--> Skip to main content

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula Sampai Profesional

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula Sampai Profesional - Ada banyak pertanyaan terkait cara dapat uang dari aplikasi TikTok. Bagaimana caranya? Untuk kamu yang tertarik cara menghasilkan uang dari internet, mungkin TikTok menjadi tempat yang bagus untukmu memulai bisnis digital marketing di tahun 2022 ini.

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula

Siapa yang tidak kenal TikTok? Hari ini bisa dikatakan semua orang tahu TikTok dan mungkin kamu termasuk salah satu dari ratusan juta pengguna aktif TikTok. Walaupun dulu sempat dipandang sebelah mata, kini TikTok menjadi salah satu media sosial paling populer di dunia. 

TikTok merupakan media sosial yang diluncurkan pada tahun 2016 di bawah perusahaan asal Tiongkok, ByteDance. Saat ini, jumlah pengguna TikTok mencapai satu miliar pengguna dari seluruh dunia.

Tidak heran jika TikTok bisa menjadi salah satu sumber penghasilan influencer yang menjanjikan saat ini. Namun dari mana sumber penghasilan TikTok?

Berbeda dengan Youtube yang memiliki program monetisasi Google Adsense, saat ini TikTok tidak memiliki program khusus serupa sehingga membuat banyak TikTok pemula bingung tentang gaji TikToker.

Untuk itu, pada kesempatan ini Anaktekno.com akan berbagi beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula sampai profesional yang populer digunakan sebagai sumber pendapatan dari TikTok.

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok


Langsung saja, berikut ini beberapa daftar metode menghasilkan uang di TikTok:

1. Jual Produk atau Jasa

Sumber penghasilan utama dari TikTok yang umum digunakan oleh pengguna TikTok adalah menjual produk atau jasa, baik milik sendiri maupun orang lain. 

Ini juga bisa menjadi ide untuk kamu yang baru mulai bermain TikTok. Jadi sebelum membuat akun TikTok, kamu bisa melakukan riset produk atau jasa yang cocok untuk dijual dan membangun akun TikTok untuk itu. 

Jika kamu tidak memiliki sesuatu untuk dijual, kamu bisa bekerja sama dengan pemilik produk untuk membangun akun TikTok dari awal.

Tentu ini tidak akan mudah. Namun dengan perencanaan yang bagus, pasar yang tertarget, konten menarik ditambah produk berkualitas bisa lebih cepat mendapatkan keuntungan dari TikTok.

Untuk membuat prosesnya lebih cepat, kamu bisa beriklan di TikTok dengan memanfaatkan TikTok Ads untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tertarget. Biaya TikTok Ads terbukti lebih murah dan bisa meningkatkan penjualan. 

2. Sponsored Content Post

Untuk kamu yang memiliki akun TikTok dengan puluhan ribu followers bisa membuat konten yang mempromosikan produk tertentu. Ya, ada beberapa akun TikTok yang memasang konten iklan di akun mereka untuk menghasilkan uang.

Namun untuk mendapatkan sponsor, dibutuhkan kreatifitas dalam membuat konten. Selain itu, umumnya yang mendapat penawaran kerjasama seperti ini akun TikTok yang telah terkenal dan memiliki banyak pengikut.

Namun untuk TikTok pemula, kamu tidak perlu berkecil hati. Jika konsisten dengan konten berkualitas dan melakukan branding, tentu akan ada yang melirik kamu untuk memasang iklan berbayar melalui konten.

Intinya kamu harus mulai dengan bangun kolam dulu dan mendapatkan ribuan followers. Nantinya akan banyak pihak ketiga yang ingin memasang iklan di konten yang kamu buat untuk mempromosikan brand atau produk mereka. 

3. Live Streaming dan Dapatkan Donasi

Sayang sekali sumber penghasilan dari TikTok yang satu ini tidak bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna TikTok. Hanya akun tertentu dengan jumlah followers banyak yang bisa melakukan live streaming dan menerima donasi dari penonton.

Donasi tersebut berupa gift sticker dari penonton sebagai bentuk apresiasi terhadap content creator TikTok. Gift sticker itu diubah menjadi diamond dan jika jumlahnya telah memenuhi syarat dapat ditukar dengan uang asli melalui penarikan ke Paypal.

Pertanyaannya, darimana dari mana dapat Koin TikTok untuk donasi? Nah, jadi Koin TikTok dibeli oleh pengguna TikTok dengan uang asli juga.


4. Menjadi TikTok Influencer

Banyak influencer digital yang memulai dari platform TikTok dan terkenal. Ada juga yang telah terkenal masuk ke dunia TikTok. Termasuk beberapa artis, juga ikut meramaikan media sosial TikTok.

Hal ini disebabkan pertumbuhan pengguna TikTok yang sangat cepat. Setiap hari selalu ada pengguna TikTok baru. Jadi, selalu ada peluang untuk mendapatkan followers.

Untuk kamu yang sudah memiliki 10 ribuan followers, tentu tidak sulit untuk mendapatkan uang dari TikTok. Bisa dengan sponsored content post, endorsement, menjadi brand ambassador, termasuk jualan produk atau jasa. 

5. Menjadi Konsultan TikTok

Keahlian memasarkan konten di TikTok termasuk salah satu skill digital marketing yang harus dikembangkan saat ini. Walaupun platform ini cukup baru, tidak sedikit yang sudah ahli dan memahami cara kerja aplikasi ini sehingga berani membuka kelas belajar TikTok dan menjadi konsultan.

Jadi, jika kamu punya pengalaman mengelola akun, optimasi konten, membuat konten viral dan masuk FYP di TikTok, kamu punya peluang untuk menjadi konsultan TikTok. 

Banyak orang yang ingin belajar tentang media sosial dan cara menghasilkan uang dari buat konten, termasuk di TikTok. Jangan lupa hubungi saya juga ya. Hhe.. hhe.. Serius. 

6. Membangun Agensi Influencer TikTok

Kalau yang satu ini cukup sulit dan banyak tantangan. Namun membangun model bisnis seperti ini banyak yang telah berhasil. 

Cara kerja agensi adalah mempertemukan pebisnis dengan pelanggan mereka. Berkaitan dengan agensi influencer TikTok, jadi kamu harus menjadi penghubung antara TikToker dengan ribuan followers dengan owner brand produk atau jasa yang ingin memasarkan produk mereka di TikTok. 

Ya, ini memang tidak mudah. Kamu juga harus membangun brand terlebih dahulu dan nantinya akan banyak akun TikTok dan pebisnis yang ingin dipertemukan. 

7. Redirect Traffic

Selain menghasilkan langsung melalui TikTok, kita juga bisa mengalihkan pengunjung TikTok ke lapak kita. Istilah kerennya redirect traffic, entah ke blog, website, Instagram, Youtube, Telegram dan sebagainya. 

8. Jual Akun TikTok

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang terakhir adalah dengan menjual akun. Semakin banyak followers, tentu harga akun akan semakin tinggi. Bisa dikatakan, akun TikTok termasuk aset digital yang menjanjikan. 

Namun hanya akun berkualitas yang menarik pembeli. Untuk itu, saat membangun akun TikTok, pastikan menentukan topik yang potensial dengan target penoton yang jelas. 

Jika di kemudian hari butuh dana darurat, akun TikTok bisa dijual dengan harga yang pantas (worth it).

Cara Tahu Penghasilan TikTok Menggunakan Kalkulator TikTok Uang


Bagaimana cara mengetahui penghasilan dari video TikTok?

Tentu banyak yang bertanya berapa dolar yang sudah dihasilkan dari akun dengan 1000 followers, 10k followers, 25k followers, 100k followers, 1 juta followers? Beraga gaji TikTok pemula?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, gampang-gampang susah. Kita hanya bisa mendapatkan pendapatan pasti jika langsung bertanya kepada pemilik akun itu sendiri.

Selain itu, penghasilan akun TikTok juga tidak bisa disamaratakan. Bisa saja akun 10 ribu followers lebih banyak menghasilkan uang dari pada akun dengan 25k followers. 

Hal ini tergantung pada kreatifitas pemilik akun dalam membuat konten, bisnis yang bekerjasama, produk yang dipromosikan, negara pengguna dan faktor lainnya.

Namun bukan berarti kita tidak bisa memperkirakan penghasilan dari akun TikTok. Kita bisa memanfaatkan situs TikTok Money Calculator untuk menghitung estimasi pendapatan konten video dari sebuah akun TikTok. Beberapa di antaranya yang populer adalah Exolyt, Likigram dan Feedpixel. 

Cara kerja kalkulator TikTok uang adalah dengan menganalisa tingkat interaksi dari video konten yang diposting oleh suatu akun. Interaksi tersebut bisa meliputi jumlah suka, komentar, dibagikan dan kriteria lainnya.

Untuk cara menggunakan kalkulator uang TikTok, bisa lihat panduan berikut ini.
  • Buka Kalkulator TikTok Uang di Exolyt.com (https://exolyt.com/id/guides/TikTok-money-calculator)
  • Masukkan nama akun TikTok di kolom Cari tahu penghasilan TikTok Anda
  • Klik Hitung Penghasilan.
  • Tunggu proses perhitungan pendapatan.
  • Setelah itu, akan muncul estimasi penghasilan video TikTok.
Sekali lagi yang muncul hanya berupa estimasi atau perkiraan, bukan merupakan angka yang pasti. Fungsi dari website penghitung pendapatan TikTok ini sebenarnya bukan hanya untuk mengetahui gaji content creator TikTok.

Namun juga untuk memudahkan brand dan pemilik akun dalam menentukan harga yang tepat untuk memasang iklan berbayar atau sejenisnya.

Akhir Kata

Seperti platform digital lainnya, besar pendapatan TikTok berbanding lurus dengan tingkat kepopuleran dan interaksi akun. Semakin banyak followers, semakin banyak yang nonton video kita, semakin besar peluang untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Itu hanya akan dicapai jika kita bisa membuat konten yang menarik, viral dan masuk FYP. Karena itu, sebelum berpikir tentang gaji dan penghasilan dari TikTok, sebaiknya belajar membuat konten yang menarik terlebih dahulu.


Demikianlah cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula sampai profesional. Semoga bermanfaat!

Anak Tekno
Anak Tekno
Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close