehatan. Karena kesehatan lebih penting dari apa pun. Meskipun tidak ada yang ingin mengklaim manfaat asuransi jika ditukar dengan kesehatan, namun setidaknya biaya pengobatan dan rumah sakit sudah tercover.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa asuransi kesehatan penting bagi karyawan bahkan bagi setiap orang.

Ada banyak perusahaan penyedia asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Namun tidak semua cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita. Karena itu, jangan sampai salah dalam memilih asuransi kesehatan.

Pilihlah asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja asuransi yang proses pendaftaran, pembayaran, dan klaim yang mudah dan cepat.

Contoh sederhananya saat ini banyak asuransi yang sudah bisa bayar premi pakai aplikasi e-wallet seperti DANA, OVO, GoPay, ShopeePay dan lainnya. 

Termasuk BPJS Kesehatan yang merupakan program asuransi kesehatan yang wajib dari Pemerintah dengan iuran minimal Rp35.000 per bulan. 

Jadi hari ini minimal kamu dan keluarga harus punya BPJS terlebih dahulu kemudian mempertimbangkan apakah masih butuh asuransi kesehatan lainnya. Tentu kebutuhan setiap orang berbeda.

Demikianlah manfaat asuransi kesehatan bagi karyawan dan pekerja. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close