Skip to main content

Apakah Pinjaman Online Aman? Ini Penjelasannya!

ANAKTEKNO.COM - Walaupun pinjaman online bukan hal yang asing lagi, tidak sedikit orang yang masih bertanya tentang aman tidaknya pinjaman online.

Apakah Pinjaman Online Aman? Ini Penjelasannya!

"Selama bayar tepat waktu, pasti aman." Tapi tunggu dulu, cara kerja pinjaman online sedikit berbeda. Jika kamu terburu-buru, bukannya menyelesaikan masalah, malah bisa nambah masalah di kemudian hari. 

Ini sudah menjadi pengetahuan umum banyak sekali yang menyesal telah menggunakan pinjaman online. Walaupun ada juga yang merasa terbantu dengan hadirnya pinjaman online. 

Pada dasarnya, aman tidaknya pinjaman onilne itu tidak bergantung pada satu faktor saja. Ada banyak faktor seperti perusahaan fintech, orang yang meminjam dan termasuk legalitas pinjaman online itu sendiri.

Memang pinjaman online kadang menjadi solusi tercepat saat butuh dana tambahan. Tanpa syarat yang rumit, tanpa agunan, bisa cair kurang dari 24 jam hanya bermodalkan hp dan identitas.

Terlihat risiko pinjaman online sangat kecil dibandingkan pinjam dana di bank yang butuh jaminan. Namun jangan salah, banyak orang yang bermasalah dengan aplikasi pinjol bukan lagi rahasia. 

Karena itu, untuk menjawab pertanyaan di atas, Anaktekno.com akan berbagi tentang tips pinjaman online dan solusi terbaik untuk kamu yang butuh uang cepat.

Apakah Pinjaman Online Aman?


Keamanan pinjaman online sangat tergantung pada legalitas fintech itu sendiri. Itu adalah kata kunci setiap kali mencari tahu aman tidaknya pinjaman online.

Legalitas pinjaman online tersebut diukur dari terdaftar tidaknya mereka di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang menjadi penyelenggara transaksi keuangan di Indonesia.

Jika aplikasi belum terdaftar dan diawasi OJK, sebaiknya jangan mempercayakan data-data pribadi kamu kepada mereka. Itu sangat berbahaya dan bisa merepotkan di kemudian hari. 

Di tahun 2022 ini, kurang lebih hanya sekitar 100 aplikasi pinjaman online fintech yang terdaftar di OJK. Jadi, bisa dilihat sendiri, berapa banyak aplikasi pinjol ilegal di luar sana.

Bahaya Aplikasi Pinjaman Online Ilegal


Bahaya pinjaman online, kamu harus waspada!

Bahaya pinjaman online ada banyak sekali. Jika kamu pinjam di aplikasi yang tidak terpercaya, data-data yang menjadi privasi kamu sangat rentan bocor ke publik.

Saat mengajukan pinjaman, data-data kamu sudah tersimpan di aplikasi sementara proses pengajuan pinjaman kamu belum tentu diterima.

Kalau pun diterima dan akhirnya cair, kadang kamu kaget dengan bunga dan tenor yang mencekik. Bahaya ini diperparah jika kamu tidak membayar tepat waktu. Apa lagi berusaha kabur dari pinjaman online. Di era teknologi sekarang ini, tidak mungkin kamu kabur dengan mudah.

Jika berniat meminjam untuk tidak membayar, percayalah pinjaman online bukan solusi. Masalah keuangan yang rumit bisa tambah rumit setelah berhubungan dengan pinjaman online.

Tips Pinjaman Online Agar Aman


Saya jarang merekomendasikan seseorang untuk meminjam, terlebih menggunakan aplikasi pinjaman online. Bahkan tidak pernah jika berkaitan dengan pinjaman online.

Namun jika ini adalah solusi terakhir dan harus memilih jalan pinjaman online, berikut ini beberapa tips yang harus kamu ingat dan terapkan:
  • Aplikasi terdaftar dan diawasi OJK.
  • Tentukan tujuan keuangan dengan jelas. 
  • Hitung dengan cermat rasio utang dan pendapatan sehhingga bisa meminjam sesuai kemampuan.
  • Bayar tepat waktu dan jangan menunda karena bunga pinjol cukup tinggi. Beruntung jika yang ditelpon hanya nomor kamu, tapi bisa jadi nomor darurat dan kontak yang tersimpan di hpmu.
  • Jangan memberikan data-data pribadi secara sembarangan. 
  • Hindari aplikasi pinjaman online yang disebar melalui link-link pesan pribadi atau grup. 
  • Syarat dan aturan pinjol jelas, bunga, tenor dan diberikan simulasi pinjaman.
  • Aplikasi atau website pinjaman online jelas, terpercaya dan terbukti oleh banyak orang dengan review yang positif.
  • Pahami aturan pinjaman online agar aman.
Sekali lagi, jika ingin meminjam, sebaiknya langsung ke bank yang lebih terpercaya dari pada pinjaman online. Karena tidak semua orang bisa mengetahui dengan baik pinjaman online legal dan ilegal.

Atau jika kurang dari 5 juta, sebaiknya pinjam aja dari saudara, keluarga atau teman. Tentu dengan niat akan membayar sesuai dengan janji.

Apa resiko dari pinjaman online?


Berikut ini beberapa resiko pinjaman online yang harus kamu ketahui:
  • Bunga tinggi dan berlipat.
  • Diteror debt collector (DC).
  • Mendapat ancaman dan intimidasi.
  • Data pribadi tersebar, termasuk kontak orang-orang terdekat.
  • Sudah lunas dibayar namun status di aplikasi belum lunas.

Bagaimana jika tidak bisa melunasi pinjaman online?


Jangan bermain-main dengan pinjaman online jika kamu tidak tahu konsekuensinya. Tidak sedikit yang stress karena diteror, data disebar, sampai merasa malu karena tidak melunasi pinjaman online.

Apakah pinjaman online legal sebar data?


Pinjol legal yang terdaftar di OJK terikat dengan aturan OJK yang mana tidak boleh menyebarkan data pribadi konsumen. Karena itu, tidak perlu tertarik dengan aplikasi fintech di luar OJK.

Penutup


Seringkali orang terjebak dengan pinjaman online karena butuh dana cepat dan mudah. Namun tidak sedikit juga orang yang memang sengaja mencari informasi seperti "daftar pinjaman online ilegal tidak usah bayar".

Apa pun itu, sebaiknya pahami tujuan keuangan kamu sendiri. Jangan sampai salah langkah dan termuat dalam daftar buronan pinjaman online.

Ketahuilah, data dan informasi adalah hal yang paling berharga saat ini. Sekali itu bocor, tidak mungkin untuk ditarik lagi. 

Berkaitan dengan pinjaman online yang aman, kamu harus lebih banyak membaca review aplikasi pinjaman online terpercaya di luar sana yang legal dan terdaftar di OJK.

Risiko pinjaman online ilegal itu pasti. Namun bukan berarti pinjaman online legal tidak memiliki risiko. Semua punya risiko masing-masing, ada yang berkaitan dengan data, ada juga yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Demikianalh jawaban Anaktekno.com tentang apakah pinjaman online aman. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close